Youn Yuh-jung, Aktris Korsel Pertama Peraih Oscar 2021

Senin 26 April 2021, 20:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Youn Yuh-jung, nenek pemberani yang berperan di film 'Minari' ini kehabisan kata-kata ketika ia dinyatakan menjadi pemenang Oscar untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik.

"Saya tidak percaya persaingan. Bagaimana saya bisa mengalahkan Glen Close. Mungkin ini sedikit keberuntungan atau mungkin keramahan Amerika kepada aktris Korea Selatan," kata Youn Yuh-jung dalam pidato penerimaannya.

photoYoun Yuh-jung saat berpidato setelah dirinya dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik Oscar 2021 - (Getty Images)</span

Youn Yuh-jung selalu tampil mempesona dan jenaka, termasuk saat menerima Oscar dan berpidato. 

"Kalian semua dimaafkan," ucap Youn Yuh-jung menirukan salah satu baris naskah di film 'Minari' saat berpidato diiringi gelak tawa penonton.

Ia sempat menyinggung Brad Pitt yang mengumumkan penghargaan untuk dirinya, karena perusahaan Brad Pitt terlibat dalam produksi film 'Minari' tetapi Brad Pitt tak pernah mengunjunginya di lokasi syuting.

"Senang bertemu Anda," kata Youn Yuh-jung di awal pidato, yang kemudian meraih lengan Brad Pitt saat berjalan ke luar panggung. Brad Pitt memberikan amplop Oscar yang berisikan namanya.

Youn Yuh-jung adalah aktris Asia kedua yang memenangkan kategori Pendukung Terbaik sepanjang sejarah Oscar selama empat dekade terakhir setelah Miyoshi Umeki yang mendapat award serupa dalam perannya di film 'Sayonara' tahun 1957 silam.

Baca Juga :

Youn Yuh-jung Masuk Nominasi Academy Awards

Di Korea Selatan, Youn Yuh-jung adalah 'Sphinx' di industri film dan TV. Ia dihormati oleh semua generasi aktris, aktor dan artis. Ia merupakan teladan untuk para generasi baru aktris di Korea.

Youn Yuh-jung menjadi wanita Korea Selatan pertama yang dinominasikan meraih Oscar. Kemenangan Youn Yuh-jung adalah rentetan kesuksesan perfilman Korea Selatan dalam dua tahun terakhir. Tahun 2020 lalu, film 'Parasite' dinobatkan menjadi film terbaik.

photoYoun Yuh-jung saat berperan di film Minari - (soompi.com)</span

Dalam film 'Minari', Youn Yuh-jung berperan sebagai Soon-ja, seorang nenek pemain kartu dengan bakat meramal. Soon-ja dalam ceritanya pindah ke Amerika Serikat bersama putri dan anak tirinya tinggal di wilayah pertanian Arkansas.

Soon-ja dan cucunya semula saling waspada satu sama lain sebelum akhirnya terjadi ikatan penuh kasih di antara mereka. Untuk peran ini, Youn Yuh-jung mendapatkan banyak pujian dari sejumlah sineas film di Korea Selatan dan dunia.

Di film 'Minari' ia berhasil mengubah film semi-otobiografi masa kecil Lee Isaac-Chung, sutradara Korea-Amerika Serikat menjadi berbeda. Lee Isaac-Chung, penulis skenario 'Minari' tidak menyangka film tentang dirinya mendapatkan pencapaian yang luar biasa.

The Screens Actors Guild dan Akademi Film dan TV Inggris termasuk yang sangat menghormati Youn Yuh-jung untuk penampilannya di film 'Minari'. Youn Yuh-jung akan pulang ke Seoul dengan kepala tegak sambil tangannya menggenggam piala Oscar.

Sejenak melihat masa lalunya, Youn Yuh-jung adalah seoreang aktris film yang memulai debut di dunia perfilman pada tahun 1971 bermain di film 'Fire Woman'. Semenjak itu, ia cepat populer dan tampil di banyak film dan drama.

Di puncak karirnya, ia justru memutuskan meikah dengan penyanyi Cho Young-nam dan pindah ke Amerika Serikat. 

Selama hampir satu dekade Youn Yuh-jung menghilang pasca pernikahannya yang gagal dengan Cho Young-nam, ia memutuskan kembali ke Korea dan kembali melanjutkan karir aktingnya hingga sekarang. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)