Daftar Peluang Pekerjaan dari Tren Pariwisata yang Semakin Diminati

Senin 26 April 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi merubah banyak cara dan jenis pekerjaan termasuk di bidang Pariwisata. Bisnis pariwisata terpukul pandemi Covid-19 karena pembatasan pergerakan secara domestik dan internasional, ditambah semua persyaratan baru untuk melakukan perjalanan. 

Meskipun demikian, industri pulih dengan cepat, menurut berbagai metrik, termasuk makalah dari McKinsey, yang memperkirakan kemungkinan skenario pemulihan sebesar 85 persen dari volume 2019 pada 2021 dan pemulihan penuh pada 2023.

Seperti halnya setiap penurunan dalam industri, sekarang terdapat keuntungan signifikan dalam industri perjalanan bagi para wirausahawan yang ingin mengambil langkah yang tepat. Dilansir dari Entrepreneur, berikut beberapa tren terbesar yang harus diperhatikan.

Digital nomad

Digital nomad atau pengembara digital bukan hal baru. Selama satu dekade terakhir, karena pekerja lepas menjadi lebih populer, semakin banyak wisatawan melakukan perjalanan ke tempat-tempat mereka dapat menikmati lokasi yang indah sambil tetap memiliki akses internet dan fasilitas lain untuk melakukan pekerjaan.

Sekarang semakin banyak pekerjaan yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah untuk waktu yang lama dan pada saat yang sama telah terjadi peningkatan minat pada work holiday yang memungkinkan orang memiliki pengalaman gaya liburan sambil dapat melakukan pekerjaan seperti biasa selama jam kerja.

Bioteknologi

Pada masa lalu, pengamanan bandara difokuskan untuk mencegah penumpang naik ke pesawat saat memiliki senjata, barang berbahaya yang dapat mengganggu kenyamanan penerbangan, atau barang terlarang seperti obat-obatan. Sekarang, sebagian besar dari upaya itu telah bergeser untuk mencoba mengidentifikasi penumpang yang mungkin menimbulkan risiko kesehatan bagi orang lain.

Banyak bandara mengharuskan pelancong menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif sebelum keberangkatan. Proses pengujian terus berkembang dengan segala upaya skrining yang paling akurat dan tercepat. Saat vaksin diluncurkan ke lebih banyak orang di seluruh dunia, fokus kemungkinan akan bergeser menjadi hanya memverifikasi penumpang yang telah mendapatkan vaksin. Namun, untuk saat ini, proses pengujian yang efektif masih sangat diminati di seluruh dunia.

Tujuan wisata lokal

Tren hidup yang lebih ramah lingkungan dan mendukung produk lokal sekarang telah meluas. Orang-orang lebih suka tinggal di akomodasi bed and breakfast yang unik selama perjalanan daripada di hotel biasa karena memungkinkan perasaan nyaman dan layanan yang lebih pribadi. Kebanyakan orang yang mencari pengalaman perjalanan lokal biasanya menggunakan informasi dari blogger perjalanan, influencer, dan pemandu lokal lain yang memiliki pengetahuan luas tentang daerah tersebut.

Touchless travel

Dalam survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Census Wide, empat dari lima pelancong mengatakan teknologi akan meningkatkan kepercayaan diri untuk bepergian dalam 12 bulan ke depan. Jenis teknologi yang dicari wisatawan secara khusus berkisar dari aplikasi pembayaran nirsentuh hingga yang akan memberikan informasi tepat waktu dan akurat tentang wabah atau perubahan peraturan di lokasi asal dan tujuan.

Dengan demikian ada peluang signifikan untuk memberikan solusi yang memungkinkan orang melakukan perjalanan dengan cara yang lebih aman dan meyakinkan, membatasi kontak fisik dengan wisatawan lain, dan memungkinkan mereka untuk tetap up-to-date tanpa perlu berkomunikasi secara lisan sesering sebelumnya.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).