Tawuran, Eksistensi (Arogansi) Remaja

Senin 19 April 2021, 20:00 WIB

Remaja adalah masa dimana transformasi antara dunia kanak-kanak menuju kedewasaan biasanya ditandai dengan konflik-konflik yang terjadi dalam perkembangan tersebut. Dalam psikologi perkembangan ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa  periode remaja sebagai konflik anak  dengan orangtua dimana  fase perubahan mood yang cepat disusul dengan perubahan perilaku yang beresiko. Dalam masa ini remaja mulai mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti siapa aku ? untuk apa aku hidup ? mengapa Allah menciptakan aku ? dan pertanyaan-pertanyaan lain yang tidak mudah ditemukan jawabannya baik oleh dirinya sendiri ataupun atas bantuan orang lain. Dalam pencarian  jawaban dari pertanyaan–pertanyaan yang timbul maka menyebabkan timbulnya konflik baik secara psikologis  maupun secara sosiologis yaitu periode peralihan dari satu kebiasaan dalam lingkungan sosial tertentu kepada kebiasaan baru di lingkungan yang baru.

Pencarian jawaban dari pertanyaan baik yang terucap ataupun yang tidak terucap membutuhkan orang lain dalam prosesnya. Dukungan dari pihak terdekat akan sangat membantu proses berfikir juga tindakan yang diambil oleh seorang remaja. Dalam hal ini maka orangtua, teman dan lingkungan menjadi tempat yang mendominasi dimana remaja akan mencari jawaban atas pertanyaannya. Keluarga yang memberikan perhatian terhadap tindakan yang dilakukan oleh remaja akan membawa iklim bahwa dirinya diterima dalam kelompok terkecil yang paling dekat dan paling penting dalam lingkaran kehidupannya. Teman kemudian menjadi lingkaran kedua dimana apa yang dilakukan oleh remaja, bagaimana remaja tersebut akan melakukan tindakan dan pola pikir yang tercipta dari tindakan remaja tersebut akan mempengaruhi. Apabila keluarga telah menjadi tempat pulang dan juga tempat bicara yang nyaman maka dapat dipastikan bahwa remaja tidak akan mencari teman yang salah dilingkungannya apalagi akan  bergaul dengan karakter yang tidak sesuai.

Tawuran dalam Wikipedia adalah bentuk kekerasan antar kelompok dalam masyarakat, menurut ahli bahwa tindakan tersebut bukan sebagai akibat faktor pribadi melainkan pengaruh dari lingkungan sekitar dan adanya  berbagai prasangka dari masyarakat. Maraknya tawuran pada saat ini tidak terlepas dari emosi remaja yang berada dalam komunal sehingga menyebabkan kerugian  mental juga nyawa yang hilang secara sia-sia. Remaja bahkan rela melakukan tawuran dengan sembunyi-sembunyi ataupun terbuka untuk menunjukkan siapakah dirinya atau kelompoknya.  Kebanggaan bagi dia atau mereka yang mampu melukai orang lain  bahkan menghilangkan nyawa orang lain demi sebuah harga diri atau bahkan karena hal yang sepele.

Eksistensi  menurut Wikipedia adalah keberadaan atau apa yang ada atau  dapat diartikan juga sebagai apa yang memiliki aktualisasi. Inilah masa dimana remaja mencari jawaban atas dirinya dan juga orang lain dalam kelompoknya. Identitas diri dan juga pandangan moral  adalah dua persoalan serius yang harus diwaspadai oleh keluarga atau orang terdekat. Dalam masa ini remaja akan melakukan dua hal yaitu upaya menjauhkan diri dari keluarga dan upaya mencari teman atau kelompok yang sebaya yang mau mendengar dan dirasa sesuai dengan dirinya. Ada dua kelompok remaja dengan pencarian identitas diri, yang pertama adalah yang ikut-ikutan, yang kedua adalah yang mau melakukan eksplorasi kemudian memiliki komitmen dan dapat menemukan identitasnya. Tidak jarang orangtua akan menemukan adanya anak yang berkepribadian ganda dimana ketika bersama teman ia sangat ceria dan dengan keluarga menjadi pemurung atau pendiam atau sebaliknya. Sehingga tidak sedikit orangtua yang menolak berita atau laporan  bahwa anaknya melakukan tindakan atau  tingkah laku yang tidak sesuai dengan ketika ia berada dirumah. 

Mengapa remaja begitu peduli dengan identitas dirinya?. Dalam hal ini remaja beranggapan bahwa  identitas diri akan membantu mereka dalam  semua tindakan-tindakan sosial. Anggapan tersebut lalu memunculkan keyakinan bahwa dukungan  sosial yang dibutuhkan  kerap ditentukan oleh identitas dirinya. Semakin jelas identitasny maka akan memudahkan untuk memperoleh dukungan. Orang tua sebagai pihak yang paling dekat dengan mereka hendaknya memberikan pengertian juga kesempatan agar mereka memiliki ruang tersendiri untuk berkreasi dalam menentukan arah walaupun pada perjalannan nya harus tetap dibimbing dan selalu diperhatikan. Perhatian yang kurang akan menyebabkan hal yang negatif, terlalu banyak perhatian juga akan menyebabkan mereka kurang berkembang.

Saat ini tawuran tidak hanya dilakukan oleh remaja pria, bahkan remaja wanita pun seperti tidak mau ketinggalan. Banyak yang mempertanyakan dimana orangtua si anak wanita yang ikut tawuran tengah malam?  Mengapa seorang anak perempuan dapat melakukan hal yang begitu ekstrim dan jauh dari pengawasan orangtua? Tapi apakah memang sudah tepat jika orangtua yang disalahkan atas tingkah laku atau kesalahan anaknya yang telah menginjak remaja?  Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua keluarga adalah harmonis atau  tidak setiap anak selalu tinggal dan bersama dengan keluarga yang utuh yaitu bersama ibu dan ayahnya dalam satu rumah. Tidak sedikit anak yang menjadi korban dari rumah tanggga yang tidak harmonis. Sebagian hanya tinggal dengan orangtua tunggal sebagian lagi bahkan dalam asuhan walinya yaitu buan dengan orangtua kandung seperti tinggal bersama nenek, bersama bibi atau yang lainnya. Kurangnya figur yang diharapkan dapat menjadi teladan dan juga panutan menambah deretan permasalahan yang mereka hadapi. 

Seperti halnya geng motor pada anggotanya jika ditanya secara terpisah tentang motivasinya bersama kelompok tersebut maka jawaban yang diperoleh adalah diajak teman, karena ingin punya fasilitas seperti yang dimiliki oleh teman dan ingin mendapatkan kebebasan bermain diluar rumah seperti teman-teman yang lainnya Tentu saja jawaban-jawaban tersebut tidak menjawab persoalan yang kemudian dihadapi karena pada dasarnya ketika menemukan permasalahan dalam pertemanan tersebut maka yang menyelesaikan adalah orangtua atau orang dewasa. 

Sangat disayangkan bagi generasi muda yang memiliki potensi luas dan panjang ternyata terjebak kedalam hal yang sia-sia.  Tindakan-tindakan negatif dan tidak bertanggung jawab menyebabkan masa depan yang tidak sesuai dengan harapan. Negara telah menjamin kebebasan dalam segala hal bahkan dalam berkelompok. Akan tetapi ketika kelompok tersebut pada akhirnya melakukan tindakan yang tidak baik maka akan menyebabnya adanya disintegrasi dan perpecahan yang menyebabkan terkoyaknya sistem demokrasi dalam multikultural. Tawuran apabila ditinjau kembali penyebabnya adalah hal-hal sepele yang dibesar-besarkan. Dimulai dari tidak adanya toleransi terhadap suatu hal kecil hingga menyebabkan tidak ada sikap saling menghargai sehingga tidak adanya kesadaran bahwa masyarakat Indonesia adalah heterogen pada semua segi kehidupannya.

Penulis: Eli Maymunah, S.Ag, M.Pd | Magister Pendidikan STAI Sukabumi

Email: [email protected]

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 22:31 WIB

6 Strategi agar Konsisten Menghindari Makanan Tidak Sehat, Ini Solusinya

Untuk konsisten menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, perlu strategi yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Cara konsisten hindari makanan tidak sehat. (Sumber Foto : Pexels/Nathan Cowley)
Jawa Barat29 Maret 2024, 22:13 WIB

Gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Guncangannya Terasa Hingga Kalapanunggal Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada Jumat (29/3/2024) malam.
Episenter gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Jumat (29/3/2024) pukul 21:22:42 WIB. (Sumber : BMKG)
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).