Kenali 11 Tokoh Inspiratif Kota Sukabumi di Ramadan Classroom Besok

Sabtu 17 April 2021, 19:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu andalan dalam pembangunan perekonomian nasional. Perkembangan industri kreatif yang cukup pesat, menjadi perhatian pemerintah daerah, termasuk Kota Sukabumi, untuk terus mengembangkan potensi dan sumber daya manusia yang ada di bidang tersebut.

Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata atau Disporapar Kota Sukabumi pun berencana meningkatkan taraf ekonomi kreatif lokal Kota Sukabumi. Namun demi terwujudnya kemandirian ekonomi kreatif lokal, Sukabumi masih memerlukan banyak ruang edukasi untuk pengembangannya.

Upaya nyata terkait hal ini adalah dengan diluncurkannya Ramadan Classroom, salah satu program unggulan Sukabumi Creative Hub dan Disporapar Kota Sukabumi. Classroom hadir sebagai sarana transfer pengetahuan dan kemampuan pelaku kreatif melalui kelas-kelas dalam jaringan.

Manajer Sukabumi Creative Hub Rendy Irlian Kamase mengatakan Classroom merupakan program diskusi dan lokakarya seputar bisnis dan siasat dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan teknis di bidang bisnis serta pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Sukabumi. Termasuk menjaga produktivitas masyarakat, khususnya para pelajar, pelaku ekonomi kreatif, dan pelaku usaha mikro kecil menengah.

"Telah berjalan sejak 2020, Classroom tahun ini kembali hadir dengan konsep Ramadan Classroom yang diisi topik-topik yang lebih menarik. Pada tahun sebelumnya topik yang diangkat adalah seputar pengembangan diri, industri kreatif, dan pengembangan bisnis," kata pria yang akrab disapa Rio itu, Sabtu, 17 April 2021.

photoBertegur Sapa di Udara - (Sukabumi Creative Hub)

Masih dengan tujuan yang sama: menambah wawasan dan kapasitas diri, kata Rio, Ramadan Classroom tahun ini akan menghadirkan bidang bahasan yang lebih menarik dan relevan di masyarakat, di antaranya seputar lifestyle, business, hobbies, pesantren kilat, dan Bertegur Sapa di Udara.

Bertegur Sapa di Udara akan menjadi agenda pertama program Ramadan Classroom sekaligus membuka seluruh rangkaian acara program yang akan berlangsung selama satu bulan.

Peluncuran Ramadan Classroom pada Minggu, 18 April 2021 besok akan dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersama sebelas tokoh inspiratif dengan tema yang diangkat adalah "Gen Z: Dalam Arus Perubahan dan Kekuatan Kota Sukabumi".

Sebelas tokoh inspiratif yang akan berbincang di acara tersebut antara lain M Nur Rijaldi (Founder Frutivez), R Nawat N (Founder Klinik Tita Medika), Thayyibah Nazlatul Ain (Penggiat Ambu Tingtrim), Ilham Imaduddin (Senior Software Engineer Xendit.co), Tiya Huliyah (Tim BPBD Kota Sukabumi), Rea Qinthara D (Founder & CEO Create-it), Dipa (Petani dan Penggiat Sektimuda), Nidiya Kusmaya (Kriyawan Tekstil), Jonggi Muhammad K (Young Film Maker), Mentari Putri Novel (Musician), dan Adit Gurnawijaya (Top 6 Master Chef Indonesia). 

Ramadan Classroom akan dikemas dalam tiga bentuk kelas, yakni Classroom online, Classroom offline, dan Classroom khusus.

Mengangkat topik seputar business, hobbies, dan lifestyle, ragam kelas yang akan dihadirkan dalam Ramadan Classroom tersebut di antaranya kelas belanja cermat tanpa plastik, strategi manajemen event hybrid, animasi, business content ideas, kaligrafi, hand craft kriya fashion, hingga stress relief dengan berkebun. Termasuk kelas pesantren kilat dan Bertegur Sapa di Udara. Seluruh agenda kelas ini akan dimulai dari 18 April - 10 Mei 2021 melalui platform media online maupun offline.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di akun Instagramnya menuturkan bulan suci Ramadan merupakan momen yang tepat untuk berbagi, baik dalam bentuk makanan, ilmu, hingga kisah hidup.

"Dengan itu kami kembali menghadirkan program Classroom sebagai bentuk berbagi pengetahuan dan kemampuan para pelaku kreatif di Kota Sukabumi," tulisnya. Di Ramadan Classroom, kata Fahmi, peserta akan diajak berdiskusi dengan topik yang menarik 

"Yuk! Ikuti dan ramaikan rangkaian acara berbagi kisah inspiratif paling seru di Ramadan Classroom tahun ini," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)