Light Dark

Cerita Sesepuh Cirebon Dibalik Indahnya Curug Cidongke Sukabumi

Travel | 16 Apr 2021, 13:35 WIB
Curug Cidongke di Kedusunan Cikondang 2, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Dibalik keindahan curug ini, ada hikayat sesepuh dari Cirebon. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tak hanya pantai saja, ada juga air terjun atau Curug dan Curug Cidongke salah satu diantaranya. Apabila berwisata ke tempat ini, jangan lupa cari tahu soal hikayat dibalik objek wisata itu agar pengalaman pelesiran kamu bisa lebih berkesan.

Curug yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter itu berada di Kedusunan Cikondang 2, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya masih berada di kawasan Geopark Ciletuh. Adapun air yang meluncur deras di Curug tersebut berasal dari aliran Sungai Cidongke. 

Baca Juga :

Tak sulit menemukan Curug ini karena berada di pinggir jalan kabupaten ruas Ciemas - Girimukti. Dari jalan itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sedangkan kendaraan di simpan di tempat parkir.

Kades Girimukti, Akung Samsudin mengatakan, air dibawah Curug Cidongke memiliki kedalaman 2 meter dan airnya bening.

Menurut Akung, nama Curug ini diambil dari nama Abah Dongke, seorang sesepuh yang berasal dari Cirebon. Dia tinggal di bantaran sungai tersebut. Dari cerita orang tua dahulu, bah Dongke merupakan sesepuh kampung yang berpengaruh dan memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai penyakit pada saat itu.

"Dari cerita turun temurun, banyak warga yang datang ke lokasi itu untuk meminta pertolongan atau membuat syariat. Dan di Curug itulah mereka disuruh mandi, membersihkan badan," jelasnya.

Terlepas dari hikayat Bah Dongke, Curug Cidongke ini memang begitu indah dan cocok untuk liburan. 

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur