8 Fakta Tentang Mendiang DMX, Rapper Gangster yang Taat Beragama

Sabtu 10 April 2021, 17:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia Hip-Hop dan rap baru saja kehilangan salah satu musisi jenius Earl Simmons atau DMX. Rapper kelahiran New York ini baru saja meninggal dunia pada usia 50 tahun di RS White Plains pada 9 April 2021 lalu diduga karena serangan jantung. DMX menjadi salah satu rapper yang diperhitungkan dan dihormati dalam skena musik Hip-Hop semenjak peninggalan Tupac Shakur pada era 90an yang tewas tertembak.

Mengutip dari Majalah People, kabar meninggalnya sang rapper dikonfirmasi oleh pihak keluarga mendiang, berikut pernyataan mereka:

"Kami sangat sedih harus mengumumkan orang yang kami cintai, yaitu DMX, lahir dengan nama Earl Simmons, telah meninggal dunia pada usia 50 tahun di RS White Plains. Earl, begitu kami memanggilnya, adalah seorang pejuang hingga akhir hayatnya. Dia mencintai keluarganya sepenuh hati. Musik Earl telah berhasil menginspirasi banyak orang di seluruh dunia," tulis pihak keluarga dalam pernyataan resminya.

Baca Juga :

Dilansir dari TMZ, DMX mengalami masa kanak-kanak yang kurang menyenangkan seperti kekerasan fisik, ia juga menderita penyakit asma bronkial yang cukup parah hingga membuat dirinya hampir setiap malam masuk ruang gawat darurat rumah sakit. Ia juga pernah menjadi korban tabrak lari oleh seorang pengemudi truk yang mabuk dan tak bertanggung jawab yang membiarkannya tergeletak di pinggir jalan. 

Di balik semua itu, DMX memiliki bakat yang luar biasa. Ia terus mengasah diri dengan berlatih nge-rap dan mempelajari musik Hip-Hop hingga membuat namanya terkenal di skena Hip-Hop jalanan di pinggiran Amerika Serikat. Dalam sejarah karir bermusiknya, ia juga sempat terlibat pertempuran hebat dengan Jay-Z pada tahun 1993 silam sebelum keduanya terkenal.

Untuk mengenang sang mendiang DMX, berikut kami sajikan delapan fakta tentang dirinya:

1. Rapper dengan Lima Album Nomor 1 Billboard

photoDMX saat sedang tampil. - (MTV)</span

Sejarah Hip-Hop menempatkan DMX di posisi tertinggi, yang mungkin hingga saat ini tidak bisa ditandingi oleh para aristokrat rap seperti Jay Z, Eminem dan Kanye West. 

Lima albumnya yakni 'It's Dark and Hell Is Hot' (1998), 'Flesh of My Flesh' (1998), 'Blood of My Blood' (1999), 'And Then There Was X' (2001), 'The Great Depression' (2001) dan 'Grand Champ' (2003), selalu berada pada posisi nomor 1 di Billboard 200.

Namun, pada tahun 2006 saat album 'Year of the Dog......Again' dirilis, hanya mampu berada di posisi 2 Billboard dan tak pernah beranjak ke posisi pertama.

Meski demikian, nilai komersial DMX belum lenyap. Ia tetap melanjutkan kejayaannya seperti meraih multiplatinum dengan tiga album yang berhasil terjual sebanyak lebih lima juta kopi.

2. Ruff Ryder menjadi Masterpiece-nya DMX

photoVideo klip Ruff Ryders DMX. - (Youtube)</span

DMX merupakan salah satu orang yang selalu gencar melakukan pergerakan Ruff Ryders, sebuah sub-kultur yang secara kolektif mengubah rap kuno menjadi sebuah skena yang diperhitungkan di industri major atau mainstream musik Amerika Serikat di akhir 90-an. Untuk menunjukan kecintanya kepada keluarga Hip-Hop, DMX mendedikasikan salah satu karyanya dalam sebuah lagu berjudul 'Ruff Ryder Anthem' yang dirilis pada tahun 1988.

3. Penerus Tupac Shakur (2Pac)

photoTupac Shakur atau 2Pac. - (Istimewa)</span

Setelah tragedi penembakan sosok rapper yang paling dihormati dan diperhitungkan pada era 90-an yakni Tupac Shakur di tahun 1996, DMX menjadi seorang hardcore kelas berat di kancah skena rap pada saat itu. Ia mengisi kekosongan yang ditinggalkan 2Pac (nama lain dari Tupac Shakur) saat penggemar Hip-Hop mencari pengganti sosok pahlawan gengster rapper yang ditinggalkan 2Pac.

"Saya sangat menghormati 2Pac dan musiknya. Apa yang diperjuangkan 2Pac dan saya adalah sama. Kami memiliki perasaan yang sama." kata DMX kepada MTV tahun 2012 lalu.

4. Anti Snoop Dogg

photoRap battle antara DMX dan Snoop Dogg. - (bossip.com)</span

DMX secara tegas mendeklarasikan dirinya sebagai sosok yang bertolak belakang dengan Snoop Dogg, rapper Pantai Barat AS. Menurut DMX, Snop Dogg memiliki sifat yang kasar, mengeram, ganas dan menggonggong. Rivalitas ini akhirnya memuncak saat Snoop Dogg secara terang-terangan menyebut, akan menerima apapun tantangan yang diberikan DMX. Keduanya terlibat dalam pertempuran rap yang sangat mengesankan pada Juli 2020 silam.

5. Menjadi Bintang Film

photoDMX saat bermain di film Belly. - (amazon.com)</span

DMX membuat lompatan dari jalanan ke layar lebar. Dengan kehadirannya yang kuat membawa persona rap-nya dan kredibilitas seorang gangsta. Dia sempat membintangi film 'Belly' pada tahun 1988.

Dia juga berperan baik dalam sejumlah film seperti 'Romeo Must Die' (2000), 'Exit Wounds' (2001), 'Cradle 2 the Grave' (2003) dan 'Never Die Alone' (2004).

6. Menjadi Bintang TV

photoDMX reality show. - (edmondsent.com)</span

Seperti Diddy, TI dan tokoh Hip-Hop lainnya, DMX juga pernah memiliki reality show sendiri yakni 'DMX: Soul of a Man' yang ditayangkan di BET pada tahun 2006.

7. Gangster Yang Taat Beragama

photoEarl Simmons atau DMX. - (teenvogue.com)</span

Meski dikenal sebagai seorang gangster, DMX ternyata sosok yang taat beragama juga. Ini terlihat dalam lagu-lagu rap-gospel ciptaannya seperti 'Lord Give Me a Sign (2006) dan 'Jesus Loves Me' (2008).

8. Jatuh Bangun Kehidupan

photoDMX, musisi rap Hip-Hop yang baru saja meninggal dunia di usia 50 tahun. - (grammy.com)</span

DMX sudah kecanduan kokain sejak usia 14 tahun. Ia hidup di keluarga yang kasar, sehinnga membuatnya tumbuh menjadi lelaki dewasa yang kasar pula. Ia didiagnosis mengidap bipolar dan sering keluar-masuk penjara sepanjang hidupnya. Ia menggunakan pengalaman itu untuk membangun hubungan dengan para penggemarnya. 

Ia terbuka berbagi cerita tentang perjuangan dan perjalanannya menemukan penebusan dosa yang telah ia lakukan selama hidup melalui agama. Dengarkan saja lagu 'Slippin' misalnya, dalam lagu tersebut DMX menyatakan tentang harapan dirinya untuk bangkit dalam keterpurukan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12