Light Dark

Habisi Nyawa Anaknya Lalu Bunuh Diri, Dina Diduga Terlilit Utang Bank Emok

Jawa Barat | 08 Apr 2021, 22:00 WIB
[Ilustrasi wanita depresi]. Dina Rosdiana Yulianti (31 tahun) nekat menghabisi nyawa kedua anaknya kemudian bunuh diri, diduga terjerat utang Bank Emok atau rentenir keliling. | Freepik.com/rawpixel.com

SUKABUMIUPDATE.com - Dina Rosdiana Yulianti (31 tahun) nekat menghabisi nyawa kedua anaknya yang masih balita kemudian bunuh diri. Sang suami, Asep Burhanudin (35 tahun) menduga istrinya terjerat utang Bank Emok atau rentenir keliling.

Melansir Suara.com, hal itu diketahui dari sepucuk surat yang ditemukan di lokasi kejadian yakni rumah mereka di Kampung Margamulya RT 01/02 Desa Cipatat, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Surat itu diduga ditulis Dina Rosdiana Yulianti sebelum tewas gantung diri.

Surat tersebut berisi sejumlah keluhan dan beban utang yang selama ini dipendam korban. Diakhir surat, Dinas menuliskan kata "Pamit".

Kepala Desa Cipatat, Darya Suganda mengungkapkan, dari keterangan yang didapat dari pihak keluarga, suami korban baru mengetahui istrinya memiliki utang sehingga akhirnya sempat memicu pertengkaran.

"Memang selama ini gak cerita, dan baru bilang ke suaminya baru-baru ini kalau dia punya utang," ungkap Darya saat ditemui pada Kamis (8/4/2021).

photoPolisi melakukan olah TKP di di Kampung Margamulya, RT 01/02, Desa Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (7/4/2021). - ([Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki])

Utangnya disebut mencapai Rp 5 juta. Belum diketahui jelas kepada siapa Dina meminjam uang, namun disebut kepada temannya. Darya menduga pinjaman itu didapat dari Bank Emok.

Beberapa hari sebelum ditemukan tewas, Dina diketahui sempat berniat meminjam uang kepada sodaranya di Kota Cimahi sebesar Rp 10 juta. Namun uang yang diduga untuk membayar utang itu tak didapatkan korban.

"Katanya pinjem dari temennya. Tapi mungkin saja diduga dari Bank Emok. Kalau sejak kapan pinjemnya sejak kapan kurang tau," sebutnya.

Menurut cerita dari keluarganya, kata Darya, korban Dinas disebut memiliki gaya hidup boros. Sebab sebelumnya pernah Dina mendapatkan uang yang cukup besar namun habis dalam beberapa hari.

"Sangat disayangkan sampai minjem-minjem. Padahal kalau lihat gaji suaminya, cukup untuk hidup di pinggiran," ujarnya.

Permasalahan utang yang baru diketahui itu sempat membuat suaminya kesal, hingga tak pulang semalam. Awalnya Asep memang berniat untuk mengikuti pelatihan namun ternyata kehabisan kuota.

"Akhirnya dia nginep di rumah temennya. Baru pulang kemarin sore, sampai rumah liat anak dan istrinya sudah meninggal," sebut Darya.

Baca Juga :

Beban utang itulah yang diduga membuat Dina terpojok hingga kemudian bunuh diri. Selain itu, faktor hubungan suami istri yang kurang harmonis diduga menjadi pemicunya.

Kapolres Cimahi, AKBP Indra Setiawan mengatakan, dari temuan barang bukti yang ada, Dinas memang diduga kuat bunuh diri setelah sebelumnya diduga menghabisi nyawa kedua anaknya. "Dari hasil penyelidikan dan olah TKP, kita temukan berupa surat dan diduga kuat bunuh diri," ujarnya.

Sebelumnya, seorang ibu rumah tangga dan dua anaknya ditemukan tewas secara mengenaskan pada Rabu, April 2021. Warga menemukan sang ibu terbujur kaku dalam posisi tergantung diikat kain. Sedangkan dua anaknya dalam posisi tergeletak di atas tikar.

Korban masing-masing bernama Dina Rosdiana Yulianti (31 tahun) ibu rumah tangga, dan dua anaknya perempuan yang masih berusia 4 dan laki-laki 2,5 tahun.

Polisi kini telah mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya kain selendang yang diduga digunakan untuk gantung diri korban, sisa-sisa makanan anak, serta buku catatan yang berisi curhat atau keluhan korban soal ekonomi dan kata-kata salam pamit perpisahan dari sang Istri.

"Ya kita amankan ada surat wasiat yang dibuat oleh korban yang berisi keluhan dan memiliki beban utang," pungkasnya.

Sumber: Suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Herlan Heryadie

Redaktur