Light Dark

Facebook Indonesia Rilis 3 Program Spesial Ramadhan, Cek Daftarnya Disini!

Aplikasi | 08 Apr 2021, 19:31 WIB
Sebagian dari stiker baru untuk ramadan 2021, tiga program spesial ramadhan disiapan facebook Indonesia | Facebook.com

SUKABUMIUPDATE.com - facebook Indonesia segera merilis tiga program menyambut bulan Ramadhan tahun ini. Program dengan tema bulan kebaikan ini rencananya akan dirilis 13 April 2021 mendatang, atau bertepatan dengan 1 Ramadhan 1442 H.

Menyalin tempo.co, tiga program yang akan diluncurkan facebook Indonesia adalah Jelajah Kebaikan, Inspirasi Kebaikan, dan Ekspresi Kebaikan. Rencana program spesial ini dirilis facebook Indonesia secara virtual, Kamis 8 April 2021.

Tampil sebagai narasumber dalam acara tersebut Pieter Lydian, Country Director untuk facebook di Indonesia; Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik; Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia dan Dewi Meisari, perwakilan dari UKM Indonesia.

Pieter menjelaskan program yang pertama, Jelajah Kebaikan berisi panduan yang diberi nama 'antiribet' untuk masyarakat umum dan juga pelaku UKM. Dia mencontohkan program ini seperti bazaar secara online pelaku UKM di platform Facebook. 

Atau membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat berbagi kepada sesama termasuk kurir pengantar makanannya. "Semua panduan antiribet akan dibagikan di halaman facebook Indonesia untuk membantu orang-orang menjelajahi berbagai cara untuk menyebarkan kebaikan selama Ramadhan," katanya.

Selanjutnya Inspirasi Kebaikan yang merupakan program dengan isi paling beragam. Di dalamnya ada serial yang melibatkan gamer dan komunitasnya berisi siaran langsung main bareng sampai buka puasa bareng yang disertai kultum. 

Ramabar ini dapat diikuti oleh semua orang di Indonesia tiga kali seminggu melalui halaman facebook resmi dari Arkaw, LoeKeren, dan ZAN. "Topik kultum tentang Ramadhan yang dekat dengan komunitas Gaming, seperti Puasa Tetap Ceriwis, Puasa Sambil Ngegame, dan lain-lain," sambung Pieter.

Ada pula serial ngabuburitdiinstagram live yang akan melibatkan content creator seperti Nagita Slavina, Prilly Latuconsina, Meisya Siregar, Ersa Mayori, dan Luna Maya. Philip menerangkan seri ini hadir setiap Sabtu menjelang buka puasa, sepanjang 30 menit, di aplikasi berbagi foto milik facebook itu. 

"Topiknya seputar Ramadhan dan berbagi inspirasi tentang aksi kebaikan yang mereka lakukan," kata dia.

Masih di program yang sama, WhatsApp--aplikasi perpesanan besutan Facebook--memunculkan ide Pasar JuWAra. Ide ini pada prinsipnya ingin tetap menjembatani para pedagang di pasar dan konsumennya. 

"Kami bekerja sama dengan kelompok UKM Indonesia melatih lebih dari seribu pedagang pasar untuk bisa pakai WhatsApp Bisnis," kata Esther.

WhatsApp: Pasar JuWAra seluruhnya akan merangkul 1.050 pedagang 55 pasar di 20 kota 15 provinsi seluruh Indonesia. Kepada para pedagang pasar itu dikenalkan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Bisnis seperti info jam kerja, membalas otomatis untuk setiap chat yang tak terbaca, dan tautan yang tersedia ke katalog produk milik si pedagang.

Ramadhan tahun ini pula, WhatsApp berkolaborasi dengan influencer seperti Alyssa Soebandono, mengajak orang untuk terus berbelanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan WhatsApp. "Hari ini saya sedang berada di Pasar Kemayoran, Jakarta, untuk memberi pelatihan pedagang di sini untuk program yang sangat baik ini," kata Dewi Meisari.

Program yang ketiga, Ekspresi Kebaikan, diisi stiker dan filter tema khusus ramadhan. Philip menerangkan, bakal ada stiker yang berbeda di setiap platform: Facebook, Instagram dan WhatsApp. 

"Efek kamera dan stiker terbaru juga akan tersedia di Messenger dan Messenger Kids," katanya sambil menambahkan, semua tersedia mulai pekan depan bertepatan dengan dimasukinya Ramadhan, "Dan hanya akan tersedia sepanjang Ramadan."

Lalu, di program ini pula, akan ada ekspresi berupa Resep Ramadhan #Challenge di Instagram. Isinya adalah berbagi resep favorit oleh sejumlah chef dan penyedia konten atau vlogger kuliner dalam dan luar negeri. 

Mereka adalah Tastemade Indonesia, Eric Herjanto dari MasterChef Indonesia 6, Hobby Makan Indonesia, Nefis Yemek Tarifleri Turki, Masala TV Pakistan, dan Chef Wardah Pakistan.

Dalam keterangannya, Pieter memberi catatan tambahan bahwa Facebook, Instagram, dan WhatsApp selalu menjadi tempat bagi orang-orang untuk merayakan dan berbagi momen penting . "Di Indonesia, selama Ramadhan tahun lalu, lebih dari 10 juta orang membuat post dan komentar tentang pengalaman berbuka puasa di Facebook," katanya.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur