Facebook Indonesia Rilis 3 Program Spesial Ramadhan, Cek Daftarnya Disini!

Kamis 08 April 2021, 19:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Facebook Indonesia segera merilis tiga program menyambut bulan Ramadhan tahun ini. Program dengan tema bulan kebaikan ini rencananya akan dirilis 13 April 2021 mendatang, atau bertepatan dengan 1 Ramadhan 1442 H.

Menyalin tempo.co, tiga program yang akan diluncurkan Facebook Indonesia adalah Jelajah Kebaikan, Inspirasi Kebaikan, dan Ekspresi Kebaikan. Rencana program spesial ini dirilis Facebook Indonesia secara virtual, Kamis 8 April 2021.

Tampil sebagai narasumber dalam acara tersebut Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia; Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik; Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia dan Dewi Meisari, perwakilan dari UKM Indonesia.

Pieter menjelaskan program yang pertama, Jelajah Kebaikan berisi panduan yang diberi nama 'antiribet' untuk masyarakat umum dan juga pelaku UKM. Dia mencontohkan program ini seperti bazaar secara online pelaku UKM di platform Facebook. 

Atau membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat berbagi kepada sesama termasuk kurir pengantar makanannya. "Semua panduan antiribet akan dibagikan di halaman Facebook Indonesia untuk membantu orang-orang menjelajahi berbagai cara untuk menyebarkan kebaikan selama Ramadhan," katanya.

Selanjutnya Inspirasi Kebaikan yang merupakan program dengan isi paling beragam. Di dalamnya ada serial yang melibatkan gamer dan komunitasnya berisi siaran langsung main bareng sampai buka puasa bareng yang disertai kultum. 

Ramabar ini dapat diikuti oleh semua orang di Indonesia tiga kali seminggu melalui halaman Facebook resmi dari Arkaw, LoeKeren, dan ZAN. "Topik kultum tentang Ramadhan yang dekat dengan komunitas Gaming, seperti Puasa Tetap Ceriwis, Puasa Sambil Ngegame, dan lain-lain," sambung Pieter.

Ada pula serial ngabuburitdiinstagram live yang akan melibatkan content creator seperti Nagita Slavina, Prilly Latuconsina, Meisya Siregar, Ersa Mayori, dan Luna Maya. Philip menerangkan seri ini hadir setiap Sabtu menjelang buka puasa, sepanjang 30 menit, di aplikasi berbagi foto milik Facebook itu. 

"Topiknya seputar Ramadhan dan berbagi inspirasi tentang aksi kebaikan yang mereka lakukan," kata dia.

Masih di program yang sama, WhatsApp--aplikasi perpesanan besutan Facebook--memunculkan ide Pasar JuWAra. Ide ini pada prinsipnya ingin tetap menjembatani para pedagang di pasar dan konsumennya. 

"Kami bekerja sama dengan kelompok UKM Indonesia melatih lebih dari seribu pedagang pasar untuk bisa pakai WhatsApp Bisnis," kata Esther.

WhatsApp: Pasar JuWAra seluruhnya akan merangkul 1.050 pedagang 55 pasar di 20 kota 15 provinsi seluruh Indonesia. Kepada para pedagang pasar itu dikenalkan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Bisnis seperti info jam kerja, membalas otomatis untuk setiap chat yang tak terbaca, dan tautan yang tersedia ke katalog produk milik si pedagang.

Ramadhan tahun ini pula, WhatsApp berkolaborasi dengan influencer seperti Alyssa Soebandono, mengajak orang untuk terus berbelanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan WhatsApp. "Hari ini saya sedang berada di Pasar Kemayoran, Jakarta, untuk memberi pelatihan pedagang di sini untuk program yang sangat baik ini," kata Dewi Meisari.

Program yang ketiga, Ekspresi Kebaikan, diisi stiker dan filter tema khusus ramadhan. Philip menerangkan, bakal ada stiker yang berbeda di setiap platform: Facebook, Instagram dan WhatsApp. 

"Efek kamera dan stiker terbaru juga akan tersedia di Messenger dan Messenger Kids," katanya sambil menambahkan, semua tersedia mulai pekan depan bertepatan dengan dimasukinya Ramadhan, "Dan hanya akan tersedia sepanjang Ramadan."

Lalu, di program ini pula, akan ada ekspresi berupa Resep Ramadhan #Challenge di Instagram. Isinya adalah berbagi resep favorit oleh sejumlah chef dan penyedia konten atau vlogger kuliner dalam dan luar negeri. 

Mereka adalah Tastemade Indonesia, Eric Herjanto dari MasterChef Indonesia 6, Hobby Makan Indonesia, Nefis Yemek Tarifleri Turki, Masala TV Pakistan, dan Chef Wardah Pakistan.

Dalam keterangannya, Pieter memberi catatan tambahan bahwa Facebook, Instagram, dan WhatsApp selalu menjadi tempat bagi orang-orang untuk merayakan dan berbagi momen penting . "Di Indonesia, selama Ramadhan tahun lalu, lebih dari 10 juta orang membuat post dan komentar tentang pengalaman berbuka puasa di Facebook," katanya.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)