Light Dark

Syam Permana Tampil di Hadapan Wakil Rakyat Sukabumi dengan Lagu Baru

Video | 07 Apr 2021, 21:59 WIB 07 Apr 2021, 21:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Syam Permana, pencipta lagu dangdut kondang asal Cisaat, tampil dendangkan lagu baru ciptaannya di sela rapat kerja bersama Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Rabu, 7 April 2021.

Berbekal gitar akustiknya, Syam Permana melantunkan lagu baru dengan suara emasnya, diiringi petikan gitar yang ia mainkan. lagu baru tersebut berjudul "Hak Pencipta Lagu" yang selesai dibuat sekitar satu bulan yang lalu.

Kemudian, Syam juga menyanyikan satu lagu lain ciptaannya sendiri berjudul "Benalu Cinta" yang sempat dipopulerkan oleh Imam S Arifin.

Saat diwawancarai, Syam Permana menyebut lagu berjudul "Hak Pencipta Lagu" bercerita tentang ungkapan hati seseorang yang menciptakan karya-karya namun tak dihargai. 

"Saya menciptakan lagu tersebut di rumah Genta Gemiri. Dia seorang pencipta lagu Sunda. Kemudian lanjut buat lagu di rumah saya," kata Syam kepada sukabumiupdate.com.

Syam melanjutkan, inti dari lagu tersebut adalah tentang seseorang yang mencari keadilan. "Satu hari satu malam saya bikin lagu itu. InsyaAllah saya akan rekaman dengan bantuan teman-teman dan yang membawakan lagunya saya sendiri," lanjutnya.

Syamsudin alias Syam Permana adalah pencipta lagu dangdut asal Sukabumi, Jawa Barat yang cukup populer pada masanya. Karya-karyanya bahkan sempat pernah dibawakan oleh artis-artis Dangdut ternama, hingga menjadi hits di era 80-an sampai 90-an.

Sebut saja lagu "Memori Pantai Carita" yang dipopulerkan Jhonny Iskandar. Lalu ada lagu "Seandainya" yang dinyanyikan Dewi Purwati. Serta lagu "Masih Terbayang" yang dinyanyikan Ona Sutra.

Kemudian lagu bernuansa sendu seperti "Surga Jadi Neraka" yang dinyanyikan pedangdut Ine Sinthya. Atau lagu "Tabir Asmara" yang dinyanyikan Iis Ariska. Sampai lagu berjudul "Senja Kelabu" yang dilantunkan suara merdu Ikke Nurjanah. Dan masih banyak lagu lainnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur