Helikopter Mini NASA Ingenuity Bersiap Menjelajah Planet Mars

Rabu 07 April 2021, 20:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah wahana berbentuk hilikopter mini yang dibawa Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA bernama Ingenuity akhirnya mendarat di permukaan Mars dan bersiap melakukan misi penjelajahan di planet merah tersebut.

Sebelumnya helikopter tersebut disimpan di perut wahana Perseverance yang sudah mendarat di Mars pada 18 Februari 2021 lalu.

Melansir dari Twitter NASA, Perseverance mengeluarkan sebuah helikopter setelah mendarat di permukaan Mars.

photoWahana Perseverance memotret helikopter Ingenuity. - (mars.nasa.gov)</span

Selama di dalam perut Perseverance, Ingenuity mengkonsumsi daya dari Perseverance selama perjalanannya hingga saat ini di planet Mars. Kini, helikopter mini itu harus menggunakan sumber daya tenaga sendiri untuk melaksanakan misinya mengeksplorasi planet Mars.

Bob Balaram, kepala proyek Helikopter Ingenuity mengatakan, helikopter tersebut memiliki sistem pemanas yang bertugas menjaga kondisi suhu mesin dari terpaan kondisi cuaca di planet Mars yang ketika malam tiba, dinginnya melebihi suhu di kutub-kutub planet Bumi.

"Pemanas itu menjaga suhu interior mesin Ingenuity pada suhu 45 derajat Fahrenheit atau 7 derajat Celcius agar bisa melewati malam super dingin di Mars. Seperti yang kita ketahui, di Mars suhu malam hari bisa mencapai minus 190 derajat Fahrenheit atau minus 90 derajat Celcius,' kata Balaram.

Selama beberapa hari kedepan, tim Ingenuity akan melakukan persiapan seperti memeriksa apakah panel surya helikopter berfungsi dengan baik untuk mengisi ulang daya baterai. 

"Ini amat penting, karena motor dan sensor harus melewati pengujian sebelum melakukan penjelajahan yang berat di planet merah tersebut," ujar Balaram.

Baca Juga :

Pantesan Bikin Rudet, NASA Catat Tahun 2020 Kemaren Jadi Tahun Terpanas

Ingenuity diharapkan melakukan penerbangan pertama paling cepat 11 April. Atmosfer Mars satu persen dari kepadatan Bumi, yang membuat daya angkat lebih sulit. Namun gravitasi Mars hanya sepertiga dari Bumi, sehingga Ingenuity diharapkan bisa menjalankan misinya.

Sebagai langkah awal dan percobaan, Ingenuity diharapkan mencapai ketinggian 10 kaki atau sekira tiga meter, mampu melayang selama 30 detik dan turun kembali ke permukaan.

Saat berada di ketinggian, Ingenuity akan mengambil sejumlah foto resolusi tinggi. Misi yang dihadapi Ingenuity selama satu bukan ke depan adalah akan ada lima misi penerbangan dengan tingkat kesulitan bertahap.

Helikopter seberat 1,8 kilogram itu dibuat dengan biaya 85 juta USD atau sekira Rp 1,2 triliun dan dianggap sebagai konsep yang dapat merevolusi eksplorasi planet-planet di tata surya. 

Para insinyur NASA juga kini tengah mempersiapkan generasi Ingenuity selanjutnya yang diharapkan mampu melampaui kemampuan generasi pertamanya ini dengan harapan mampu menjelajahi berbagai spot sulit yang ada di planet merah tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp