Light Dark

14 Warga Satu Blok di Perumahan Ini Terkonfirmasi Positif Corona

Jawa Barat | 08 Apr 2021, 07:00 WIB
[Ilustrasi isolasi mandiri]. Sebanyak 14 warga sebuah perumahan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, positif terpapar corona berdasarkan hasil tes PCR dan rapid test antigen. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 14 warga sebuah perumahan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terpapar corona. Mereka terkonfirmasi positif berdasarkan hasil tes PCR atau polymerase chain reaction dan rapid test antigen. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, menyebutkan, kasus ini bermula dari adanya temuan 4 orang yang dinyatakan positif. Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani PCR. 

"Mereka merupakan warga perumahan di daerah Maleber, Karangtengah," kata Yusman kepada wartawan, Rabu, 7 April 2021.

Baca Juga :

Yusman menjelaskan, pihak puskesmas dan gugus tugas setempat kemudian melakukan tracking atau penelusuran terhadap 69 kontak erat. "Hasilnya, berdasarkan rapid tes antigen terdapat 10 orang yang dinyatakan positif," ujar dia. 

Oleh karena itu, sebut Yusman, kasus tersebut menjadi kluster baru perumahan. "Hampir semua yang kena itu berada di satu blok. Di blok perumahan itu sendiri terdapat 40 orang," kata Yusman.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat agar semua penghuni di blok itu dilakukan karantina mandiri," katanya lagi. 

photoIlustrasi Coronavirus.

Lebih lanjut ditambahkan Yusman, dari 14 orang yang terpapar itu, beberapa di antaranya komorbid sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit. 

"Kalau yang tanpa gejala sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," ucap Yusman.

Image

Deden Abdul Aziz

Reporter

Image

Herlan Heryadie

Redaktur