Light Dark

Hapus Aplikasi Bawaan Android, Gunakan Menu Setting atau Google Play Store?

Gadget | 03 Apr 2021, 13:17 WIB
ilustrasi. Cara hapus aplikasi bawaan android | selular.id

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan aplikasi bawaan di android kadang mengganggu, apalagi yang jarang atau tidak terpakai sama sekali. Ini dua cara yang bisa digunakan untuk menghapus Aplikasi bawaan Android, lewat menu setting atau Google Play Store, mana yang lebih cepat?

Menyalin tempo.co, selain banyak memakan memori internal, aplikasi tersebut juga dapat membuat kualitas android jadi lemot. Aplikasi tidak berguna dikenal dengan bloatware.

Bloatware merupakan kumpulan beberapa jenis aplikasi bawaan yang otomatis telah terinstall pada perangkat atau device tertentu. Termasuk pada device Android yang sangat jarang digunakan bahkan cenderung tidak berguna bagi pemakainya sendiri.

Biasanya keberadaan bloatware tersebut dipasang oleh perusahaan karena ada  kepentingan tertentu misalnya perusahaan tersebut menjalin kerja sama dengan adanya perjanjian khusus agar saling menguntungkan.

Nah, untuk kamu yang merasa terganggu dengan keberadaan aplikasi tersebut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan yang ada di android milikmu diantaranya:

Menggunakan menu setting.

- Buka aplikasi Setting, scroll kebawah lalu cari tab General dan select Apps and Notifications.

- Klik menu tersebut dan kamu akan disajikan dengan aplikasi yang berada di androidmu.

- Lalu cari aplikasi yang tidak kamu gunakan dan ingin menghapusnya, biasanya di bagian pojok terdapat dua tombol, tombol pertama uninstal dan tombol kedua untuk Force Stop. Untuk tombol yang aktif akan menyala dan yang tak dipakai akan berwarna abu-abu.

- Klik menu uninstal jika ingin menghapusnya dan menu Force Stop untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

Namun selain menggunakan menu setting kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut melalui aplikasi Google Play Store. Nah, untuk tahapannya sendiri ialah: 

- Pastikan kamu membuka aplikasi Buka Google Play Store lalu klik pada bagian menu.

- Setelah itu pilih Tap My Apps & Games, lalu Installed dimana dalam menu ini an terlihat - aplikasi yang diinstal di android.

- Pilih aplikasi yang akan kamu uninstal dan otomatis kamu akan diarahkan ke halaman depan Google Play Store.

- Lalu klik pilihan uninstall, tunggu beberapa saat hingga aplikasi android bawaan tersebut berhasil di hapus.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur