Light Dark

Tak Perlu Obat, Ini 8 Cara Mengatasi Sulit Tidur

Sehat | 02 Apr 2021, 23:30 WIB
ilustrasi sulit tidur | freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Ada cara mengatasi sulit tidur tanpa perlu obat-obatan. Banyak hal yang bisa menyebabkan sulit tidur, termasuk stres, kebiasaan makan yang buruk, gaya hidup yang tidak sehat, dan jarang berolahraga. 

Jika hal ini berlanjut dalam waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan gangguan tidur yang serius. Jadi, inilah delapan cara untuk memperbaiki sulit tidur yang umum, seperti dilansir dari laman Pink Villa. 

1. Pola tidur teratur

Kontrol pola tidur yang sehat dan pertahankan secara teratur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

2. Batasi alkohol

Batasi konsumsi alkohol atau stimulan apa pun seperti kafein sebelum tidur. Sebab, kafein membantu Anda tetap terjaga.

3. Kurangi waktu tidur siang

Tidur dalam waktu yang lama pada jam-jam yang tidak biasa membuat Anda sulit untuk istirahat dan tidur nyenyak di malam hari. Jadi, kurangi waktu tidur siang, maksimal 30 menit.

4. Olahraga

Jangan melewatkan rutinitas latihan setiap hari. Berolahragalah setiap hari untuk memiliki inti yang kuat dan menjaga kesehatan secara umum.

5. Jangan beraktivitas di tempat tidur 

Saat sudah berada di tempat tidur, jangan melakukan aktivitas apa pun. Jangan menelepon, membaca, menulis, atau belajar di tempat tidur.

6. Jangan makan saat waktunya tidur

Jangan makan atau minum apapun setelah waktunya tidur karena hal ini dapat menimbulkan masalah pada saluran pencernaan. Masalah pencernaan adalah salah satu penyebab paling umum dari masalah tidur.

7. Ciptakan lingkungan kamar yang nyaman

Ciptakan lingkungan kamar menenangkan, rileks, dan nyaman. Buat menjadi gelap dengan mematikan semua lampu, bersihkan tempat tidur, dan tidak berantakan. Anda juga bisa meletakkan oil-diffuser di kamar agar wangi dan menyegarkan.

8. Hindari stres menjelang tidur

Stres adalah salah satu penyebab utama masalah tidur yang banyak dialami selama pandemi. Kurangi stres dengan berlatih yoga, meditasi, tetap positif dan bahagia dan selalu tersenyum untuk mengurangi tingkat stres.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur