3 Kesalahpahaman Tentang Berteman di Usia Dewasa

Jumat 02 April 2021, 03:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Semakin bertambah dewasa usia Anda, semakin sulit berteman dan mempertahankannya. Setahun terakhir ini membuat hubungan dengan orang lain menjadi lebih sulit, karena begitu banyak bidang sosial yang hilang.

Sekarang, saat kita bersiap untuk kembali ke dunia nyata, ada baiknya mempertimbangkan kembali apa arti persahabatan sejak awal, karena kita mungkin ingin untuk memikirkan kembali bagaimana kita menjalin persahabatan orang dewasa.

Mengutip Tempo.co dari Well and Good Podcast yang membahas berteman sebagai orang dewasa dan stres yang terkait dengannya, mengungkap mengapa pertemanan dewasa itu dinilai terlalu tinggi, dan mengapa Anda tidak perlu takut menempatkan diri Anda di luar sana ketika harus membuat teman bermain yang platonis.

"Seharusnya tidak ada rasa malu terkait dengan mengatakan, 'Saya sedang mencari persahabatan saat ini," kata Ann Friedman, co-host podcast Call Your Girlfriend dan penulis bersama Big Friendship.

Ada beberapa kesalahpahaman umum yang dimiliki orang-orang tentang persahabatan, dan bagaimana sebenarnya menjaga hubungan sosial Anda berkembang dengan cara yang bahagia dan sehat. Berikut ini temukan mitos umum yang para profesional ingin Anda tinggalkan ketika harus menjalin persahabatan orang dewasa (dan mempertahankannya) di dunia pasca-pandemi.

Berikut adalah 3 kesalahpahaman terbesar tentang mempertahankan dan menjalin persahabatan orang dewasa

1. Bertemu teman dan berteman adalah hal yang sama

Jika menggunakan aplikasi untuk bertemu orang masih bukan tugas Anda, pertimbangkan koneksi longgar di lingkaran Anda.

"Banyak dari kita mengabaikan teman dari teman [dengan siapa] kita memiliki ikatan yang telah kita jalin, tetapi untuk alasan apa pun, kita menolak mereka karena tidak bersaing untuk persahabatan," kata pakar persahabatan dan pelatih serta penulis, Danielle Bayard Jackson.

Anda juga dapat melihat kembali umpan media sosial Anda. "Saya hanya berpikir ada begitu banyak cara untuk bertemu orang," kata co-host dan penulis bersama Big Friendship Aminatou Sow. "Saya telah berteman dengan beberapa teman terdekat saya di Internet… kami bertemu satu sama lain di Twitter, dan mereka sekarang menjadi teman yang sangat dekat."

2. Berteman dengan seseorang seharusnya mudah

Persahabatan seharusnya tidak sulit, tetapi sering kali membutuhkan kerja keras — sama seperti jenis hubungan keluarga atau romantis lainnya. "Jika Anda mencoba mempertahankan sesuatu, dalam jangka panjang, itu tidak akan mudah," kata Jackson.

Dia menunjuk ke sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships, yang menyelidiki tingkat kesepian partisipan selama lima tahun. Mereka yang mengira persahabatan terjadi karena keberuntungan ternyata lebih kesepian daripada mereka yang percaya persahabatan membutuhkan usaha.

Mengapa? Karena mereka mungkin mencurahkan waktu dan energi untuk memelihara persahabatan mereka. "Jika kita memikirkannya dengan berpikir itu seharusnya mudah, dan kemudian kita menjalankannya setiap kali menjadi aneh atau canggung atau sulit, maka kita akan mulai dari awal setiap hari," tambah Jackson.

3. Kita semua harus memiliki "sahabat"

Kita semua memiliki semacam tingkatan persahabatan, tetapi Jackson menemukan bahwa di masa dewasa, menyebut seseorang sebagai "sahabat" dapat menimbulkan beberapa masalah yang nyata.

"Sekarang kami memiliki ekspektasi yang sejalan dengan itu," kata Jackson. “Kami tidak akan mengucapkannya secara verbal, tetapi secara diam-diam kami mengharapkan seperti, 'oke, Anda harus menjadi orang yang muncul untuk saya, dan Anda harus ada saat saya ingin berbicara. Dan Anda harus bisa mengetahui hal yang benar untuk dikatakan. Dan jika Anda mulai menghabiskan banyak waktu dengan wanita lain ini, maka saya akan merasa sedikit terancam karena Anda seharusnya menjadi sahabat saya.'”

Meskipun "sahabat" mungkin bukan label yang efektif, Sow dan Friedman menyarankan untuk merangkul "pertemanan besar". "Pertemanan besar adalah persahabatan yang telah berlangsung lama, yang mungkin mengalami beberapa perubahan besar atau perubahan dan kesulitan yang melibatkan kedua orang muncul, dan benar-benar memberikan diri mereka sendiri, dan menjadi rentan, dan berusaha untuk mengetahui, dan menjadi dikenal," kata Friedman.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).