Light Dark

Pointtrash, Aplikasi dari Sukabumi yang Bisa Beli Sampah Anda

Aplikasi | 01 Apr 2021, 17:14 WIB
Pointtrash merupakan aplikasi dari Sukabumi bagi Anda yang ingin menjual sampah dengan membelinya menggunakan uang elektronik. | Unsplash/OCG Saving The Ocean

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin masih banyak yang belum mengenal apa itu Pointtrash. Aplikasi ini diinisiasi warga Sukabumi untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan tempat tinggal masyarakat.

Pointtrash hadir untuk membantu Anda yang ingin menukar sampah non organik dengan sejumlah uang. Co-Founder Pointtrash Adin Putra Perdana mengatakan, aplikasi yang dibuat pada tahun 2016 ini menjadi media pemilahan dan jual beli sampah non organik berbasis online.

"Muncul ide 2016 di Sukabumi saat sedang berkemah di Javana Spa Cidahu. Ketika itu melihat ada keresahan di lingkungan mengenai tata kelola pembuangan sampah," kata Adin kepada sukabumiupdate.com, Kamis, 1 April 2021.

Jika tertarik dengan program ini, Anda perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi Pointtrash di Google Play Store. Setelah aplikasi tersebut berhasil diunduh, Anda akan dihadapkan dengan tampilan flash screen, lalu tekan "lanjutkan".

photoAplikasi Pointtrash - (Pointtrash)

Kemudian, daftarkan diri Anda dengan mengisi nama, nomor handphone, email, dan password. Selanjutnya tunggu beberapa saat untuk melakukan verifikasi yang akan dikirim melalui email yang terdaftar.

Setelah notifikasi email masuk, maka klik button "verifikasi email". Baru selepas itu Anda login dengan email dan password atau kata sandi yang telah didaftarkan.

Saat Anda berhasil login di aplikasi Pointtrash, maka ubah profil pada fitur Account. Lengkapi seluruh form yang ada ada pada ubah profil, seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor handphone, password, dan alamat.

Kemudian lengkapi pula form pada kolom alamat, antara lain provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, desa, dan alamat lengkap. Setelah itu simpan. Kelengkapan alamat ini sangat penting karena berkaitan dengan mitra Pointtrash (orang yang menjemput sampah) terdekat di wilayah Anda.

photoSosialisasi Pointtrash kepada masyarakat - (Dok. Pointtrash/Adin Putra Perdana)

Setelah semua dilengkapi, Anda bisa melakukan order dengan memilih fitur Pickup, Drop Off, Company, atau Event.

"Ketika telah Pickup atau Order, nanti sistem pembayarannya masuk e-wallet atau uang elektronik user. Minimal order adalah satu kilogram dan dibayar sesuai tarif harga sampah yang ada di aplikasi pada saat order," jelas Adin.

"Nanti akan muncul berapa nominal rupiah yang akan diterima dari order tersebut," tambahnya.

Adin mengungkapkan nantinya sampah yang telah terkumpul akan diproses menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Kantor Pointtrash sendiri berada di Perumahan Villa Alam Asri Blok B Nomor 29 RT 03/09 Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur