Light Dark

Deklarasi ODF, Kades Kadununggal Sukabumi Berharap Desanya Jadi Daerah Sehat

Sukabumi | 01 Apr 2021, 16:00 WIB
Kades Kadununggal Muhammad Yusuf mekaukan penandatanganan komitmen bersama lintas sektor dalam acara deklarasi ODF di Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Rabu (31/3/2021). | Ardi Yakub

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan. Hadir dalam acara tersebut camat, juga seluruh kepala desa diantaranya Kades Kadununggal Muhammad Yusuf. 

Selain itu Kapolsek Kalapanunggal AKP I Djubaedi, nampak menghadiri deklarasi ODF yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga :

Kecamatan Kalapanunggal merupakan kecamatan yang masyarakatnya telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. 

Kegiatan ini ditandai pembacaan pernyataan deklarasi yang dipimpin Camat Kalapanunggal Arif Solihin dan diikuti oleh peserta yang hadir dalam acara tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama lintas sektor mendukung ODF itu. 

Dalam sambutannya Arif mengatakan bahwa bebas dari perilaku buang air besar sembarangan merupakan sebuah proses yang panjang. Menurut dia, merubah kesadaran dan perilaku buang air besar sembarangan atau BABS bukanlah hal yang mudah. 

"Bukan hal mudah mengubah perilaku masyarakat untuk tidak buang air besar di sembarang tempat, ini merupakan proses yang panjang," ujar Arif kepada sukabumiupdate.com.

"Saya mengapresiasi kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi menjadikan Kecamatan Kalapanunggal sebagai salah satu kecamatan ODF di Kabupaten Sukabumi " imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kadununggal Muhammad Yusuf menyatakan akan terus mendukung program ODF. Selain itu, Kades yang akrab disapa Bako itu berharap Kecamatan Kalapanunggal khususnya Desa Kadununggal menjadi daerah yang sehat dan bersih.

Image

Ardi Yakub

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur