Lelang Pembangunan Alun-alun Kota Sukabumi Molor, Kerja BPBJ Jabar Disorot

Rabu 31 Maret 2021, 20:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Proses lelang pembangunan alun-alun terintegrasi Kota Sukabumi molor dari waktu perencanaan. BPBJ Jabar (Biro Pengadaan Barang dan Jasa) Jabar seharusnya sudah mengumumkan pemenang lelang namun hingga hari ini, Rabu (31/3/2021) belum dilakukan.

Berdasarkan time skedul, penetapan dan pengumuman pemenang lelang dari proyek senilai Rp 22.849.844.749 (milyar) ini dilakukan tanggal 29 Maret 2021 lalu. "Namun hingga hari ini, sudah lewat dua hari belum ada pengumuman pemenang. Ini yang kita sorot dari kerja BPBJ Jabar," ungkap Ketua Umum Nahdliyyin Nusantara (NAHNU) Kota Sukabumi, Dasep Suryana kepada sukabumiupdate.com, Rabu (31/3/2021).

Tentu molornya waktu penetapan ini mengundang tanya tanya, dan akan berdampak pada jadwal lainnya hingga ke pengerjaan proyek. Menurut Dasep, seharusnya hari ini itu sudah masuk masa sanggah, yaitu dari tanggal 30 Maret hingga 6 April 2021 mendatang. 

"Kenapa ini bisa begitu? Kami yakin, mereka (BPBJ, red) bisa bekerja lebih baik dan lebih profesional dari ini. Kita kan jadi curiga ada apa ini, apakah ada intervensi dari pihak-pihak yang berkepentingan," lanjutnya.

Baca Juga :

Dasep yang juga kader Nahdlatul Ulama (NU) Kota Sukabumi ini berharap BPBJ Jabar tetap mengedepankan profesionalitas sebagai penyelenggara negara. "Tidak boleh ada yang dikorbankan apalagi BPBJ jika harus mengakomodir kepentingan yang dipaksakan. Bisa celaka, karena semua orang dapat melihat tahapan lelang tersebut dan dilaporkan," katanya. 

Lanjut Dasep, kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi menyerahkan lelang proyek pembangunan alun-alun terintegrasi ke BPBJ Jabar agar terhindar dari intervensi pihak manapun. Oleh karena itu, ia  meminta semangat itu harus dilaksanakan oleh pihak manapun demi kepentingan masyarakat. 

"Kalau tahapannya sesuai, masyarakat bisa lebih cepat menerima manfaat dari pembangunan itu. Kalau ada intervensi, ya jadi lambat. Kalau peserta lelang dipaksakan sesuai pesanan akan menimbulkan masalah. Selain sesuai tahapan proses ini juga wajib sesuai aturan terbebas dari praktek KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) yang merugikan," harapnya.

Sesuai Jadwal tahapan setelah masa sanggah, dilanjutkan dengan surat penunjukan penyedia barang atau jasa dari tanggal 7 hingga 14 April 2021. Dilanjutkan dengan penandatangan kontrak 15 hingga 22 April 2021.

Proyek pembangunan alun-alun terintegrasi ini menjadi salah satu program prioritas di Kota Sukabumi pada tahun 2021. Proyek ini dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi.

Redaksi sukabumiupdate.com berusaha mengkonfirmasi keterlambatan pengumuman ini kepada pihak terkait. Salah seorang kepala bidang di (DPUTR) Kota Sukabumi menegaskan bahwa proses lelang dalam kewenangan BPBJ Jabar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah di SMPN 1 Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)