Kuil Dewa Laba-laba Berusia 3.200 Tahun Ditemukan di Peru

Selasa 30 Maret 2021, 17:22 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kuil Dewa Laba-laba berusia 3.200 tahun ditemukan di Lembah Viru, Lambayeque, Peru dengan bagian yang masih utuh berukuran 50 kali 20 kaki atau 15 kali enam meter.

Arkeolog Regulo Franco Jordan mengatakan, kuil tersebut pertama kali ditemukan penduduk setempat saat menggali dengan mesin untuk perluasan perkebunan gula dan alpukat. Penduduk kemudian melaporkan temuan itu ke pemerintah. 

Melansir dari laporan The Sun, Selasa, 30 Maret 2021, tim arkeolog selanjutnya mendatangi kuil serta mempelajari mural raksasa dan gambar-gambar dewa misterius terukur di batu. Semula, arkeolog mengira mural raksasa tersebut disembah penduduk untuk tujuan meminta hujan dan kesuburan. Namun setelah penelitian intensif, bangunan itu ternyata adalah kuil kuno.

Tidak ada yang tahu pasti nama sebenarnya kuil tersebut. Tetapi arkeolog memberi nama Kuil Dewa Laba-laba karena banyaknya gambar laba-laba yang memegang pisau terukir di batu.

Jordan mengatakan sekelompok orang yang disebut komunitas Cupisnique, diperkirakan menjadi pihak yang membangun mural itu ribuan tahun lalu atau ketika mereka tinggal di Lembah Viru, Lambayeque.

Cupisnique sendiri adalah masyarakat budaya asli pra-Columbus yang berkembang sejak 1.500 sampai 500 Sebelum Masehi. Mereka menyebar di sepanjang pantai Pasifik di Utara Peru.

Baca Juga :

Gaya arsitektur Cupisnique khas dengan gaya rumah tanah liat dan berbagai karya artistik serta simbol keagamaannya mirip Chavin, budaya yang muncul di tempat tersebut di kemudian hari.

Orang-orang Cupisnique menggunakan pewarna tertua seperti oker untuk membuat desain laba-laba. Kuil ini juga kemungkinan pernah digunakan sebagai situs pemakaman dan tempat pemujaan dewa air karena letaknya di sebelah sungai.

"Apa yang kami temukan saat ini adalah sebuah kuil yang pernah menjadi pusat seremonial ribuan tahun lalu," kata Franco Jordan kepada La Republica, Peru.

Laba-laba di kuil, Jordan, berkaitan dengan air. Laba-laba adalah hewan penting dalam budaya pra-Hispani, dengan masyarakat yang hidup menurut kalender upacara. "Sepertinya ada upacara air suci khusus antara Januari dan Maret ketika hujan turun dari daerah yang lebih tinggi," katanya.

Kuil Dewa Laba-laba itu kini terdaftar sebagai monumen dilindungi dan tidak akan mengalami kerusakan lagi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita