Light Dark

Santri Mbah Moen, Abdullah Syukri Pimpin PB PMII 2021-2023

Figur | 25 Mar 2021, 22:05 WIB
Abdullah Syukri, Ketua Umum PB PMII 2021-2023. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Muhammad Abdullah Syukri terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PB PMII masa khidmat 2021-2023.

Abdullah Syukri terpillih berdasarkan hasil Kongres XX PMII di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (25/3/2021). Kader PMII Malang tersebut mendulang 130 suara dari total 242 suara.

Mengutip Suara.com dari timesindonesia.co.id, Alumni PMII Komisariat Universitas Brawijaya, Malang itu juga pernah menjabat sebagai Ketua Biro Beasiswa Bidang Hubungan Internasional PB PMII.

Tak bermain di dalam negeri saja, ia juga diketahui menjadi salah satu inisiator pendirian Pengurus Cabang Internasional PMII di tiga negara seperti Maroko, Taiwan, dan Jerman.

Kemudian, Syukri juga pernah menjadi Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Brawijaya pada 2009-2010, Kongres Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya dan Ketua KPU FISIP Universitas Brawijaya.

Setelah menamatkan studinya di Universitas Brawijaya, ia melanjutkan studinya di Universitas Duisberg Essen, Jerman dalam bidang ilmu politik dan pemerintahan dengan beasiswa dari Pemerintah Jerman (DAAD).

Santrinya Kiai Maimoen Zubair (Mbah Moen)

Selain di bidang pendidikan formal, Pria kelahiran Cirebon juga mengaji di beberapa pesantren. Mulai dari tanah kelahirannya di Pondok Buntet Pesantren Cirebon, Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang dari 2009-2011.

Ia juga pernah mondok di Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang pada 2012-2015 di bawah asuhan KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Ia pernah mewakili Indonesia pada Forum Perdamaian Dunia di Amerika Serikat (AS) dan Serbia dalam program 1.000 Abrahamic Circles (Agustus-September 2019). Program tersebut diinisiasi untuk membangun perdamaian di antara agama-agama Ibrahim.

Saat ini, ia merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Asy-Syakiroh 2 Buntet Pesantren Cirebon. Ia juga Sekretaris Bidang Pendidikan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren Cirebon. Ia juga mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren.

Selain didapuk jadi Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri kini juga menjalankan aktifitas di Jakarta sebagai Wakil Direktur Center for Indonesian Policy Analysis (CIPA), Indonesian Returning Expert di Korporasi Jerman untuk Kerjasama Internasional, dan Tim Asistensi Staf Khusus Presiden Republik Indonesia.

Sumber: Suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Herlan Heryadie

Redaktur