Israel Siap Luncurkan Tiga Satelit Mini Seukuran Kotak Sepatu

Jumat 19 Maret 2021, 04:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Israel tengah bersiap meluncurkan tiga satelit mini yang akan mengelilingi bumi setiap 90 menit dengan total bahan bakar satu gram kripton per hari.

Satelit nano seukuran kotak sepatu ini akan meninggalkan Bumi dari Kazakhstan dengan roket Rusia pada Sabtu, 20 Maret 2021 tengah hari waktu setempat. Satelit akan berada 50 kilometer di atas permukaan Bumi dan mengorbit selama tiga tahun.

Dikutip dari Time of Israel, Pini Gurfil, insinyur kedirgantaraan Israel, menjadi sosok yang ada di balik proyek prestisius ini. Ia keturunan Yahudi-Rusia. Kakek-neneknya dibuang dari Rusia ke Kazakhstan hanya karena berstatus Yahudi kaya.

Ayah Pini lahir di Kazakhstan dan bermigrasi ke Israel pada tahun 1973. "Meluncurkan satelit inovasi dari Kazakhstan terasa seperti menutup cobaan traumatis yang dialami keluarga," kata Pini. "Nenek saya meninggal di sini, setelah diusir dari Rusia."

Pini adalah bagian dari upaya Israel mengembangkan satelit nano. Satelit tunggal, juga dalam ukuran kecil, diluncurkan bulan lalu. Pini berharap peluncuran tiga satelit mini sekaligus ini akan memperkuat upaya Israel mendorong banyak negara mengembangkan satelit kecil.

photoTiga satelit mini Israel seukuran kotak sepatu akan diluncurkan dari Kazakhstan, Sabtu 20 Maret 2021. - (Time of Israel)

Uji Coba

Tujuan peluncuran tiga satelit sekaligus adalah untuk menguji apakah serangkaian satelit kecil, bukan satu satelit besar, dapat digunakan memantau sinyal dari suara pelacak darurat yang digunakan kapal, pesawat penjelajah, dan pejalan kaki.

Jika memungkinkan, kata peneliti yang terlibat dalam program ini, maka akan membuka jalan bagi sistem pemantauan yang jauh lebih murah. Meluncurkan tiga satelit mini membutuhkan roket dengan bahan bakar lebih sedikit.

"Ini langkah maju yang signifikan untuk penelitian teknologi luar angkasa Israel," kata Pini. "Penelitian ini juga membuka kemungkinan mengembangkan satelit kecil, yang merupakan fokus penting dan inovasi yang mengganggu."

Trio satelit akan disimpan dalam formasi sempurna dengan jarak dari satu satelit ke satelit lain adalah 250 kilometer. Sistem bahan bakar dibangun secara khusus, dikembangkan di Technion-Israel Institute of Technology, di mana akan memungkinkan setiap satelit menyelesaikan misi dengan 400 gram kripton, gas yang sering digunakan untuk mengisi bola lampu neon.

Setiap satelit menghabiskan rata-rata 133 gram bahan bakar per tahun, atau 0,37 per hari. Setelah menyelesaikan misi, satelit akan berada di luar angkasa tapi tidak akan mengganggu satelit lain karena ukurannya kecil.

Tim Technion berharap memiliki tiga satelit terpisah yang relatif dekat akan menghasilkan pembacaan akurasi tinggi. Percobaan ini juga untuk menguji teori trio satelit berbiaya rendah, sekira 9 juta USD atau Rp 130,2 miliar, lebih efektif dibanding satu satelit besar.

"Butuh waktu lama mengembangkan satelit ini, karena sistem bahan bakar yang kecil. Jadi peluncuran ini benar-benar bermakna," ucap Pini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 April 2024, 16:21 WIB

Heboh Kasus Investasi Bodong Berkedok Gadai Rumah di Sukabumi, Marketing Diamankan

Berikut keterangan dari pihak kepolisian terkait kasus investasi bodong berkedok gadai rumah di Kota Sukabumi.
Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Bagus Panuntun saat memberikan keterangan terkait kasus dugaan investasi bodong berkedok gadai rumah. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola18 April 2024, 16:15 WIB

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Australia di Piala Asia 2024: H2H, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB.
Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB. (Sumber : pssi.org).
Food & Travel18 April 2024, 16:00 WIB

Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget!

Air rebusan kayu manis ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan diabetes atau mereka yang berisiko mengalami peningkatan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget! | Foto: Pixabay/Pexels
Nasional18 April 2024, 15:52 WIB

Membangun Bisnis Sehat dengan Konten Berkualitas, 7 Tahun AMSI

Setiap tahun, AMSI selalu mengadakan Indonesian Digital Conference, sebuah ajang diskusi tentang teknologi digital terbaru dan dampaknya pada industri media.
AMSI sudah berdiri di hampir semua wilayah di Indonesia dengan anggota lebih dari 400 media online. (Sumber: istimewa)
Sukabumi18 April 2024, 15:52 WIB

Halalbihalal Disperkim Kabupaten Sukabumi: Tingkatkan Kekompakan dan Motivasi Pegawai

Halalbihalal ini dirangkaikan dengan pengajian dan pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan.
Disperkim Kabupaten Sukabumi menggelar acara halalbihalal bersama seluruh pegawai pada Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi18 April 2024, 15:16 WIB

Pererat Silaturahmi, Perumdam TJM Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Perumdam TJM Sukabumi menggelar acara Halal Bihalal di lapangan tenis dekat Kantor perusahaan tersebut di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/4/2024).
Halal bihalal Perumdam TJM Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life18 April 2024, 15:04 WIB

Asam Urat Tinggi Setelah Lebaran? Lakukan 6 Hal Ini untuk Menurunkannya Secara Alami

Pastinya banyak makanan mengandung protein seperti daging yang dikonsumsi.
(Foto Ilustrasi) Enam hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan asam urat secara alami jika terasa tinggi setelah lebaran. | Foto: Freepik
Inspirasi18 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja SPV Accounting dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja SPV Accounting dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi18 April 2024, 14:54 WIB

DP2KBP3A Kota Sukabumi Dapat Penghargaan, Kirim Pesan Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak

Pesan soal pencegahan kekerasan perempuan dan anak disampaikan melalui video.
Penyerahan penghargaan oleh Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Ibu Pj Wali Kota Sukabumi kepada Kepala DP2KBP3A Kota Sukabumi Yadi Mulyadi. | Foto: Instagram/@dp2kbp3a_kotsi
Sukabumi18 April 2024, 14:42 WIB

Curhat Korban Investasi Bodong di Sukabumi, Uang Lenyap dan Terusir dari Rumah

Curhat korban investasi bodong berkedok gadai rumah di Kota Sukabumi.
Yati dan suaminya saat menunjukkan surat perjanjian perusahaan di Mapolres Sukabumi Kota. (Sumber : SU/Asep Awaludin)