Belajar dari Asyifa Sakinah Pramugari Kelahiran Sukabumi, Sukses Bisnis Di Masa Pandemi

Kamis 18 Maret 2021, 13:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Namanya Asyifa Sakinah, pramugari kelahiran Sukabumi 12 Juli 1995 di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan. Selain menjadi pramugari, perempuan cantik ini juga sukses berbisnis di masa pandemi covid-19, menjual parfum dan pakaian secara online.

Sebelum membahas bisnisnya, Asyifa Sakinah memperkenalkan diri sebagai lulusan salah satu SMK negeri di Sukabumi. SD dan SMP ditamatkannya di kampung halamannya di Cisande.

Gadis manis berdarah sunda, padang serta arab ini kemudian melanjutkan sekolahnya ke Jakarta. Ia sekarang berdomisili di Jeddah Arab Saudi, sementara keluarganya di Jakarta. 

"Di Sukabumi juga masih ada keluarga. Saya masih sering pulang ke rumah di Sukabumi," ungkapnya memulai obrolan lewat dengan sukabumiupdate.com, Kamis (18/3/2021).

Saat ini Asyifa Sakinah tercatat sebagai pramugari di Maskapai Internasional Kerajaan Arab Saudi. Sembilan tahun sudah sudah ia mengarungi angkasa bersama banyak maskapai di dunia penerbangan.

Tahun 2012 Asyifa Sakinah memulai karir di salah satu maskapai swasta nasional, lalu berpindah ke maskapai lainnya hingga tahun 2017. Ia juga sempat menjadi Flight Attendant (FA) di private jet tahun pada 2018-2019, hingga berlabuh di maskapai Internasional Kerajaan Arab Saudi, pada 2019 hingga sekarang.

photoAsyifa Sakinah Pramugari Kelahiran Sukabumi, dengan seragam Saudia Airlines - (dok Asyifa Sakinah)</span

"Orang tua bercerai, dari kecil aku bersama mama tinggal dan besar di keluarga yang sederhana," ucapnya.

Kondisi ini menempa Asyifa Sakinah jadi pribadi yang mandiri. Dari Sukabumi, ia pun melanjutkan pendidikannya ke Jakarta. "Dulu sambil kuliah, aku selalu melamar kerja. Tertarik dengan rekan yang menjadi FA atau pramugari. Awalnya sempat tidak pede karena tidak terlalu semampai dan masih pakai kawat gigi, belum bisa dandan seperti sekarang" tuturnya.

Singkat cerita, ia pun lolos menjadi FA, bahkan 4 kali lulus tes di maskapai yang berbeda sepanjang karirnya menjadi pramugari. Tak selalu mulus, ia pun sempat ditolak atau tidak diterima saat mencoba menjadi pramugari.

"Waktu itu aku pilih salah satu yang paling cepat proses tanda tangan kontrak, karena tak sabar ingin jadi FA dengan pakai seragam," papar Asyifa Sakinah.

Sebagai cabin crew, salah satu hobinya untuk bertraveling keliling dunia tersalurkan. "Bertemu banyak orang baru, wawasan lebih luas, belajar banyak karakter orang. Tentu profesi ini menyimpan duka karena jauh dari keluarga dan orang-orang tercinta termasuk melewatkan momen penting bersama keluarga," bebernya.

Saat pandemi covid-19 menyergap dunia, ia termasuk salah satu yang harus dirumahkan karena dampak dari situasi yang membatasi seluruh aktivitas manusia tersebut. 11 bulan work from home dan dirumahkan membuat Asyifa Sakinah harus memutar otak untuk tetap bertahan. Hingga akhirnya ia memberanikan diri untuk memulai bisnis, yaitu berjualan parfum dan pakaian. Ia memilih bisnis online dari jaringan produk yang sudah dikenalnya selama ini sebagai FA. 

photoAsyifa Sakinah dalam seragam airlines di Indonesia - (dok. Asyifa Sakinah)</span

"Aku yakin tidak sendirian yang kena dampak pandemi ini. Aku memberanikan diri memulai bisnis yang ternyata bisa seramai ini. Pandemi ini membuat kita lebih kreatif dan dapat menyalurkan bakat terpendam," kenangnya.

Ia menjual produk-produk itu secara online, salah satunya dengan akun instagram toasfragnace. "Memulainya cukup berat, saya sampai sampai pernah gak tidur dua  hari untuk packaging dan pengiriman, sempat sakit. Pengalaman rugi, dicurangi, itu menjadikan aku makin paham cara berbisnis," ungkapnya, 

Baca Juga :

Waktu berlalu, Asyifa Sakinah kini punya tim kuat dalam menjalankan bisnis ini. Ia pun bisa kembali fokus sebagai pramugari. "Supaya dua-duanya jalan dan lancar, intinya komunikasi," sebutnya.

Asyifa bahagia karena akhirnya mampu mengajak sang ibu keliling dunia, umroh tiap tahun. "Mulailah berbisnis dan jangan takut, tetap berusaha dan tetap semangat," tulis Asyifa Sakinah dalam narasi cabin crew menulis, memberikan pesan untuk sesama kru kabin berjuang ditengah pandemi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)