Light Dark

Nonton Battle Petanque, Olahraga Asal Prancis di Lapang Merdeka Kota Sukabumi

Arena | 18 Mar 2021, 08:59 WIB
Atlet petanque lempar bola besi di Lapang Merdeka Kota Sukabumi | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Permainan bola besi mirip tolak peluru di Lapang Merdeka Kota Sukabumi oleh sejumlah anak muda menarik perhatian. Ya, inilah atlet Petanque atau dapat diucapkan "petank" olahraga asal Prancis yang mulai digemari warga Sukabumi, karena jadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan resmi termasuk di Indonesia.

Rabu sore kemarin, reporter sukabumiupdate menyempatkan melihat dari dekat permainan yang mirip tolak peluru ini. Memanfaatkan lahan di sebelah arena skateboarding, para pemain Petanque sibuk melempar bola besi yang ukuran mirip bola tenis lapangan.

Petanque adalah olahraga permainan melempar bola besi sedekat mungkin ke bola kayu yang disebut cochonnet. Kaki pelempar juga harus berada didalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan jaraknya.

Jarak pelempar dengan cochonnet yang ditetapkan dalam permainan ini antara 6 sampai 10 meter. "Dalam Petanque permainannya adalah batle atau tempur dengan sistem single, double, triple dan mix," ungkap salah seorang atlet Petanque Ihsan Suranto (23 tahun) kepada sukabumiupdate.com di sela-sela latihan. 

photoPengurukan jarak terdekat dengan cochonet dalam permainan Petanque di Lapang Merdeka Sukabumi - (istimewa)

Ihsan kemudian menceritakan sejarah olahraga Petanque dari Prancis hingga mulai dimainkan di sukabumi. "Mulai dimainkan sekitar tahun 1907-an. Di Indonesia sendiri pertama kali dipertandingkan pada ajang SEA GAMES 2011 di Jakarta dan Palembang," jelasnya. 

Menurut Ihsan, di Indonesia terutama Sukabumi, olahraga ini tergolong baru dan sedang dikembangkan. Dibina oleh Federasi Olahraga Petanque Indonesia atau FOPI yang diketuai Caca Issa Saleh, "sudah berdiri cabang di 10 cabang kota di Indonesia."

Baca Juga :

Di Sukabumi sebenarnya bukan barang baru, Petanque mulai dimainkan sejak tahun 2017. "Saat itu diperkenalkan oleh pak Yusuf, salah satu dosen universitas di Cimahi, awalnya sih hanya 10 orang kebanyakan mahasiswa salah satunya saya sendiri yang tertarik untuk menguasai dan memainkan olahraga ini," sambung Ihsan.

Saat ini Sukabumi sudah punya 15 atlet petanque, dan pernah ikut dalam kompetisi resmi yaitu Porda di Bogor. Menurut Ihsan modal olahraga permainan ini adalah fokus dan konsentrasi tinggi. 

photoBattle atlet Petanque di Lapang Merdeka Sukabumi - (magang 3)

"Petanque olahraga yang ringan dan santai. Butuh fokus dan konsentrasi, permainan ini juga untuk semua usia dan kalangan. Kami berlatih di Lapang Merdeka Selasa dan Kamis mulai pukul 13.00 WIB, untuk Sabtu atau Minggu mulai 07.00 WIB," pungkas Ihsan Suranto.

Image

Magang 3

Image

Fit NW

Redaktur