Bappeda Sukabumi Ungkap Rencana Membangun Kota Pesisir di Ujung Genteng

Sabtu 13 Maret 2021, 07:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah tengah mengodok rencana percepatan pembangunan kawasan pesisir selatan Jawa Barat, khususnya Kabupaten Sukabumi. Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) menyebut sejumlah kementerian dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan membangun kota pesisir di Ujung Genteng.

Kota pesisir Ujung Genteng diarahkan menjadi kawasan pariwisata terpadu dengan sektor perikanan dan kelautan serta pertanian. Hal ini diungkapkan Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Dr Maman Abdurrahman saat berkunjung ke kantor redaksi sukabumiupdate.com, Rabu kemarin 10 Maret 2021. 

Menurut Maman, pemerintah berencana membangun kawasan pesisir Kabupaten Sukabumi selain di Palabuhanratu yaitu dan di Ujung Genteng. Ini ditegaskan pemerintah pusat melalui rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kemenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang melibatkan kementerian terkait, Pemkab Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Sudah ada rencana Kemenko Maritim dan Investasi dan kementerian terkait akan menata, mengelola dan membangun kawasan pesisir Selatan Sukabumi. Pak Luhut sangat konsen, pandangannya luar biasa tentang pengembangan pesisir Selatan Sukabumi.  Dimulai dengan pengambangan kawasan Ujung Genteng," ungkap Maman.

Baca Juga :

Selain memperkuat Ujung Genteng sebagai pusat konservasi penyu dan cagar alam, pemerintah, lanjut Maman berencana membangun kawasan pariwisata yaitu kota pesisir. Untuk kongkrit pembangunannya seperti apa, Pemerintah Kabupaten Sukabumi masih terus berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Barat dan sejumlah kementerian terkait.

"Rencana akhir bulan Maret 2021 ini, pak Luhut dan rombongan mau berkunjung ke Ujung Genteng. Dari sana nanti mulai terlihat pembangunan kota pesisir Ujung Genteng akan seperti apa," lanjut Maman.

photoKepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Dr Maman Abdurrahman - (istimewa)

Kabupaten Sukabumi dengan 179 kilometer garis pantai dari Cibangban hingga Tegalbuleud, masuk menjadi anggota ICM (Integrated Coastal Management), forum dunia yang berisi pemerintahan pengelolah pesisir pantai. Menurut Maman potensi inilah yang akan terus dikembangkan oleh pemerintah.

"Rencana kota pesisir Ujung Genteng, pemerintah Kabupaten Sukabumi punya lahan 65 hektar sebagai pendukung program tersebut," lanjutnya.

Baca Juga :

Pemerintah ungkap Maman sudah menyatakan akan membangun sejumlah dermaga atau pelabuhan nasional. Sedikitnya ada lima pelabuhan nasional dan pengumpan yang rencananya akan dibangun di pesisir pantai Sukabumi.

"Kemenko Maritim Investasi dan Kementerian Perhubungan sudah merencanakan pembangunan pelabuhan di Cisolok, Palabuhanratu, Loji, Pelampang, hingga Ujung Genteng. Ini untuk mendukung sektor pariwisata, bisnis dan perikanan di pesisir Sukabumi," beber Maman.

"Tak hanya dermaga dan Palabuhanratu, untuk pengembangan kota pesisir di Ujung Genteng, Pemkab Sukabumi juga mengusulkan pembangunan bandara Citarate sebagai dukungan akses udara ke kawasan terpadu pariwisata di pesisir selatan Ujung Genteng," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock