Light Dark

Bappeda Sukabumi Ungkap Rencana Membangun Kota Pesisir di Ujung Genteng

Sukabumi | 13 Mar 2021, 07:17 WIB
Bappeda menyebut pemerintah berencana membangun kota pesisir di Ujung Genteng Sukabumi | google maps

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah tengah mengodok rencana percepatan pembangunan kawasan pesisir selatan Jawa Barat, khususnya Kabupaten Sukabumi. Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) menyebut sejumlah kementerian dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan membangun kota pesisir di Ujung Genteng.

Kota pesisir Ujung Genteng diarahkan menjadi kawasan pariwisata terpadu dengan sektor perikanan dan kelautan serta pertanian. Hal ini diungkapkan Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Dr Maman Abdurrahman saat berkunjung ke kantor redaksi sukabumiupdate.com, Rabu kemarin 10 Maret 2021. 

Menurut Maman, pemerintah berencana membangun kawasan pesisir Kabupaten Sukabumi selain di Palabuhanratu yaitu dan di Ujung Genteng. Ini ditegaskan pemerintah pusat melalui rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kemenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang melibatkan kementerian terkait, Pemkab Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Sudah ada rencana Kemenko Maritim dan Investasi dan kementerian terkait akan menata, mengelola dan membangun kawasan pesisir Selatan Sukabumi. Pak Luhut sangat konsen, pandangannya luar biasa tentang pengembangan pesisir Selatan Sukabumi.  Dimulai dengan pengambangan kawasan Ujung Genteng," ungkap Maman.

Baca Juga :

Selain memperkuat Ujung Genteng sebagai pusat konservasi penyu dan cagar alam, pemerintah, lanjut Maman berencana membangun kawasan pariwisata yaitu kota pesisir. Untuk kongkrit pembangunannya seperti apa, Pemerintah Kabupaten Sukabumi masih terus berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Barat dan sejumlah kementerian terkait.

"Rencana akhir bulan Maret 2021 ini, pak Luhut dan rombongan mau berkunjung ke Ujung Genteng. Dari sana nanti mulai terlihat pembangunan kota pesisir Ujung Genteng akan seperti apa," lanjut Maman.

photoKepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Dr Maman Abdurrahman - (istimewa)

Kabupaten Sukabumi dengan 179 kilometer garis pantai dari Cibangban hingga Tegalbuleud, masuk menjadi anggota ICM (Integrated Coastal Management), forum dunia yang berisi pemerintahan pengelolah pesisir pantai. Menurut Maman potensi inilah yang akan terus dikembangkan oleh pemerintah.

"Rencana kota pesisir Ujung Genteng, pemerintah Kabupaten Sukabumi punya lahan 65 hektar sebagai pendukung program tersebut," lanjutnya.

Baca Juga :

Pemerintah ungkap Maman sudah menyatakan akan membangun sejumlah dermaga atau pelabuhan nasional. Sedikitnya ada lima pelabuhan nasional dan pengumpan yang rencananya akan dibangun di pesisir pantai Sukabumi.

"Kemenko Maritim Investasi dan Kementerian Perhubungan sudah merencanakan pembangunan pelabuhan di Cisolok, Palabuhanratu, Loji, Pelampang, hingga Ujung Genteng. Ini untuk mendukung sektor pariwisata, bisnis dan perikanan di pesisir Sukabumi," beber Maman.

"Tak hanya dermaga dan Palabuhanratu, untuk pengembangan kota pesisir di Ujung Genteng, Pemkab Sukabumi juga mengusulkan pembangunan bandara Citarate sebagai dukungan akses udara ke kawasan terpadu pariwisata di pesisir selatan Ujung Genteng," pungkasnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur