Kaesang Putra Jokowi Disorot Soal Ghosting, Apa Sih Sebenarnya?

Senin 08 Maret 2021, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Putra Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Kaesang Pangarep tengah mendapat sorotan usai disebut melakukan ghosting terhadap kekasihnya, Felicia Tissue. Mesti begitu, adik Gibran Rakabuming Raka ini justru mengaku sudah meminta putus sejak dua bulan lalu.

Kaesang menyebut masalah hubungannya dengan Felicia merupakan persoalan pribadi yang tidak patut diumbar ke publik.

"Aku sebenarnya itu sudah ngomong untuk mengakhiri hubungan ini di pertengahan bulan Januari dan di waktu itu juga aku juga dimaki-maki tapi yaudahlah aku diam aja," ucap Kaesang menjelaskan ihwal hubungannya dengan Felicia, dilansir dari Tempo, Senin, 8 Maret 2021.

Penjelasan itu cukup berbeda jika mendengar keterangan pihak keluarga Felicia Tissue. Sebelumnya, kakak Felicia, Daryl membuat video klarifikasi soal hubungan adiknya. Ia mengungkapkan, Kaesang, yang begitu dipercaya dan dicintai adiknya telah berkali-kali meminta restu dari keluarga untuk menikahi Felicia pada Desember 2020.

Berbagai upaya pun dilakukan Felicia untuk bisa menemukan kejelasan hubungannya dengan Kaesang yang tiba-tiba menghilang. Ia mencoba berulang kali menghubungi keluarga Kaesang untuk bisa berkomunikasi langsung.

Mengenal Istilah Ghosting

Ghosting adalah istilah yang merujuk pada sebuah perilaku memutus komunikasi secara tiba-tiba dengan seseorang tanpa ada pemberitahuan atau penjelasan apa pun pada orang tersebut.

Menurut Oxford Dictionary, ghosting merupakan praktik mengakhiri hubungan pribadi dengan seseorang dengan tiba-tiba menghentikan semua komunikasi tanpa penjelasan.

Profesor psikologi Wendy Walsh menjelaskan beberapa tingkatan ghosting, khususnya dalam hubungan asmara, mulai dari yang ringan hingga berat.

Ia mengatakan ghosting ringan merupakan saat seseorang yang tidak terlalu dekat dengan Anda dan tidak membalas pesan atau telepon Anda.

Sementara kategori sedang adalah ketika Anda bertemu orang baru dan telah beberapa kali bertemu namun tiba-tiba ia menghilang. Kemudian ghosting berat merupakan kondisi saat hubungan sudah sangat intim namun tiba-tiba salah satu pihak menghilang tanpa sebab.

Sebuah studi mengungkap penolakan sosial dari siapa pun dapat mengaktifkan rasa sakit di otak yang sama parahnya dengan sakit fisik. Artinya, ada kesamaan sakit fisik dan sakit di otak.

photo(Ilustrasi) Ghosting menjadi semakin dikenal usai istilah ini disebut dilakukan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep terhadap kekasihnya, Felicia Tissue. - (Unsplash/Kelly Sikkema)

Sementara dalam laman Verywellmind, ghosting merupakan istilah kencan sehari-hari yang relatif baru, di mana aktivitasnya mengacu pada memutuskan kontak secara tiba-tiba dengan seseorang tanpa memberikan peringatan atau penjelasan apa pun kepada orang tersebut untuk melakukannya. Istilah ini menjadi topik utama sekitar tujuh tahun yang lalu bersamaan dengan terjadinya lonjakan kencan online.

Ghosting kemudian masuk dalam kamus Merriam-Webster pada 2017. Menariknya, istilah ini telah digunakan sejak tahun 1990-an. Sejumlah penulis dan cendekiawan budaya pop bahkan telah menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan tulisan hantu dalam musik hip-hop.

Kini, ghosting telah menjadi fenomena umum di dunia kencan modern dan juga di lingkungan sosial bahkan profesional lainnya. Dilansir dari Psychology Today, istilah ghosting juga pernah populer di sejumlah media, termasuk New York Times pada sekitar pertengahan 2015.

Ghosting sendiri dapat berupa kegagalan untuk menanggapi pertukaran pesan dengan seseorang yang belum pernah Anda temui, memutuskan kontak dengan seseorang yang Anda kencani beberapa kali, atau bahkan menolak untuk membalas panggilan seseorang setelah melakukan hubungan seksual.

Baca Juga :

Mengapa Orang Bisa Melakukan Ghosting?

Beberapa orang mengaku kehilangan minat terhadap pasangan yang dikencaninya setelah mereka melakukan hubungan yang intim. Baginya, ghosting merupakan cara praktis untuk mengatasi masalah tersebut.

Meskipun beberapa orang ini sempat merasa bersalah ketika melakukan ghosting, namun mereka tidak menganggap aktivitas tersebut sebagai kesalahan moral.

Menurutnya, mengakhiri komunikasi secara tiba-tiba adalah solusi yang elegan: orang yang ia kencani bisa menyimpulkan dari kurangnya kontak menggambarkan bahwa ia tidak lagi tertarik.

Namun ghosting terkadang disebut sebagai bentuk kepengecutan: penolakan untuk mengakui kesalahan seseorang.

Di sisi lain, orang yang diputuskan dengan cara "dihantui" akan mengalami perasaan batin yang lebih berat, bahkan merasa sangat tersiksa. Ghosting disebut salah satu bentuk siksaan paling kejam dalam sebuah hubungan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)