Light Dark

Mana Cara Mengatasi Perut Bergelambir Paling Cepat, Diet atau Olahraga?

Sehat | 07 Mar 2021, 20:00 WIB
Ilustrasi perut bergelambir. | Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Berkurangnya aktivitas di luar rumah selama pandemi Covid-19, membuat beberapa orang mulai mengeluhkan kondisi bentuk badan yang sudah tidak ideal lagi. Salah satu keluhan yang muncul adalah Perut bergelambir dan Perut buncit. Lalu apa dengan Diet dan Olahraga menjadi solusinya?

Sebelum kita berbicara tentang solusinya, mari kita pahami apa itu Perut bergelambir.

Dilansir melalui Healthshots, Perut bergelambir atau juga disebut Perut pannus atau Perut celemek, terjadi ketika perut dan lemak yang mengelilingi organ dalam mengembang karena penambahan berat badan atau kehamilan.

Ini menghasilkan timbunan lemak tambahan di omentum, yang merupakan lipatan mirip celemek di bawah otot Perut dan di depan usus Anda.

Bukan berarti setiap orang memiliki Perut celemek yang sama, ukurannya bisa berbeda-beda.

Secara umum ada dua penyebab bergelmabir, yakni melahirkan dan bertambahnya berat badan. Meskipun demikian, bukan berarti hal itu tidak hanya terjadi pada wanita yang kelebihan berat badan.

Memiliki Perut celemek meningkatkan risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker ovarium, dan dikaitkan dengan insiden penyakit jantung dan diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Apakah mungkin untuk mengecilkan Perut celemek?

Pertama-tama, penting untuk fokus pada kesehatan secara keseluruhan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

Anda tidak dapat merawat Perut celemek secara terpisah, karena ini merupakan kombinasi dari pengurangan berat badan secara keseluruhan dan opsi non-bedah.

Saat Anda menurunkan berat badan, timbunan lemak Anda berkurang. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa melakukan sit-up dan sit-up akan membantu.

Nah, hal tersebut tentunya akan memperkuat otot-otot perut, namun tidak akan membuat apron belly Anda hilang. Itu karena ada dua lapisan lemak di area perut, itulah sebabnya sulit menurunkan berat badan!

Itulah mengapa alih-alih berfokus pada latihan fitik, cobalah dan lakukan latihan di mana Anda bergerak dengan berbagai cara.

Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, sambil berolahraga secara teratur.

Anda juga bisa menjalani perawatan bedah, tetapi seringkali mahal. Ada proses yang disebut panniculectomy yang menghilangkan pannus. Ini tidak mengencangkan otot Perut dengan menghilangkan kulit dan lemak ekstra, yang memberi Anda area Perut yang lebih rata.

Ini juga dapat dikombinasikan dengan operasi pengencangan Perut atau prosedur Perut lainnya, jika diinginkan.

Bagi mereka yang tidak nyaman dengan hal ini, Anda bisa melakukan pemahatan yang keren, yang melibatkan invasi minimal dan pembekuan lemak Perut yang tidak perlu.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur