Hibah Dicabut, Lahan Makam 300 Tahun di Sukabumi Sah Milik Ponpes Al Qosasiyah

Sabtu 06 Maret 2021, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keluarga ahli waris Eyang Raden Natarudin melalui pihak kuasa hukum bersama kepala desa akhirnya bersepakat islah dan mencabut surat pernyataan hibah atas wakaf lahan makam 300 tahun Ponpes Al Qosasiyah di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Sebelumnya, ahli waris sekaligus pengurus Pondok Pesantren Al Qosasiyah menolak surat hibah yang terbit tahun 2018 atas makam yang sudah berusia sekitar 300 tahun, di mana lahan pemakaman keluarga itu disebut-sebut masuk kawasan pembangunan Tol Bocimi.

Kepala Desa Selajambe, Pipin bersama kuasa hukum dari pihak keluarga Pesantren Alqosasiyah menyepakati pencabutan surat peryataan hibah sepihak pada Sabtu (6/3/2021).

Kuasa hukum pihak keluarga Pesantren Alqosasiyah Anto Siburian mengapresiasi pihak kepala desa yang memfasilitasi pertemuan berbagai pihak yang kemarin sempat membuat pernyataan surat hibah sepihak.

"Hasil pertemuan ini menyepakati bahwa klaim sepihak surat pernyataan hibah pada 9 April 2018 itu dinyatakan cacat hukum atau tidak bisa dilakukan sebagai legalitas terhadap tanah tersebut," ungkap Anto.

Baca Juga :

Makam 300 Tahun di Sukabumi Kena Tol Bocimi? Ponpes Al Qosasiyah Tolak Hibah

Masih kata Anto, surat pernyataan itu dibuat oleh salah satu warga yang mengaku sebagai ahli waris, Bubun. Tetapi saat ditelusuri, tanah itu bukan milik Bubun, melainkan tanah dari keluarga besar Eyang Raden Natarudin, yang kini kepemilikannya jatuh ke pengasuh Pesantren Alqosasiyah, Ustaz Akang Sihabudin atau yang bisa disapa Sihab.

"Jadi kalau bicara asli dari surat hibah itu, asli tulisan Pak Bubun. Tetapi untuk keabsahannya secara hukum saya rasa tidak sah untuk dinyatakan pernyataan hibah, sedangkan tanda tangan Kades Selajambe merupakan yang dibuatnya, tapi mungkin kepala desa sendiri tidak melihat atau tidak mengetahui mengenai tentang isi pernyataan surat hibah itu. Karena tahun 2018 masih program PTSL," kata Anto.

"Dan kades tidak mengetahui adanya klaim sepihak oleh Pak Bubun, dan itu sudah diakui. Jadi sekarang intinya kita harus informatif, sehingga Kades Selajambe tidak menjadi korban untuk hal-hal yang pemanfaatan tanah tersebut. Intinya dicabut untuk pernyataan surat hibah dan dianggap beres," tuturnya. 

Sementara itu, Kades Selajambe Pipin Saripin mengucap syukur lantaran permasalahan ini selesai dan berujung islah. "Tidak ada permasalahan apapun lagi, jadi sudah setuju semua masalah hibah itu. Pertama harus ada saksi, atau ahli waris dan sekarang itu dikembalikan secara musyawarah," kata Pipin.

photoKeluarga ahli waris Eyang Raden Natarudin melalui pihak kuasa hukum bersama kepala desa akhirnya islah dan mencabut surat pernyataan hibah atas wakaf lahan makam 300 tahun Ponpes Al Qosasiyah di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. - (SU/Riza)

"Sebetulnya permasalahan pertama itu saya tidak tahu. Saya pun terkejut pertama kali mendengarnya kemarin, makanya saya langsung rapat dan musyawarah dengan ahli waris, dan pada hari ini selesai," imbuhnya.

Berkaca dari persoalan ini, Pipin mengaku sudah menyerukan kepada kadus dan mandornya untuk lebih berhati-hati dalam pembuatan surat wakaf dan hibah.

"Saya sebetulnya tidak merasa, karena waktu itu dihubungkan dengan PTSL yang sebanyak 3.000 bidang. Mungkin itu ada yang dimasukkan ke sana, dan kalau seandainya saya lupa karena waktunya sudah lama juga, ke depannya saya akan lebih teliti lagi dan wanti-wanti," pungkas Pipin.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life23 April 2024, 09:45 WIB

5 Ciri Pasangan yang Gampang Selingkuh, Salah Satunya Cepat Bosan!

Pasangan yang berpotensi gampang selingkuh biasanya akan terlihat dari karakter dan kebiasaannya, sehingga penting diketahui.
Ilustrasi. Pasangan yang gampang selingkuh. Sumber Foto : Pexels/Asad Photo Maldives
Science23 April 2024, 09:40 WIB

Ada Jabar! BMKG Prediksi Hujan Lebat di 29 Provinsi, Waspada Angin Kencang dan Petir

BMKG memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang.
(Foto Ilustrasi) BMKG memperkirakan hujan lebat berpotensi mengguyur sebagian besar daerah di Indonesia pada Selasa (23/4/2024). | Foto: istock
Food & Travel23 April 2024, 09:30 WIB

6 Tips Mudah Hiking untuk Pemula, Ini yang Wajib Dicatat!

Mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti panduan berikut membuat Anda siap untuk memulai petualangan hiking yang menyenangkan. Selamat hiking!
Ilustrasi. Hiking untuk pemula. Sumber foto : pixabay/westadventure
Life23 April 2024, 09:15 WIB

7 Bahaya Terlalu Baik Pada Orang Lain yang Wajib Diketahui, Ini Kerugiannya!

Resiko buruk terlalu baik kepada orang lain adalah direndahkan. Itu sebabnya penting mengetahui bahaya minornya dalam hidup
Ilustrasi. Bahaya terlalu baik kepada orang lain. Sumber Foto : Pexels/MART PRODUCTION
Sehat23 April 2024, 09:00 WIB

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan: Menurunkan Gula Darah Hingga Bagus untuk Mata

Mengonsumsi blueberry secara teratur sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.
Ilustrasi - Blueberry merupakan buah lezat yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan jantung. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)
Food & Travel23 April 2024, 08:00 WIB

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Diabetes

Karbohidrat yang cepat dicerna, seperti roti putih, nasi putih, dan makanan olahan dari tepung terigu, dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.
Bolu Karamel Milk Tea. Makanan Tinggi Gula yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Diabetes (Sumber : via masakapahariini.com)
Life23 April 2024, 07:00 WIB

Broken Home, 7 Ciri Anak Stres Karena Kehilangan Peran Orang Tua Dalam Hidupnya

Biasa Disebut Sebagai Broken Home, Kenali Ciri-Ciri Anak Stres Karena Kehilangan Peran Orang Tua Dalam Hidupnya!
Ilustrasi. Broken Home, Ciri Anak Stres Karena Kehilangan Peran Orang Tua Dalam Hidupnya (Sumber : pixabay.com/MohammadUsman)
Food & Travel23 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Buah Bit untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Buah Bit untuk Menurunkan Gula Darah, Yuk Ikuti Langkah-Langkahnya!
Jus Buah Bit. Cara Membuat Rebusan Buah Bit untuk Menurunkan Gula Darah, Begini Langkah-Langkahnya!. (Sumber : Instagram/@k2_fruits)
Life23 April 2024, 05:30 WIB

6 Cara agar Hidup Tidak Gampang Emosi, Marah dan Baper, Ini Rahasianya

Menjadi pribadi yang tidak mudah emosi, marah dan baper memang tidak mudah. Tapi, belajar lebih keras akan mengantarkan diri bias meraih itu semua
Cara tidak mudah emosi, marah dan baper | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Science23 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 April 2024, Sukabumi Diprediksi Hujan Deras Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 April 2024. (Sumber : Pixabay/trilemedia)