Gencar Buka Akses Wisata dan Pertanian, Surade jadi Kecamatan Produktif di Sukabumi

Rabu 03 Maret 2021, 07:56 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai kecamatan yang berada dipesisir selatan Kabupaten, Surade memiliki banyak potensi wisata alam dan kelautan. Potensi ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah yang gencar membuka akses menuju sejumlah spot wisata eksotis yang selama ini sulit dijangkau, termasuk membangun jalur pertanian dan perikanan yang menjadi potensi tradisional masyarakatnya.

Sebelum mengulas lebih jauh, berikut Surade dalam angka yang disajikan oleh pemerintah kecamatan. Sureade adalah wilayah dengan luas  14116 hektar, terdiri dari lahan pertanian 10700 hektar, lahan non pertanian 3416.  

Meliputi 11 desa, 1 kelurahan mulai dari Desa Citanglar, Buniwangi, Cipeundey, Kadaleman, Kademangan, Sukatani, Jagamukti, Gunungsungging, Pasiripis, Sirnasari, Wanasari, serta Kelurahan SuradeKecamatan Surade berbatasan dengan sebelah utara Kecamatan Jampang Kulon, bagian selatan dengan Samudera Indonesia, sebelah  timur dengan  Kecamatan Cibitung, serta bagian barat dengan  Kecamatan Ciracap.  

Jumlah penduduk terbaru bulan Januari 2021, sebanyak 79.858 terdiri laki laki 41.326 perempuan 38.532. Jarak ke ibu kota Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu 65 kilometer, ibu kota provinsi Jawa Barat di Bandung 200 kilometer, ibu kota negara di  Jakarta 185 kilometer.  

Kepada sukabumiupdate.com, Plt. Camat Surade, Ukat Sukayat bercerita bahwa pembangunan di wilayahnya tahun 2020 lalu sangat fokus pada aksesibilitas pertanian, warga dan wisata. "Ini karena program pembangunan Surade memang difokuskan untuk meningkatkan produktivitas warga baik yang bertumpu pada pertanian wisata. Selain akses pendidikan, kesehatan dan perdagangan," jelasnya, Selasa kemarin 2 Maret 2021.

Saat itu sudah dibangun jembatan penghubung antara desa Buniwangi dan Cipeundey. Selain akses ekonomi, juga dibangun akses penghubung antar objek wisata khususnya di pesisir yaitu dari Pantai Minajaya menuju Pantai Ratu Cimandala Desa Cipeundeuy, serta akses Pantai Karangbolong Desa Sukatani. 

"Anggaran yang digunakan adalah P3K," lanjut Ukat Sukayat. 

photokarang bolong, spot wisata eksotis lainnya di Surade Sukabumi - (google maps)

Jika daerah fokus wisata, maka anggaran dari APBD provinsi dan APBN mendorong sektor pertanian dan perikanan. Berupa pembangunan jaringan irigasi dan akses jalan pertanian di beberapa desa. 

Selain padi, Surade dikenal sebagai daerah penghasil kedelai dan gula merah kelapa. "Lahan pertanian masih mendominasi, pemerintah pusat juga membantu dalam hal perbaikan jaringan irigasi. Kita ingin pertanian tetap dipertahankan sebagai mata pencarian warga yang sudah turun temurun," lanjut Ukat

Soal wisata, Kecamatan Surade salah satu wilayah di zona Geopark Ciletuh- Palabuhanratu juga sangat fokus mengarahkan pembangunan untuk mendukung hal tersebut. Paling baru, Surade menjadi satu-satunya kecamatan di wilayah Geopark Ciletuh yang memiliki museum geologi yang menyimpang koleksi fosil hewan laut purba di Desa Gunung Sungging.

"Sektor wisata menjadi prioritas unggulan sehingga pengembangan diarahkan agar dirasakan manfaatnya untuk kesejahteraan warga, " jelasnya. 

Baca Juga :

Surade kekinian tak hanya punya pantai Minajaya yang sudah dikenal. Tapi juga sudah membuka akses wisata pantai Karang Gantung di Desa Pasiripis, Pantai Ratu Cimandala dan Situ Cikalapa Desa Cipeundeuy, Pantai Karangbolong di Sukatani. 

"Pembenahan juga dilakukan artinya agar wisatawan bisa betah berada di lokasi tersebut. Termasuk edukasi ke warga lokal agar pengetahuan sadar wisatanya meningkat," ungkap Ukat Sukayat.

Surade juga punya sejumlah wisata alam air terjun, seperti Curug Luhur di Kelurahan Surade dan goa-goa alam yang memiliki nilai edukasi khususnya ilmu geologi. Pemerintah saat ini juga fokus mengembangkan beragam produk unggulan lokal yang bisa dijual dengan memanfaatkan kunjungan wisata.

"Kami mendorong beberapa produk UMKM, seperti bakakak ayam kampung di Kelurahan Surade, teh herbal di Desa Citanglar, serta kuliner turun temurun yakni opak di Kelurahan Surade," paparnya. 

"Semoga pandemi COVID-19 ini cepat berlalu, agar rencana pembangunan kembali berjalan dan aktivitas serta produktivitas warga Surade bisa kembali meningkat," pungkasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita