Light Dark

Warga Ciheulang Tonggoh Sukabumi Keracunan, 3 Dirujuk ke Rumah Sakit

Sukabumi | 01 Mar 2021, 10:26 WIB
Puluhan warga Kampung Ciheulang Tonggoh RT 01/03 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengalami keracunan. Tiga di antaranya harus dirujuk ke rumah sakit. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan warga Kampung Ciheulang Tonggoh RT 01/03 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengalami keracunan. Tiga di antaranya harus dirujuk ke rumah sakit.

Petugas Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Yayat, menjelaskan peristiwa keracunan ini bermula ketika warga mengonsumsi nasi boks di acara 40 hari meninggalnya salah satu tokoh di kampung tersebut pada tanggal 27 Februari 2021 lalu.

Baca Juga :

"Nasi boks berisikan daging ayam rendang, bihun dan acar. Dimulai setelah Salat Isya sekira pukul 19.30 WIB dengan jumlah 100 boks," kata Yayat dalam keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Yayat melanjutkan, dari 100 nasi boks tersebut, 80 dibagikan ke warga dan 20 ke anggota keluarga.

"Dari 80 boks nasi yang dibagikan ke warga, berdasarkan penelusuran ada 32 orang yang mengalami gejala mual, muntah dan pusing. Hasil pemeriksaan, 3 orang dirujuk ke rumah sakit tanggal 28 Februari. Sisanya observasi di rumah," imbuh Yayat.

photoFoto sampel makanan. Puluhan warga Kampung Ciheulang Tonggoh RT 01/03 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengalami keracunan. - ( Istimewa)

Yayat menyebut, tim surveilans sudah mengambil sampel makanan berupa daging rendang. "Puskesmas membuka posko darurat di Desa Ciheulang Tonggoh," pungkasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Ardi Yakub

Reporter

Image

Herlan Heryadie

Redaktur