IDI Bantah Ada Pelajar di Subang Lumpuh Lalu Meninggal Gegara Game Online

Sabtu 27 Februari 2021, 12:21 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang Kabupaten Purwakarta dr Susilo Atmojo berkomentar soal pelajar yang meninggal dunia karena kecanduan game online. Sebelumnya seorang siswa SMP di Subang berusia 12 tahun mengalami gangguan syarat dan meninggal dunia karena kecanduan game online

Menurut Susilo, anak masuk kategori kecanduan bermain game jika sudah berubah perilakunya. Dalam kehidupan sehari-hari, bersosial maupun aktivitas rutin yang harus dikerjakan, karena lebih memilih bermain game.

Soal radiasi handphone yang ramai dibicarakan penyebab penyakit syaraf Raden, dr Susilo membantahnya. Menurutnya radiasi handphone tidak ada hubungannya dengan penyakit syaraf, dan jika anak kecanduan bermain game akan berbahaya secara psikologis.

"Pada tahun 2018 WHO pernah menyampaikan tentang adiksi terhadap game atau gaming addiction, apa pengaruhnya kepada anak-anak terutama yaitu dari sisi psikologis," ujarnya saat ditemui ketika memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedong Sigrong Purwakarta, Jumat kemarin, 26 Februari 2021.

Susilo menyebutkan bahaya kecanduan game online terutama pada anak-anak. "Secara fisik, kalau main game anak itu kurang gerak itu bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan dari otot maupun tulang anak tersebut, tapi yang lebih besar itu adalah psikologis. Dia akan mengalami disorientasi, bagaimana pembelajaran dia sehingga akan berpengaruh terhadap masa depan anak tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, RTS siswa SMP Subang meninggal dunia setelah alami gangguan syaraf. Paman RTS, Endang menceritakan pada awal tahun keponakannya itu mengeluhkan sakit kepala, bahkan tangan dan kakinya susah digerakkan.

photoILUSTRASI-Pelajar meninggal akibat kecanduan game online - (istimewa)

"Jadi begitu kejadian pertamanya lemes, badannya lemes semua," kata Endang usai melihat kembali makam keponakannya Jumat (26/2/2021).

RTS meninggal tiga hari lalu, Selasa (23/2/2021) pukul 23.00 WIB, di RS Siloam Purwakarta. "Begitu di Siloam ternyata kata dokter itu radiasi handphone jadi kena saraf, jadi sampai lumpuh," ujar Endang.

Endang mengaku Raden Tri Sakti dirawat hingga 16 hari di RS, namun kondisinya tak kunjung membaik. Akhirnya keluarga memutuskan membawanya pulang.

"Pada tanggal 20 Februari dibawa lagi ke rumah sakit, selang tiga hari atau tanggal 23 meninggal dunia pada pukul 23.00. penyakitnya itu gangguan syaraf," kata Endang.

Raden Tri Sakti selama ini selalu bermain game online seharian, ditambah dengan sekolah jarak jauh yang otomatis selalu memegang handphone. "Jadi anak itu tadinya sering main HP game online siang malam, tidur subuh pukul 03.00 WIB. Trus kerap mengigau kaya lagi bermain game," ujar Endang.

Sejak kapan Raden Tri Sakti mulai suka main game online, Endang mengaku tidak mengetahuinya. 

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional19 Maret 2024, 08:11 WIB

Hati-hati! Perusahaan Telat Bayar THR akan Didenda 5 Persen

Meski telah didenda 5 persen, tak menghapus kewajiban untuk membayarkan THR.
(Foto Ilustrasi) Kemnaker akan memberikan denda bagi perusahaan yang tak mematuhi kewajiban THR Idul Fitri 2024. | Foto: Istimewa
Kecantikan19 Maret 2024, 08:00 WIB

7 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang yang Memiliki Kulit Mulus dan Bersinar

Ada sejumlah rahasia dibalik kecantikan wanita jepang yang memiliki kulit mulus.
Ilustrasi - Ada sejumlah rahasia dibalik kecantikan wanita jepang yang memiliki kulit mulus. (Sumber : Unsplash.com/@Lau keith).
Sehat19 Maret 2024, 07:00 WIB

Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Berikut ini beberapa cara mencegah serangan asam urat yang sering kambuh salah satunya dengan memulai gaya hidup sehat
Ilustrasi - Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh Sumber: Freepik/@freepik
Sehat19 Maret 2024, 06:00 WIB

Apakah Anda Punya Salah Satunya? Ini 9 Ciri Orang yang Mudah Terserang Asam Urat

Berikut ini beberapa ciri-ciri orang yang mudah terserang asam urat, waspada jika anda memiliki salah satunya
Ilustrasi - Apakah Anda Punya Salah Satunya? Ini 9 Ciri  Orang yang Mudah Terserang Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Science19 Maret 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 19 Maret 2024, Banyak Daerah Cerah Berawan Saat Pagi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 19 Maret 2024
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 19 Maret 2024 (Sumber : Freepik/timolina)
Life19 Maret 2024, 05:00 WIB

Jangan Sia-siakan! Bulan Ramadan Waktunya Berdoa Karena Doa-doa Sangat Mustajab

Bulan Ramadan adalah waktu terbaik untuk berdoa memohon keinginan kepada Allah SWT.
Ilustrasi - Bulan Ramadan adalah waktu terbaik untuk berdoa memohon keinginan kepada Allah SWT. (Sumber : pexels.com/@Monstera Production).
Jawa Barat19 Maret 2024, 02:48 WIB

KPU Tetapkan 4 Calon Anggota DPD RI Jawa Barat Raih Suara Terbanyak, Komeng Tembus 5,4 Juta

Rapat pleno terbuka perhitungan suara hasil Pemilu DPD RI oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Barat telah mengesahkan hasil rekapitulasi calon anggota DPD. Senin, (18/3/2024).
4 calon anggota DPD RI dari Jawa Barat dengan perolehan suara terbanyak (Alfiansyah Komeng, Aanya Rina Casmayanti, Jihan Fahira, dan Agita Nurfianti) | Foto : Sukabumi Update
Nasional19 Maret 2024, 01:09 WIB

Mirip Jusuf Kalla, Pengamat Sebut Gibran Berpeluang Jadi Ketua Umum Golkar

Gibran Rakabuming Raka disebut bisa menjadi Ketua Umum Golkar seperti Jusuf Kalla. Hal itu disampaikan pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari
Gibran Rakabumi Raka saat bersama Ketua Umum Airlangga Hartanto dan Abu Rizal Bakrie | Foto : Faktualnews.co
Sukabumi19 Maret 2024, 00:48 WIB

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Selasa 19 Maret di Sukabumi, Jangan Lupa Doa Hari ke 8 Ramadhan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi bersama Dewan Hisab Rukyat (DHR) telah merilis jadwal imsakiyah dan buka puasa untuk seluruh wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Jadwal Imsak dan Buka Puasa Selasa 19 Maret di Sukabumi, Jangan Lupa Doa Hari ke 8 Ramadhan | Foto : Pixabay
Life18 Maret 2024, 23:25 WIB

4 Sunnah Berbuka Puasa ala Rasulullah SAW yang Selalu Beliau Lakukan, Bisa Dicontoh

Puasa di Bulan Ramadhan memang selalu ditunggu oleh umat Muslim diseluruh dunia. Berikut ada 4 sunnah berbuka puasa ala Rasulullah yang biasa dilakukan oleh beliau bisa dicontoh.
Sunah Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW | Foto: Freepik/@freepik