Masih Suka Menggunjing? Ini Tips Terbaik Menghindarinya

Sabtu 27 Februari 2021, 11:10 WIB

Oleh: Een Suhendar, S.Pd.I., M.Pd

(Alumnus Magister PAI STAI Sukabumi/Kepala MIS HIdayatul Athfal, Kota Sukabumi)

“Belajar dari kesalahanmu, membuatmu dewasa dan belajar dari kesalahan orang lain membuatmu lebih bijaksana “, salah satu ungkapan kata-kata mutiara yang sangat bijak tentang sebuah kesalahan, baik kesalahan yang diperbuat oleh diri sendiri, maupun kesalahan yang diperbuat orang lain.

Manusia tidak selamanya benar dan tidak selamanya salah. Kadangkala kebaikan yang telah dilakukan seseorang seribu kali pun belum tentu mendapat penghargaan dari orang lain. Akan tetapi, satu kesalahan saja, cukup bagi orang lain untuk mentertawakan dan menghukumnya. Itulah hukum yang terjadi di dunia ini, serasa tidak adil dan sungguh menyakitkan. Satu kesalahan saja yang diperbuat, bisa memusnahkan seribu kebaikan, karena kesalahan lebih berkesan dibanding kebaikan yang pernah dilakukan. Namun tidak perlu larut dalam kesedihan jika kebaikan yang dilakukan dilupakan oleh orang lain.

Disadari atau tidak, bahwa terkadang di antara manusia ada yang mempunyai kegemaran membicarakan keburukan-keburukan orang lain, dalam bahasa lain dikenal dengan menggunjing, bahkan ada orang yang sengaja mencari-cari kesalahan orang lain untuk kepentingan tertentu. Biasanya kesalahan yang diperbuat orang lain sering dibesar-besarkan. Diawali dengan keasyikan berkumpul dan berinteraksi dengan teman sejawat tanpa batasan pembicaraan sehingga tanpa sadar kita sudah menggunjing seseorang dan lupa akan kesalahan-kesalahan diri sendiri.

Saat ini kesalahan orang lain sering dijadikan konsumsi publik. Hal ini sengaja dibuat oleh orang yang punya modal informasi sebagai pembuka percakapan untuk menggunjing hingga mereka akan terus berusaha mencari aib dan kesalahan orang lain. Bahkan hal ini dijadikan peluang bisnis untuk meraup keuntungan materi, terutama bila ada kasus-kasus yang terjadi pada public figure, contohnya para pejabat dan artis. 

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi perdamaian, bahkan Islam adalah agama damai, sebagaimana yang dijelaskan dalam QS Al Anfal: 61

“Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha mengetahui.” (QS. Al-Anfal (8): 61)

Ayat di atas sangat jelas menyatakan bahwa Islam adalah agama yang condong dan mengutamakan perdamaian. Oleh sebab itu, sebagai umat Islam yang bertaqwa sudah sepantasnya hidup dalam kedamaian dengan tidak mencetus diri untuk mencari konflik, memecah belah hubungan harmonis sesama manusia.

Islam juga mengajarkan kepada pemeluknya hidup dalam toleransi, dengan menghargai hak-hak pribadi orang lain, melarang umatnya mencampuri hal-hal yang bukan urusannya, terlebih perbuatan yang mengarah kepada membuka aib dan mencari-cari kesalahan orang lain atau tajassus. Allah Ta’ala mengingatkan kita dalam dalam Al-Qur’an secara jelas. 

“Hai orang- orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain.” (QS. Al-Hujurat (49) : 12)

Karena itu, setiap orang yang beriman wajib berhati-hati dalam menyikapi setiap kabar atau pemberitaan, tidak akan berkata sembarangan, kecuali mengatakan tentang kebenaran, bersikap lemah lembut dan selalu berprasangka baik kepada siapapun. Ada beberapa tips agar bisa terhindar dari perbuatan menggunjing

1. Sadarilah bahwa menggunjing adalah sifat tercela yang harus ditinggalkan

2. Berkumpullah dengan orang-orang sholeh. Carilah teman yang tidak suka menggunjing.

3. Ingatkanlah teman yang akan menggunjing orang lain, bahwa menggunjing dilarang Allah.

4. Bersikaplah santun, sabar dan memaafkan atas kesalahan orang lain dan mau memberitahukan kesalahannya dengan cara yang bijaksana.

5. Bantulah orang yang berbuat salah mengetahui jalan keluar untuk memperbaiki kesalahannya.

6. Jagalah lisan dengan menutup informasi buruk orang yang telah melakukan kesalahan dengan tidak menyebarluaskannya.

7. Perhatikan kesalahan diri sendiri daripada memerhatikan kesalahan orang lain.

8. Ingat-ingatlah kebaikan orang yang telah berbuat kesalahan

9. Berkaryalah yang bermanfaat agar tidak sibuk memperhatikan orang lain

10. Perbanyaklah istighfar dan berpikiran positif.

Semoga kita senantiasa diberikan pertolongan oleh Allah SWT sehingga mampu berakhlak mulia dan menjauhi akhlak tercela, khususnya menggunjing agar tidak merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain. Hindarilah pergunjingan agar hidup kita lebih tenang, terhindar dari murka Allah, aktivitas lebih produktif, memiliki nilai di masyarakat, dan diberikan keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Aamiin

Wallahu a’lam bishawaab

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer