Light Dark

Cukup Bayar Parkir, Wisata Sukabumi Murah Meriah di Pantai Taman Pandan

Travel | 27 Feb 2021, 09:45 WIB
Pemandangan Pantai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Cikangkung, Kabupaten Sukabumi. Untuk menikmati spot wisata Sukabumi ini cukup bayar parkir saja. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan pantai Taman Pandan bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu berlibur. Selain pantainya yang asri dan teduh, disana terdapat banyak spot seperti Karang Rempag, Batu Karut, Pondok Gedang, Muara Cikalapa, serta Muara Cipamunguguan.Tak ada tarif masuk ke tempat Wisata Sukabumi ini, hanya bayar Parkir seikhlasnya.

Untuk menuju pantai Taman Pandan bisa melalui jalan provinsi Surade-Ujung Genteng atau jalan kabupaten Ciracap-Ujung Genteng. Patokan kantor Desa Cikangkung dan dari kantor desa jaraknya sejauh 5 kilometer.

Baca Juga :

Dari jalan provinsi tersebut perjalanan dilanjutkan masuk melintasi perkebunan kelapa tepatnya di Kampung Cikalapa, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kondisi jalan berupa batu balasan sejauh 300 meter dan 200 meter sisanya jalan tanah dan pasir. Kendaraan roda dua, dan empat bisa masuk sampai lokasi. 

Dari pantai ini kita bisa memandang perairan Ujung Genteng dan Minajaya, Kecamatan Surade. Tempatnya cocok untuk berburu sunset karena banyak tempat selfie baik diantaranya Karang Rempag yang merupakan hamparan bebatuan karang yang unik berserakan. Di sekeliling pantai ini terdapat hamparan persawahan, kebun kelapa serta hewan ternak sapi yang berkumpul di hamparan rumput dan pohon pandan. Semua itu menambah keasrian alam pesisir. 

photoBerfoto di salah satu spot di Pantai Taman Pandan Sukabumi  (Ragil Gilang)

"Di lokasi sudah ada 2 saung tradisional dekat pantai, 1 unit MCK, Mushola, warung milik warga dan spot foto yang terbuat dari kayu serta ayunan," kata Ketua Karang Taruna, Omay.

Kendati masih dalam tahap penataan oleh pemuda, objek Wisata ini sudah banyak dikunjungi warga. Mereka kebanyakan berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu. "Biasanya mereka berburu sunset dan berfoto. Untuk sementara ini, masuk ke lokasi tidak dipungut bayaran, hanya ada uang Parkir seikhlasnya," terangnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur