Light Dark

DPKUKM Usulkan Program ke DPRD Jabar, Hendar: Dorong Kesejahteraan Pelaku UMK

Jawa Barat | 08 Feb 2021, 14:00 WIB
Anggota DPRD Jabar Hendar Darsono. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Hendar Darsono melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPKUKM Kabupaten Sukabumi. Kunker DPRD Jabar dilakukan untuk memantau kondisi Usaha Mikro Kecil (UMK) dan menyerap program apa saja yang dimiliki lembaga tersebut dalam membantu mengembangkan potensi UMKM.

Dalam kegiatan itu Hendar mendapatkan beragam usulan dari DPKUKM.

Pertama pengembangan kawasan dan keunggulan kompetitif Usaha Mikro Kecil yang terdiri dari penataan sentra usaha mikro, kemudian penataan kelembagaan usaha mikro kecil, lalu pengembangan usaha UMK yang berkembang dan berdaya saing terakhir peningkatan akses pembiayaan UMK dan kemitraan antara pengusaha besar dan UMK. 

"Kedua pengembangan sistem pendukung usaha bagi UMKM yang terdiri dari sinergitas Pusat Pelayanan Usaha Terpada (PLUT) KUMKM dalam pengembangan UMKM," kata Hendar kepada sukabumiupdate.com, 8 Februari 2021.

Menurut dia, yang ketiga adalah pembangunan gerai UMKM di kawasan Geopark Ciletuh. 

Menanggapi usulan tersebut Hendar menyatakan, akan memperjuangkannya. Mengingat Koperasi dan Pengusaha Kecil merupakan bagian dari bidang perekonomian di komisi II DPRD Jabar. "Mereka mengusulkan itu ke kita yang tujuannya mendorong kesejahteraan pelaku UMK. Kami DPRD Provinsi akan menyuarakan itu untuk bisa dibantu pemerintah provinsi dibantu, diintervensi lewat anggaran," tukasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur