Light Dark

Para Orang Tua, Ketahui Cara Cegah Cyberbullying Pada Anak

Gaya Hidup | 24 Feb 2021, 05:00 WIB

Para Orang Tua, Ketahui Cara Cegah Cyberbullying Pada Anak

Gaya Hidup | 24 Feb 2021, 05:00 WIB
Ilustrasi anak korban Cyberbullying. | Freepik.com/kankhem

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial adalah hal yang cukup penting di era digital saat ini. Melalui media sosial, seseorang dapat mengeksplor diri lebih luas lagi.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika di media sosial segala hal dapat terjadi. Untuk itu, Orang Tua harus bisa mengawasi anaknya dalam menggunakan media sosial.

Salah satu dampak negatif dari media sosial yaitu, adanya cyberbullying. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan psikis Anak jika mengalaminya.

Orang tua juga sangat berperan penting dalam pengawasan serta pencegahan cyberbullying. Dilansir dari Suara.com, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan memberhentikan cyberbullying, di antaranya:

1. Kenali media sosial

Saat ini beragam media sosial yang ada di masyarakat. Orang Tua harus mengetahui berbagai media sosial yang digunakan oleh anak. Dengan itu, Orang Tua dapat terut mengontrol apa yang terjadi sehingga Anak dapat terhindar dari cyberbullying. Namun, Orang Tua juga harus tetap memberikan privasi sehingga Anak tidak merasa tertekan.

2. Berikan contoh yang baik

Anak bisa menjadi korban Cyberbullying atau bahkan pelakunya. Untuk itu, Orang Tua harus memberikan contoh kepada Anak jika penggunaan media sosial untuk hal-hal yang baik.

Hal ini dapat memberi penjelasan kepada Anak hal apa saja yang boleh dan tidak dilakukan di media sosial. biasanya Anak suka memposting hal-hal yang sembarangan. Dengan itu, Orang Tua dapat menjelaskan jika hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Orang tua juga dapat menjelaskan alasan mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Hal itu akan membuat Anak paham sehingga tidak melakukannya. Selain itu, media sosial Orang Tua juga harus mencontohkan hal-hal baik. Jika media sosial Orang Tua melakukan hal yang tidak baik, Anak juga akan mencontohnya.

3. Pahami anak

Orang tua juga harus memahami sifat anak. Usahakan arahkan Anak untuk bermain media sosial yang akan berdampak baik untuknya. Sifat Anak yang ingin tahu banyak hal juga harus dipantau. Hal ini karena Anak bisa membuka apa saja yang ada di media sosial dan berdampak buruk untuknya.

4. Ketahui cara kerja cyberbullying

Orang tua harus mengetahui bentuk-bentuk Cyberbullying yang ada di media sosial. Hal ini karena bentuk Cyberbullying sangat beragam. Bisa juga berupa pelecehan verbal, foto yang ada, atau penggunaan akun palsu. Dengan mengetahui hal tersebut, Orang Tua dapat mengantisipasi agar tidak terjadi kepada anaknya.

5. Tetap terhubung kepada Anak secara langsung maupun daring

Orang tua harus terus terhubung dengan anak, baik secara langsung maupun daring.  Dengan hal ini Orang Tua akan tahu segala perkembangan anak. Jadi jika terjadi penyalahgunaan media sosial, Orang Tua bisa segera mencegah atau memberhentikannya.  Pantau juga kehidupan Anak sehari-hari, apakah ada perubahan yang terjadi. Bisa saja perubahan tersebut karena pengaruh media sosial yang dimilikinya. 

Sumber: Suara.com

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Reporter