Cibadak yang Hancur oleh Bom Pesawat Inggris, Kisah Lautan Api di Sukabumi

Selasa 23 Februari 2021, 10:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tugu di depan gedung Sekolah Dasar Negeri III Cibadak Sukabumi itu tertancap kuat di perut bumi dan menjadi saksi bisu peristiwa jatuhnya bom oleh Inggris. Tak hanya Bandung, wilayah ini juga pernah menjadi lautan api akibat penyerangan tersebut.

Kekalahan Inggris dalam Perang Konvoi I yang berlangsung pada 9 Desember 1945 atau lebih dikenal dengan Perang Bojongkokosan memicu amarah yang luar biasa. Pimpinan sekutu di Batavia sangat geram dan merasa terhina. Apalagi mereka merupakan pemenang Perang Dunia II, namun dipecundangi gerombolan dari Sukabumi.

photoTugu yang ada di depan gedung Sekolah Dasar Negeri III Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Foto ini diambil pada tahun 2017. - (Irman Firmansyah/Dokumen Pribadi)

Pengeboman Cibadak oleh Inggris

Usai mengalami kekalahan dalam Perang Konvoi I, komandan pasukan Inggris di Jakarta, Philip Christison memerintahkan angkatan udaranya (Royal Air Force atau RAF) untuk melakukan serangan balasan. Tak menunggu lama, tentara Inggris langsung mencari titik sumber serangan terhadap mereka. Bukan hanya tenaga telik sandi yang disebar, namun dalam upayanya mendapatkan informasi tersebut juga mereka mengerahkan sejumlah pesawat pengintai.

Pengamat sejarah Sukabumi, Irman Firmansyah mengatakan bahwa alasan Cibadak menjadi target penyerangan adalah karena Inggris mengira bahwa pejuang Sukabumi bersembunyi di wilayah ini. Selain itu, alasan lainnya adalah intelijen militer Inggris yang juga menyimpulkan bahwa pusat pertahanan para pejuang Indonesia adalah Cibadak karena lokasi tersebut terletak di antara Bojongkokosan dan Cikukulu (dua tempat di mana tentara Inggris menderita korban yang cukup banyak).

"Mereka langsung memerintahkan untuk meratakan Cibadak dengan tanah. Asumsinya Cibadak adalah tempat berkumpul para pejuang yang menyerang di Bojongkokosan," kata Irman yang juga penulis buku Soekaboemi the Untold Story kepada sukabumiupdate.com, Selasa, 23 Februari 2021.

photoPesawat Thunderbolt Inggris saat melakukan persiapan untuk menjatuhkan bom di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. - (Crown)

Padahal Komandan Resimen 13 TKR atau Tentara Keamanan Rakyat yang membawahi Sukabumi dan Cianjur saat itu, Letnan Kolonel (Purn) Eddie Soekardi mengungkapkan bahwa pasukannya tidak pernah membangun basis perjuangan di Cibadak. "Mereka kecele, kita tidak pernah berbasis di sana," ungkapnya dilansir dari Historia.

Maka sehari setelah mendapat hantaman di Bojongkokosan dan Cikukulu, pada 10 Desember 1945, dari pangkalan udara Kemayoran, Jakarta, bergeraklah kurang lebih satu skuadron tempur RAF dengan 13 pesawat. Mereka terdiri dari empat Mosquito (sejenis pesawat pemburu dan pembom buatan Inggris) yang membawa hulu ledak di setiap 8 bomnya dan enam Thunderbolt (pesawat pembom yang memuat 500 pound bom, bom terberat yang pernah dijatuhkan saat itu di Pulau Jawa), termasuk ada pula pesawat jenis Beaufighter.

Sebelum mulai menjatuhkan bom, sambung Irman, tahap pertama yang dilakukan RAF adalah menyebarkan terlebih dahulu ribuan pamflet ke daratan Cibadak. Mereka meminta agar para pejuang Indonesia menyerah dan penduduk sipil menyingkir meninggalkan rumah. Karena tak ada respon dari pihak TKR dan kelompok lasykar, maka beberapa jam kemudian mereka langsung melakukan pemboman secara membabi buta.

"Para pilot diinstruksikan untuk menghapus Cibadak dari peta," kata Irman. "Para pilot melihat di sepanjang jalan banyak truk dan tank bergeletakan di jalanan bekas perang yang berlangsung sehari sebelumnya. Pesawat mereka juga sempat terkena badai hujan sebelum tiba di Cibadak," jelasnya menambahkan.

photoPesawat Mosquito Inggris saat melakukan persiapan untuk menjatuhkan bom di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. - (Crown)

Irman mengungkapkan bahwa serangan udara itu disebut dalam buku The Fighting Cock: The Story of The 23rd Indian Division karya Kolonel A.J.F. Doulton sebagai The Heaviest Airstrike in 'Java War' atau serangan udara terhebat dalam 'Perang Jawa'.

Serangan ini dimulai dari setelah jembatan Pamuruyan, pertokoan, pertigaan Cibadak, Kebon Randu, dan sekitar Sekarwangi. Kala itu sebagian besar penduduk Cibadak telah mengungsi dan hanya menyisakan beberapa kelompok pejuang yang bersembunyi di sejumlah tempat, antara lain di bawah jembatan kereta api Pamuruyan, jembatan Leuwi Goong, dan jembatan Cikolawing. Sedangkan beberapa penduduk yang enggan mengungsi masih menempati rumah-rumah mereka di wilayah itu.

"Bom-bom mulai dijatuhkan dan senjata mulai dimuntahkan ke hampir seluruh penjuru Cibadak. Hal itu mengakibatkan kebakaran hebat terjadi di sana-sini dan bangunan hancur sebagai akibatnya. Di stasiun kereta api, seorang petugas sinyal juga menjadi korban tembakan pesawat Mosquito," papar Irman.

Cibadak dibuat tidak berdaya. Hampir sebagian besar wilayahnya menjadi lautan api lengkap dengan bumbungan asap tebal. Kondisi kota menjadi porak poranda. Puluhan mayat bergelimpangan di jalan-jalan dan sebagian dari mereka merupakan pejuang Indonesia atau penduduk sipil yang tidak sempat menyingkir ke tempat aman saat serangan udara Inggris dimulai siang itu.

Perlawanan Terhadap Inggris

photoPesawat Inggris saat melakukan persiapan untuk menjatuhkan bom di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. - (Crown)

Irman mengatakan pada awalnya tidak ada perlawanan apa pun terhadap serangan udara Inggris tersebut. Cibadak seolah menjadi sandsack alias karung pasir yang terus dihujani pukulan. Tetapi, beberapa pesawat tempur Inggris mulai ditembaki mesin dengan kaliber berat dari bawah.

Di tengah pemboman itu, ada suatu kisah heroik. Salah seorang pejuang muda dari Nagrak sekaligus anggota TKR bernama Ojong Bantamer nekat memanjat pohon kelapa sambil membawa senjata ringan dan menembaki pesawat Inggris dari atas pohon. Ia berteriak dengan lantang menantang pasukan tempur tersebut.

"Bantamer sang pemberani itu tetap selamat sesudah peristiwa tersebut. Namun kemudian ia dikisahkan gugur saat mencegat konvoi di dekat talang Degung ketika Agresi Militer Belanda I tahun 1947," ujar Irman.

Penembakan yang dilakukan Bantamer ketika penyerbuan Cibadak ternyata menimbulkan kerusakan serius pada pesawat Thunderbolt yang memaksanya kembali ke Kemayoran setelah menjatuhkan beberapa bom beratnya.

Hancurnya Cibadak di Tangan Inggris

Salah satu tempat yang menjadi saksi bisu pemboman tersebut adalah tugu di depan gedung Sekolah Dasar Negeri III Cibadak. Konon katanya, tugu itu merupakan bom yang tidak meledak. Selain itu, ada juga tiga makam dengan tulisan Ujang, Karim, dan Majen. Mereka diduga sebagai korban yang meninggal akibat terkena bom pesawat RAF.  

Satu jam setelah serangan udara Inggris, Cibadak hancur dan rata dengan tanah. Berita pemboman Cibadak sampai hingga ke Batavia dan membuat situasi memanas. Ribuan pejuang Indonesia berkumpul di beberapa tempat di Batavia dan marah atas peristiwa tersebut. Suasana mendadak menjadi genting. Bahkan Jenderal Philip Christison pun dibuat sangat khawatir dan segera menemui Sutan Syahrir untuk berunding.

photoBerita penyerangan Cibadak oleh Inggris - (Delpher)

"Tak hanya menimbulkan kegentingan di Batavia, pemboman Cibadak juga ternyata mendapat kecaman dari dunia internasional, termasuk dari Perdana Menteri India, Pandit Jawaharlal Nehru," sambung Irman. Parlemen Inggris disebut hingga melakukan rapat mendadak dan memutuskan untuk mempercepat keterlibatan negaranya di Hindia Belanda.

Letkol Eddie Soekardi bersaksi bahwa saat ia bermaksud melakukan pemakaman resmi dan berangkat ke Cibadak bersama Ahmad Kosasih dan Tomet Mansyur melalui Cikembar menggunakan mobil, sebelum memasuki Cibadak, mereka melihat pesawat-pesawat turun rendah dan membombardir Cibadak. Mobil mereka akhirnya berhenti dan bersembunyi di perkebunan.

Serangan udara RAF sendiri selesai pada sekira pukul 16.00 WIB dan Eddie Soekardi segera memeriksa kondisi kota Cibadak yang porak poranda. Ia melanjutkan mengunjungi korban Bojongkokosan yang ditambah dengan korban pemboman sekaligus bertemu Dr Hasan Sadikin. Sedikitnya ada 40 anak buah Eddie, rata-rata berusia 19-22 tahun yang terbujur kaku, gugur dalam pertempuran tersebut. Letkol Eddie pun mengenangnya sambil berlinang air mata.

Secara keseluruhan, dalam rangkaian pertempuran Bojongkokosan (Perang Konvoi I), pihak sekutu mengalami cukup banyak kerugian, antara lain sembilan truk dan dua mobil Jeep jatuh ke tangan TKR. Namun kerugian di pihak Indonesia juga cukup besar. TKR kehilangan 60 prajurit di samping korban dari pihak Barisan Pejuang Rakyat yang jauh lebih banyak lagi. Demikian pula dari penduduk Cibadak yang menjadi korban pemboman dan tembakan mitraliur (sejenis senapan serbu) dari pesawat udara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI