Bukan Pelit! 5 Hal ini Tak Boleh Kamu Pinjamkan ke Orang Lain

Selasa 23 Februari 2021, 03:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Meminjamkan barang ke orang lain boleh-boleh saja dilakukan. Tapi ternyata tidak semua barang bisa dipinjamkan, ada batasannya apalagi hal atau barang yang pribadi. Bukan pelit yah, tapi tujuannya untuk mengantisipasi. Sebab apabila tidak hati-hati, niat yang awalnya baik justru membuat kita rugi!

Kira-kira barang atau hal apa saja yang tak boleh kamu pinjamkan ke orang lain? berikut daftarnya:

1. Meminjamkan nama untuk pengajuan utang orang lain

Ini penting banget untuk kamu perhatikan. Mau dia teman dekat ataupun saudara, hindari deh meminjamkan nama untuk utang orang lain, dengan meminjamkan KTP kamu atau hanya sekedar menjadi referensi orang dekat ketika orang lain mengajukan pinjaman. Karena nama kamu akan terus melekat pada pinjaman tersebut, meskipun bukan kamu yang meminjam.

Ada banyak kerugian yang bisa kamu alami akibat meminjamkan namamu. Misalnya, kalau orang yang kamu pinjami itu bukan tipe pembayar utang tepat waktu, kamu yang jadi ditagih oleh pihak kreditur. Bahkan untuk kasus peminjaman uang, jika orang yang meminjam tak kunjung membayar, kamu bisa masuk daftar hitam Bank Indonesia, hingga dipanggil di pengadilan. Serem banget kan?

Andaikan orang itu marah karena kamu menolak meminjamkan namamu, ya sudah, itu urusan dia. Kamu punya hak kok untuk menolak. Jangan karena merasa gak enak, malah kamu yang pusing nantinya. Kejadian seperti ini sudah banyak soalnya.

2. Meminjamkan kartu kredit

Misalnya, teman minta bayarin cicilan nol persen dari HP yang ia beli dengan kartu kredit kamu. Selanjutnya, temanmu itu akan mencicil tiap bulannya ke rekening kamu. Memang sih, ada orang yang bertanggung jawab selalu mencicilnya tepat waktu sampai lunas. Bersyukurlah yang pernah menemukan tipe orang jujur seperti ini.

Tapi banyak pula yang kena apes. Orang lain yang beli barang, kamu yang harus bayar karena teman kamu itu lepas tanggung jawab. Kalau udah gini, mau protes ke mana? Karena kartu kreditnya kan atas nama kamu.

3. Meminjamkan bukti kepemilikan aset

BPKB motor atau mobil, surat tanah atau rumah, hingga SK PNS atau pensiunan, jaga baik-baik! Jangan dipinjamkan dengan alasan apapun. Karena surat-surat itu sangat berharga, bisa dijual atau digadaikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Foto selfie dengan KTP

Saat ini proses verifikasi online banyak menggunakan selfie dengan KTP. Usahakan saat mengambil selfie, jangan menggunakan HP orang lain. Gunakan HP sendiri untuk menjamin data kamu tidak disalahgunakan.

5. Rekening bank

Meminjamkan nomor rekening kamu supaya teman kamu bisa menerima transferan, juga berisiko. Sebaiknya mulai sekarang hindari ya. Karena nomor rekening kamu bisa disalahgunakan untuk transfer uang hasil penipuan atau hasil kejahatan lainnya. Ribet kan kalau kamu gak tahu apa-apa tapi harus berurusan dengan polisi?

Menolong orang lain memang diharuskan. Tapi untuk poin-poin di atas, kamu harus bersikap tegas. Bukan paranoid atau pelit, tapi telah banyak kejadian pertemanan jadi rusak, hubungan keluarga jadi hancur akibat urusan pinjam-meminjam hal di atas.

Nah, menurut kamu hal apa lagi yang sebaiknya tidak dipinjamkan ke orang lain selain kelima hal tadi?

Sumber: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 April 2024, 11:17 WIB

Perumdam TJM Cicurug Sukabumi Perbaiki Pipa Distribusi, Ini Wilayah Terdampak

Wilayah yang akan terhenti aliran airnya adalah Koramil dan Purwasari.
Petugas Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cicurug. | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 11:00 WIB

7 Hal yang Tidak Bisa Dibeli dan Ditukar dengan Uang dalam Hidup, Apa Saja?

Dalam hidup di dunia ini, ada beberapa hal yang sejatinya tidak bisa dibeli maupun ditukar dengan uang. Sebab, hal tersebut sangat esensial dalam hidup.
Ilustrasi. Hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Sumber Foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi18 April 2024, 10:55 WIB

Darurat di Pinggir Jalan, Wanita Tegalbuleud Sukabumi Melahirkan di Ambulans

Nina melahirkan di mobil ambulans karena sudah tidak kuat ketika dalam perjalanan.
Ambulans tempat Nina (30 tahun) melahirkan di wilayah kebun kelapa, Kampung Puncak Sobong, Desa Calingcing, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:30 WIB

6 Bahaya Besar Jika Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak, Bisa Jadi Durhaka?

Bahaya memanjakan anak sangat buruk bagi perkembangan mental dan karakternya. Itu sebabnya kebiasaan tersebut perlu dihindari.
Ilustrasi. Bahaya memanjakan seorang anak. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi18 April 2024, 10:26 WIB

Jadi Musuh Petani, Ketika Babi Hutan Diserang Anjing Pemburu di Puncak Buluh Sukabumi

Pasukan anjing berburu diturunkan hingga ke dalam hutan Leuweung Kiarajegang.
Tangkapan layar saat pasukan anjing pemburu menyerang babi hutan di Puncak Buluh, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:00 WIB

9 Ciri Orang yang Tidak Gampang Stres dan Hidupnya Selalu Bahagia, Apa Kamu Termasuk?

Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.
Ilustrasi - Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.  (Sumber : unsplash.com/Elsa Tonkinwise)
Sukabumi18 April 2024, 09:48 WIB

Diduga Overdosis! Anak Jalanan Tewas di Sukaraja Sukabumi, Ini Identitasnya

Dedi menyebut korban diduga overdosis setelah mengonsumsi obat-obatan.
Anak jalanan yang ditemukan tewas di sebuah jongko dagangan milik warga di Cimahpar, Desa/Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi18 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja di Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun
Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id