Bukan Pelit! 5 Hal ini Tak Boleh Kamu Pinjamkan ke Orang Lain

Selasa 23 Februari 2021, 03:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Meminjamkan barang ke orang lain boleh-boleh saja dilakukan. Tapi ternyata tidak semua barang bisa dipinjamkan, ada batasannya apalagi hal atau barang yang pribadi. Bukan pelit yah, tapi tujuannya untuk mengantisipasi. Sebab apabila tidak hati-hati, niat yang awalnya baik justru membuat kita rugi!

Kira-kira barang atau hal apa saja yang tak boleh kamu pinjamkan ke orang lain? berikut daftarnya:

1. Meminjamkan nama untuk pengajuan utang orang lain

Ini penting banget untuk kamu perhatikan. Mau dia teman dekat ataupun saudara, hindari deh meminjamkan nama untuk utang orang lain, dengan meminjamkan KTP kamu atau hanya sekedar menjadi referensi orang dekat ketika orang lain mengajukan pinjaman. Karena nama kamu akan terus melekat pada pinjaman tersebut, meskipun bukan kamu yang meminjam.

Ada banyak kerugian yang bisa kamu alami akibat meminjamkan namamu. Misalnya, kalau orang yang kamu pinjami itu bukan tipe pembayar utang tepat waktu, kamu yang jadi ditagih oleh pihak kreditur. Bahkan untuk kasus peminjaman uang, jika orang yang meminjam tak kunjung membayar, kamu bisa masuk daftar hitam Bank Indonesia, hingga dipanggil di pengadilan. Serem banget kan?

Andaikan orang itu marah karena kamu menolak meminjamkan namamu, ya sudah, itu urusan dia. Kamu punya hak kok untuk menolak. Jangan karena merasa gak enak, malah kamu yang pusing nantinya. Kejadian seperti ini sudah banyak soalnya.

2. Meminjamkan kartu kredit

Misalnya, teman minta bayarin cicilan nol persen dari HP yang ia beli dengan kartu kredit kamu. Selanjutnya, temanmu itu akan mencicil tiap bulannya ke rekening kamu. Memang sih, ada orang yang bertanggung jawab selalu mencicilnya tepat waktu sampai lunas. Bersyukurlah yang pernah menemukan tipe orang jujur seperti ini.

Tapi banyak pula yang kena apes. Orang lain yang beli barang, kamu yang harus bayar karena teman kamu itu lepas tanggung jawab. Kalau udah gini, mau protes ke mana? Karena kartu kreditnya kan atas nama kamu.

3. Meminjamkan bukti kepemilikan aset

BPKB motor atau mobil, surat tanah atau rumah, hingga SK PNS atau pensiunan, jaga baik-baik! Jangan dipinjamkan dengan alasan apapun. Karena surat-surat itu sangat berharga, bisa dijual atau digadaikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Foto selfie dengan KTP

Saat ini proses verifikasi online banyak menggunakan selfie dengan KTP. Usahakan saat mengambil selfie, jangan menggunakan HP orang lain. Gunakan HP sendiri untuk menjamin data kamu tidak disalahgunakan.

5. Rekening bank

Meminjamkan nomor rekening kamu supaya teman kamu bisa menerima transferan, juga berisiko. Sebaiknya mulai sekarang hindari ya. Karena nomor rekening kamu bisa disalahgunakan untuk transfer uang hasil penipuan atau hasil kejahatan lainnya. Ribet kan kalau kamu gak tahu apa-apa tapi harus berurusan dengan polisi?

Menolong orang lain memang diharuskan. Tapi untuk poin-poin di atas, kamu harus bersikap tegas. Bukan paranoid atau pelit, tapi telah banyak kejadian pertemanan jadi rusak, hubungan keluarga jadi hancur akibat urusan pinjam-meminjam hal di atas.

Nah, menurut kamu hal apa lagi yang sebaiknya tidak dipinjamkan ke orang lain selain kelima hal tadi?

Sumber: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)