Light Dark

Dipungut dari Selokan dan Jalan di Caringin Sukabumi, 900 Kilogram Sampah Diangkut

Sukabumi | 22 Feb 2021, 00:00 WIB
Penggiat lingkungan (incubiFarm) dan pemuda Ciseupan Hilir kerja bakti memunguti sampah di Jalan Caringin tepatnya di Kampung Caringin Hilir RT 01/06, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/2/2021). | Riza

SUKABUMIUPDATE.com - Penggiat lingkungan (incubiFarm) dan pemuda Ciseupan Hilir kerja bakti memunguti sampah di jalan Caringin tepatnya di Kampung Caringin Hilir RT 01/06, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/2/2021). Kegiatan ini dilakukan pada momen memperingati Hari Peduli sampah Nasional (HPSN). 

Dalam aksi ini, sampah plastik, botol, dan sampah lainnya yang terdapat di selokan dan pinggir-pinggir jalan dibersihkan. Lalu sampah dibuang ke TPA Cikundul dengan menggunakan mobil bak terbuka milik warga. Berat sampah yang diangkut mencapai 900 kilogram.


Advertisement

Baca Juga :

Pegiat lingkungan Solihin Bahri mengatakan, aksi bersih-bersih ini digelar dengan tujuan mengedukasi para pemuda untuk menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan. Dirinya juga mengajak masyarakat sadar kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Menurut dia, sungai harus bersih karena airnya mengalir ke kolam ikan dan persawahan.

"Tujuan saya agar masyarakat di lingkungan Desa Seuseupan ini sadar akan bahaya buang sampah sembarangan," ungkapnya. 


Advertisement

Hal senada diungkapkan Openg, ketua pemuda Ciseupan Hilir. Menurut dia, pemuda menjadi ujung tombak dalam pembangunan. Begitu pula dalam menjaga lingkungan.

"Kalau bukan kita pemuda, siapa lagi?pergerakan pemuda sekarang menentukan kemajuan suatu wilayah. Saya pun bersama teman-teman siap melakukan pergerakan dan peduli lingkungan," tukasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di setiap kegiatan.

Image

Riza

Image

Andri Somantri

Redaktur