Light Dark

Seru! Ini Aksi Anak-anak Palabuhanratu Sukabumi Bersihkan Sampah di HPSN

Sukabumi | 21 Feb 2021, 11:45 WIB
Anak-anak di Kampung Gumelar, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, bersihkan sampah pada momen HPSN. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Kerja bakti membersihkan lingkungan pada umumnya dilakukan orang dewasa, tapi di Kampung Gumelar, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi berbeda. Anak-anak di kampung ini semangat ikut serta memunguti sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli sampah Nasional (HPSN) 2021.

Ketua umum Karang Taruna Berdikari RW 22 Gumelar, Mumus Mulyawan mengatakan, kegiatan melibatkan anak-anak dengan tujuan menanamkan rasa peduli kebersihan sejak usia dini. Diharapkan, saat dewasa kelak mereka akan terbiasa dengan budaya bersih.

Baca Juga :

 "Kegiatan sosial ini sebagai upaya mengenalkan kepada anak-anak disini pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, makanya kami bersama warga dan anak anak berinisiatif bersihkan sampah sampah yang berserakan di lingkungan," ujar Mumus, Minggu (21/2/2021).

Mumus menjelaskan sedikitnya ada 30 orang anak warga kampung Gumelar ikut serta dalam kegiatan bersih bersih sampah yang dilaksanakan secara serentak. "Kedepan kegiatan ini akan terus dilakukan menjadi kegiatan rutin, dilaksanakan tiap hari Minggu, waktunya memang selesai belajar mengajar," jelasnya.

Masih kata Mumus, selesai melakukan kegiatan bersih sampah, anak-anak menandatangani petisi yang berisikan deklarasi 'Kami Generasi Penerus Bangsa Siap Untuk Tidak membuang sampah sembarangan'

Sementara itu, ketua RT 01 kampung Gumelar Nenty Sri sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan anak-anak tersebut. Ia berharap dapat menjadi motivasi bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya. "Ini sangat bermanfaat, mudah mudahan setelah deklarasi tadi kedepan dapat terus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di setiap kegiatan.

Image

Nandi

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur