Light Dark

11 Jam Evakuasi Truk Terguling di Jampang Kulon Sukabumi Pakai Derek Manual

Sukabumi | 20 Feb 2021, 12:30 WIB
Evakuasi truk terguling di Puncak Buluh Desa Karananyar, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (20/2/2021) menggunakan derek manual. | SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Truk pengangkut pakan udang yang terguling di Tanjakan Puncak Buluh Desa Karanganyar, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil dievakuasi menggunakan Derek manual, Sabtu (20/2/2021).

Pantauan sukabumiupdate.com, proses Evakuasi tak mengerahkan kendaraan derek. Evakuasi mengandalkan tenaga manusia, menggunakan katrol khusus Derek yang disetel sedemikian rupa untuk menarik Truk yang terguling di pinggir jalan.

Baca Juga :

Karena mengandalkan tenaga manusia, Evakuasi truk boks tersebut berlangsung cukup lama, yakni 11 jam. Dimulai pukul 07.00 WIB dan baru selesai pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya, Truk bernopol B 9441 TI itu terguling pada Jumat (19/2/2021) dengan tujuan Tegalbuleud dari Tangerang. Truk terbalik saat menempun jalan menurun dan berkelok.

"Saat Truk mau turun, dari arah bawah ada motor. Truk menghindar ke arah kiri, dan ban masuk gili-gili sehingga terbalik," ucap Sekdes Karanganyar, Ayan Suratman kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga :

Ayan Suratman menjelaskan, di lokasi tersebut memang cukup rawan kecelakaan. Selain jalan menanjak/menurun, juga menikung tajam. Sementara lebar jalan hanya empat meter.

"Kanan kiri jalan berupa tanah yang tidak rata dengan jalan aspal. Sehingga apabila kendaraan dengan muatan berat pasti terbalik. Kalau ada kendaraan papasan cukup rentan kecelakaan. Sudah sering Truk terbalik," ungkapnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Reporter