Light Dark

Khusus Milenial, Ini Dia 5 Tips Traveling Aman di Tengah Pandemi

Travel | 19 Feb 2021, 09:00 WIB

Khusus Milenial, Ini Dia 5 Tips Traveling Aman di Tengah Pandemi

Travel | 19 Feb 2021, 09:00 WIB
Traveling di tengah pandemi Covid-19. | Pexels

SUKABUMIUPDATE.com - Survei yang dilakukan Bloom Consulting menunjukkan kaum milenial kelahiran tahun 1981 hingga 1996 lebih berani untuk berlibur di tengah pandemi dibandingkan generasi di atas maupun di bawahnya.

Tidak masalah, itu normal kok! Amatlah wajar setelah Anda selalu terkungkung di dalam rumah, rasa ingin liburan dan traveling pun menjadi tidak lagi terelakkan. Meski begitu, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan, ya.

Berikut tips traveling aman di tengah pandemi yang harus diperhatikan para milenial, berdasarkan siaran pers RedDorz.

1. Cek kondisi kesehatan tubuh

Sebelum traveling, pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Apabila diperlukan, lakukan rapid test atau swab test mandiri sebelum traveling untuk memastikan bahwa kamu bepergian tidak membawa virus Covid-19. Selain itu, hasil tes ini juga mungkin akan menjadi syarat untuk memasuki sebuah wilayah atau destinasi wisata.

2. Bawa alat kebersihan sendiri

Demi menjaga kebersihan diri dan keluarga Anda, sangat direkomendasikan untuk menyiapkan alat kebersihan sendiri, seperti hand sanitizer, sabun, serta disinfektan sebelum Anda traveling. Selain itu, penggunaan masker ketika berpergian sangatlah penting untuk menghindari penularan virus Covid-19.

3. Hindari kerumunan dan tetap menjaga jarak aman

Sebelum mendatangi destinasi wisata yang akan dikunjungi, sebaiknya Anda mencari informasi terkait implementasi protokol kesehatan di destinasi wisata tersebut. Selain itu, pastikan untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

4. Gunakan pembayaran non-tunai

Pembayaran dengan metode non-tunai sangat dianjurkan ketika Anda bertransaksi, termasuk pada saat traveling, karena dapat mengurangi kontak langsung dengan orang-orang yang berada di wilayah destinasi wisata tersebut. Selain itu, saat ini pun sudah banyak pilihan metode transaksi non-tunai yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti debit dan dompet elektronik yang dapat memudahkan kita dalam bertransaksi.

5. Pilih akomodasi tempat menginap yang sudah tersertifikasi standar kesehatan

Demi menekan angka penyebaran Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan program sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability (CHSE) untuk akomodasi demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna saat menginap. Dengan banyaknya akomodasi yang telah tersertifikasi CHSE, wisatawan pun dapat dengan leluasa memilih akomodasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sumber: SUARA.COM

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter