Light Dark

BMKG Rilis Peringatan Dini Siaga Banjir di Jawa Barat, Termasuk Sukabumi

Science | 19 Feb 2021, 06:00 WIB

BMKG Rilis Peringatan Dini Siaga Banjir di Jawa Barat, Termasuk Sukabumi

Science | 19 Feb 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi hujan lebat | Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis Peringatan Dini potensi Hujan lebat dan potensi Banjir yang akan terjadi pada Jumat (19/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021).

"Peringatan siaga dampak Banjir sebagai dampak Hujan lebat dikeluarkan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Utara," kata Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto melalui siaran pers, seperti dikutip dari Suara.com, Kamis (18/2/2021).

Dalam rilis tersebut, kabupaten/kota yang berstatus siaga Banjir di Jawa Barat adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor dan Kabupaten Sumedang.

Kabupaten/kota yang berstatus siaga Banjir di Jawa Tengah adalah Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan.

Kabupaten/kota yang berstatus siaga Banjir di Jawa Timur adalah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, dan Kota Pasuruan.

Kabupaten/kota yang berstatus siaga Banjir di Bali adalah Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli. Sedangkan Kabupaten/kota yang berstatus siaga Banjir di Sulawesi Utara adalah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Selain mengeluarkan peringatan status siaga Banjir sebagai dampak Hujan lebat, BMKG juga mengeluarkan peringatan status waspada untuk beberapa daerah.

Provinsi dengan peringatan status waspada adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Sumber: Suara.com

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Reporter