Light Dark

Tak Bisa Sembarang, Ini Syarat Uji Kompetensi Pegawai Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi 

Sukabumi | 16 Feb 2021, 09:14 WIB
Peserta diklat tingkat muda saat menyimak materi. Dalam kegiatan yang diinisiasi Perumda AM TJM ini peserta mengikuti pembekalan sertifikasi dan uji kompetensi. | Riza

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) menginisiasi kegiatan diklat muda di Hotel Pangrango. Adapun agenda dalam diklat ini yaitu pembekalan sertifikasi dan Uji Kompetensi kemudian untuk ikut dalam kegiatan ini tak bisa sembarang karena ada syaratnya. 

Penanggung jawab Pembekalan dan Uji Kompetensi Cici mengatakan, ada jenjang dalam Uji Kompetensi ini yaitu muda, madya dan utama. Adapun yang dilaksanakan dari tanggal 15 hingga 20 Februari 2021 ini adalah untuk jenjang muda. 

Baca Juga :

"Jadi sertifikat itu, sertifikat wajib yang dimiliki [pegawai] PDAM. Syarat mereka ikut disini harus 10 tahun minimal di PDAM. Kalau belum 10 tahun belum bisa mereka untuk ikut uji kompetensi. Nanti setelah mereka dapatkan kompetensi mereka mau naik lagi jenjang karirnya ikut lagi Uji Kompetensi tingkat madya, nanti naik lagi [uji] kompetensi tingkat utama," ujar Sri Rakhmi Mardan kepada sukabumiupdate.com.

Perempuan yang akrab disapa Cici ini menjelaskan, peserta yang ikut berjumlah 28 pegawai Perumda Air Minum dari Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi dan Cianjur. “Kebetulan Cianjur sama Kota [Sukabumi] gabungnya kesini," jelasnya.

Setelah pembekalan, peserta ini akan diuji oleh Badan Sertifikasi Nasional Profesi (BNSP) Indonesia dan disana penentuannya, peserta lulus atau tidak. "Jadi kegiatan ini yang rutin kita lakukan pembekalan dan Uji Kompetensi yang mengujinya adalah BSNP Indonesia," tegasnya.

Kegiatan yang dilakukan selama lima hari ini yang terdiri dari 4 hari pembekalan dan 1 hari uji kompetensi. Karena dilakukan di tengah pandemi, diklat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Dari kemarin perizinan sudah kita lakukan, mulai dari gugus tugas Covid-19 kecamatan, gugus tugas Covid-19 kabupaten, polsek, polres. Bahkan kita minta pengawalan untuk kegiatan pagi sore, terus kita standby teman-teman dari puskesmas. Bahkan kita mewajibkan seluruh peserta untuk rapid test antigen," jelas.

Adapun harapan dari kegiatan ini pegawai menjadi lebih kompeten dan bisa mengembangkan Perumda mengingat melimpahnya sumber air di daerah Sukabumi serta Cianjur. 

"Uji kompetensi kalau yang tingkat muda ini ke teknis. Ke madya jenjangnya udah ke manajemen dan lain-lain. Untuk di utama itu kebijakan. Jadi memang itu bertahap dan semuanya harus dilalui tahapan-tahapan itu untuk sama-sama membangun," tukasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Riza

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur