Fosil Tulang Paus dan Gigi Megalodon, Jejak Kehidupan Laut Purba di Jampang Sukabumi

Senin 15 Februari 2021, 13:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Museum Geologi Bandung memperlihatkan koleksi langka yang mengungkap jejak kehidupan laut purba di Jampang Sukabumi. Fosil tulang paus, moluska (kerang), dan gigi megalodon (hiu purba) dari Pesisir Kabupaten Sukabumi diperlihatkan kepada publik dalam acara collection talk edisi Senin (15/2/2021).

Dalam talk show online di channel youtube ini, Kepala Museum Geologi Iwan Kurniawan bangga dengan hasil temuan di Sukabumi. "Ini adalah fosil gigi megalodon terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia," tegasnya.

Gigi hiu purba ukuran besar yang ditemukan di Surade Sukabumi menurut Iwan sangat berharga bagi ilmu pengetahuan. Pernah ditemukan di Bojonegoro tapi ukurannya kecil dibandingkan dengan fosil di Surade Sukabumi

"Tahun 1989 pernah ditemukan di Jepang dan Amerika rangkaian gigi Megalodon cukup lengkap sehingga para ahli bisa merekonstruksi ukuran hewannya. Kurang lebih lebar rahangnya 2,4 meter dengan tinggi lebih dari 3,7 meter. Tidak terbayang besarnya megalodon, hitungan berat 48 hingga 70 ton," ungkap Iwan.

Kepala Museum Geologi Iwan Kurniawan perlihatkan fosil gigi hiu purba ukuran besar yang ditemukan di Sukabumi

Ia berharap lokasi temuan fosil hewan laut purba di Kabupaten Sukabumi bisa dikonservasi. "Kami di museum geologi berharap bisa berkolaborasi dengan Pemkab Sukabumi untuk menjaga fosil-fosil tersebut dan kawasannya," pungkas Iwan.

Dalam kesempatan yang sama, dosen sekaligus peneliti geologi ITB (Institute Teknologi Bandung) Dr Aswan menjelaskan daerah pesisir Kabupaten Sukabumi adalah aset penelitian lapangan bagi ilmu pengetahuan khusus geologi dan paleontologi di Indonesia. "Khususnya di daerah Pajampangan yang saat ini daratan, perbukitan bahkan gunung, secara ilmu geologi dan paleontologi dulunya adalah lautan," jelas Aswan.

Baca Juga :

Penemuan fosil-fosil hewan laut purba membuktikan hal tersebut. Menurut Aswan penelitian mengungkapkan bahwa 35 juta tahun yang lalu kawasan Pajampangan dan pesisir Sukabumi itu berubah dari daratan menjadi lautan.

"Karena bumi dinamis, terjadi perubahan kembali pada 5-8 juta tahun silam. Daerah Pajampangan Sukabumi kembali menjadi daratan atau laut dangkal. Bukti ilmiahnya yaitu fosil fosil fauna laut yang ditemukan di daratan wilayah Kabupaten sukabumi yang diprediksi berasal dari 5 hingga 13 juta tahun lalu," ungkap Aswan.

Aswan menggarisbawahi temuan fosil tengkorak, rahang dan bagian tulang belakang paus serta gigi hiu putih purba (megalodon) di Surade Kabupaten Sukabumi mengungkap jejak kehidupan laut purba di kawasan tersebut. "Ini ditemukan dalam satu wilayah di Surade, ikan paus ini adalah makanan utama dari megalodon di jaman itu. Ini luar biasa," jelasnya.

Secara keilmuan menunjukkan kawasan Surade atau tempat ditemukannya fosil-fosil ini dulunya adalah lautan. Baik itu laut dangkal karena banyak ditemukan fosil moluska maupun laut dalam tempat perburuan paus oleh megalodon. 

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)