Light Dark

Bau Badan? Waspadai 7 Makanan Ini

Sehat | 10 Feb 2021, 17:40 WIB

Bau Badan? Waspadai 7 Makanan Ini

Sehat | 10 Feb 2021, 17:40 WIB
Ilustrasi Bau Badan yang disebabkan Makanan | Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Bau Badan dapat disebabkan beberapa faktor, salah satunya Makanan. Beberapa makanan dapat menjadi pemicu timbulnya masalah ini, akibatnya orang akan merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman. Tentunya kamu tidak mau mengalami hal ini kan?

Baca Juga :

Maka dari itu, waspadai tujuh makanan berikut ini yang dapat menyebabkan bau badan.

1. Ikan

Seperti yang kita ketahui, ikan sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan omega-3. Namun disisi lain, ikan mengandung kolin yang dapat membuat Bau Badan menjadi tidak sedap. Terlebih lagi bagi para penderita trimethylaminuria (TMAU), sangat tidak disarankan mengkonsumsi ikan dalam jumlah banyak bila tidak ingin tubuhnya menjadi bau.

Trimethylaminuria adalah gangguan pada metabolisme tubuh sehingga tubuh kita tidak dapat mengurai senyawa berbau amis (trimethylamine) yang terkandung dalam ikan, dampaknya tubuh akan mengeluarkan bau amis serta menyengat yang dikeluarkan melalui keringat, napas, serta urin.

2. Alkohol

Beberapa bukti mengungkapkan bahwa orang yang meminum alkohol akan memiliki lebih banyak bakteri jahat dibandingkan orang yang tidak meminumnya. Bakteri ini dapat menyebabkan bau mulut dan juga beberapa masalah mulut lainnya seperti kerusakan gigi, penyakit gusi dan plak. 

Di dalam tubuh, terjadi proses metabolisme alkohol menjadi asam asetat, semakin banyak alkohol yang diminum semakin banyak pula asetat yang dihasilkan oleh tubuh sehingga kemungkinan menyebabkan Bau Badan akan semakin besar. Selain itu, saat minum alkohol, mulut cenderung menjadi lebih kering yang juga dapat menyebabkan bau mulut.

Agar meminimalisir bau mulut dan Bau Badan tersebut caranya dengan mengurangi jumlah alkohol yang diminum dan perbanyak konsumsi air mineral. 

3. Asparagus

Sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan ini ternyata dapat menyebabkan bau badan, loh. Saat kita makan asparagus, tubuh kita memecah asam amino asparagin menjadi senyawa yang lebih kecil serta mengandung sulfur, untuk sebagian orang asparagus dapat membuat urin berbau busuk. 

4. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous merujuk pada sayuran bergenus Brassica. Sayuran yang termasuk jenis ini adalah kembang kol, kubis, brokoli, kangkung, lobak, sawi hijau dan selada air. 

Sayuran Cruciferous tinggi akan kalium dan mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, sayuran jenis ini ternyata mengandung sulfur yang sangat tinggi, dampaknya tubuh kamu menjadi beraroma seperti telur busuk. 

Aroma yang menyengat akan keluar melalui keringat dan nafas. Namun, tidak perlu menghindari sayuran ini, kamu bisa mengonsumsinya dengan jumlah sedikit atau merebusnya hingga dapat menghilangkan bau. Kamu juga bisa menambahkan rempah-rempah lain untuk menyamarkan aroma sulfur tersebut.

5. Bumbu Dapur

Sama seperti sayuran cruciferous, bumbu dapur seperti bawang bombay, bawang putih, jinten dan kari juga mengandung sulfur. Selain dapat membuat bau keringat menjadi tidak enak, mengkonsumsi rempah-rempah tersebut juga menyebabkan bau mulut. 

6. Daging Merah

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Chemical Senses, mengkonsumsi daging merah dapat membuat keringat menjadi lebih bau. Sebagian besar daging merah lebih sulit dicerna di saluran pencernaan, sehingga daging merah tersebut meninggalkan sisa atau residu yang akan bercampur dengan bakteri sehingga menyebabkan bau badan. 

7. Kopi

Bagi para pecinta kopi, mungkin ini bisa menjadi kabar buruk. Pasalnya, kopi yang biasa diminum ternyata dapat membuat nafas dan ketiak menjadi bau. Sifat diuretik kopi menyebabkan kecepatan pembentukan urin menjadi bertambah serta dapat mengeringkan mulut dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut.

Kopi dapat meningkatkan aktivitas kelenjar keringat Apokrin. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang mengandung lemak. Aktivitas bakteri yang memecah komponen organik dari keringat yang dihasilkan akan menjadikan tubuh mengeluarkan bau tidak sedap.

Image

Fanny Kartika

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur