Bau Badan? Waspadai 7 Makanan Ini

Rabu 10 Februari 2021, 10:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bau Badan dapat disebabkan beberapa faktor, salah satunya Makanan. Beberapa makanan dapat menjadi pemicu timbulnya masalah ini, akibatnya orang akan merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman. Tentunya kamu tidak mau mengalami hal ini kan?

Baca Juga :

8 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Stres, Hati-hati dengan Kopi dan Alkohol

Maka dari itu, waspadai tujuh makanan berikut ini yang dapat menyebabkan bau badan.

1. Ikan

Seperti yang kita ketahui, ikan sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan omega-3. Namun disisi lain, ikan mengandung kolin yang dapat membuat bau badan menjadi tidak sedap. Terlebih lagi bagi para penderita trimethylaminuria (TMAU), sangat tidak disarankan mengkonsumsi ikan dalam jumlah banyak bila tidak ingin tubuhnya menjadi bau.

Trimethylaminuria adalah gangguan pada metabolisme tubuh sehingga tubuh kita tidak dapat mengurai senyawa berbau amis (trimethylamine) yang terkandung dalam ikan, dampaknya tubuh akan mengeluarkan bau amis serta menyengat yang dikeluarkan melalui keringat, napas, serta urin.

2. Alkohol

Beberapa bukti mengungkapkan bahwa orang yang meminum alkohol akan memiliki lebih banyak bakteri jahat dibandingkan orang yang tidak meminumnya. Bakteri ini dapat menyebabkan bau mulut dan juga beberapa masalah mulut lainnya seperti kerusakan gigi, penyakit gusi dan plak. 

Di dalam tubuh, terjadi proses metabolisme alkohol menjadi asam asetat, semakin banyak alkohol yang diminum semakin banyak pula asetat yang dihasilkan oleh tubuh sehingga kemungkinan menyebabkan bau badan akan semakin besar. Selain itu, saat minum alkohol, mulut cenderung menjadi lebih kering yang juga dapat menyebabkan bau mulut.

Agar meminimalisir bau mulut dan bau badan tersebut caranya dengan mengurangi jumlah alkohol yang diminum dan perbanyak konsumsi air mineral. 

3. Asparagus

Sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan ini ternyata dapat menyebabkan bau badan, loh. Saat kita makan asparagus, tubuh kita memecah asam amino asparagin menjadi senyawa yang lebih kecil serta mengandung sulfur, untuk sebagian orang asparagus dapat membuat urin berbau busuk. 

4. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous merujuk pada sayuran bergenus Brassica. Sayuran yang termasuk jenis ini adalah kembang kol, kubis, brokoli, kangkung, lobak, sawi hijau dan selada air. 

Sayuran Cruciferous tinggi akan kalium dan mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, sayuran jenis ini ternyata mengandung sulfur yang sangat tinggi, dampaknya tubuh kamu menjadi beraroma seperti telur busuk. 

Aroma yang menyengat akan keluar melalui keringat dan nafas. Namun, tidak perlu menghindari sayuran ini, kamu bisa mengonsumsinya dengan jumlah sedikit atau merebusnya hingga dapat menghilangkan bau. Kamu juga bisa menambahkan rempah-rempah lain untuk menyamarkan aroma sulfur tersebut.

5. Bumbu Dapur

Sama seperti sayuran cruciferous, bumbu dapur seperti bawang bombay, bawang putih, jinten dan kari juga mengandung sulfur. Selain dapat membuat bau keringat menjadi tidak enak, mengkonsumsi rempah-rempah tersebut juga menyebabkan bau mulut. 

6. Daging Merah

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Chemical Senses, mengkonsumsi daging merah dapat membuat keringat menjadi lebih bau. Sebagian besar daging merah lebih sulit dicerna di saluran pencernaan, sehingga daging merah tersebut meninggalkan sisa atau residu yang akan bercampur dengan bakteri sehingga menyebabkan bau badan. 

7. Kopi

Bagi para pecinta kopi, mungkin ini bisa menjadi kabar buruk. Pasalnya, kopi yang biasa diminum ternyata dapat membuat nafas dan ketiak menjadi bau. Sifat diuretik kopi menyebabkan kecepatan pembentukan urin menjadi bertambah serta dapat mengeringkan mulut dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut.

Kopi dapat meningkatkan aktivitas kelenjar keringat Apokrin. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang mengandung lemak. Aktivitas bakteri yang memecah komponen organik dari keringat yang dihasilkan akan menjadikan tubuh mengeluarkan bau tidak sedap.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 16:15 WIB

Anggota DPRD Paoji: Koalisi PDIP-PKS di Pilkada 2024 Sukabumi Bisa Jadi Kenyataan

Desk Pilkada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan sejumlah elit partai melakukan kunjungan ke kantor DPD PKS dalam rangka membangun komunikasi politik menjelang perehelatan Pilkada 2024.
Kunjungan Desk Pilkada PDIP ke Markas DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 16:00 WIB

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024: H2H, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persib/@BorneoSMR).
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).