Light Dark

Dampak Angin Kencang di Cianjur, Bangunan SMP Roboh Hingga Jembatan Gantung Ambruk

Jawa Barat | 22 Jan 2021, 06:54 WIB
Bangunan sekolah yang ambruk di Cidaun Cianjur | BPBD

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah bangunan SMP di Kampung Sukajadi, Desa Gelarwangi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur ambruk setelah diterjang angin kencang, Kamis (21/1/2021) petang. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, bangunan sekolah tidak bisa digunakan lagi.  Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, kejadian dipicu angin kencang dan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sepanjang hari. 


Advertisement

“Tak ada korban jiwa. Namun, bangunan sekolah tersebut harus segera dibangun kembali. Kita sudah koordinasikan dengan dinas terkait,” kata Irfan kepada wartawan, Jumat (22/1/2021). 

Irfan menyebutkan, pihak BPBD telah menerjunkan petugas dibantu relawan tanggap bencana setempat untuk melakukan asesmen. 

BACA JUGA: Pohon Tumbang Timpa 2 Mobil, Tiga Orang Luka-luka

"Selain bangunan sekolah yang ambruk, kondisi cuaca ektrem kemarin di wilayah itu juga menyebabkan jembatan gantung ambruk dan ada longsor menutup jalan,” ujarnya. 


Advertisement

Meski tidak ada korban jiwa dari tiga kejadian tersebut. Namun, sejumlah warga melakukan evakuasi mandiri, karena kondisi tanah yang masih labil. “Untuk akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan setelah petugas menerjunkan alat berat dari PUPR,” kata Irfan. 

Akan tetapi, warga di dua desa, yakni Cibuluh dan Puncak Baru saat ini tidak bisa beraktivitas karena akses penghubung yang terputus.  “Kita sudah berkoordinasi dengan dinas terkait, karena ini sifatnya segera harus ada penanganan mengingat jembatan itu menjadi akses utama warga di sana,” ungkapnya.

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

DEDEN ABDUL AZIZ

Reporter