Marwan-Iyos Peraih Suara Terbanyak di Pilkada Sukabumi, Ini Kata Saksi Tiap Paslon

Kamis 17 Desember 2020, 02:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi telah selesai melakukan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Tahun 2020 di Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Rabu (16/12/2020) malam. Hasil rapat pleno ini pun disikapi oleh masing-masing saksi pasangan calon.

Saksi pasangan calon nomor urut 1 Adjo Sardjono-Iman Adinugraha, Ateng mengatakan, pihaknya menerima keputusan bahwa pasangannya memperoleh raihan suara di posisi kedua.

"InsyaAllah kita menerima dengan lapang dada, karena pada dasarnya paslon kami pun sudah bisa menerima dengan lapang dada, menerima dengan ikhlas. Meskipun ada beberapa catatan yang disampaikan kepada KPU  tetang DPT juga tentang penambahan surat suara 2,5 persen," singkatnya.

Sementara itu, saksi pasangan calon nomor urut 2 Marwan Hamami-Iyos Somantri, Muhammad Rafi Nasution menuturkan, pihaknya mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Sukabumi yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Ya saya saksi paslon nomor 2 Pak Marwan dan Pak Iyos mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, dan pada masyarakat Kabupaten Sukabumi. Hasil yang didapat 479.621 suara itu mengucapkan terima kasih dan kami menerima dengan baik," timpalnya.

BACA JUGA: Pleno Tingkat Kabupaten Selesai, Marwan-Iyos Peraih Suara Terbanyak di Pilkada Sukabumi

Rafi menjelaskan, dalam proses rekapitulasi yang dilakukan, pihaknya tidak menemukan perbedaan dengan hasil penghitungan yang dilakukan di internal tim mereka. Meskipun Rafi menyebut, ada kesalahan teknis dalam penulisan jumlah surat suara, surat suara yang dikembalikan, surat suara yang tidak digunakan, dan surat suara yang digunakan ada beberapa kecamatan yang tidak sinkron. "Namun tidak ada secara keseluruhan, itu tidak ada kesalahan berarti," terangnya.

Sementara saksi pasangan nomor urut 3 Abu Bakar Sidik-Sirojudin, Heru Jatmiko mengungkapkan, pihaknya menerima hasil pilkada ini. Apapun yang menjadi keputusan KPU Kabupaten Sukabumi, ia nilai sebagai kehendak rakyat Sukabumi.

"Jadi kami menerima sepenuhnya. Kami mengucapkam selamat bagi pasangan calon terpilih semoga dapat memimpin Kabupaten Sukabumi ke depan yang amanah dan baik," ungkapnya.

Masih kata Heru, dalam proses rekapitulasi tersebut, pasangan calon nomor urut 3 tidak melakukan banyak protes. Namun sebagai bahan koreksi, ia menganggap ada sejumlah hal yang mesti diperbaiki, seperti adanya 27 PPK yang saat itu datanya dikembalikan karena tidak sinkron.

"Jadi ada keliru hitung atau juga ketidaksesuaian data. Itu yang kita angkat agar ke depannya KPU bisa lebih tertib dalam hal administratif. Dengan hasil ini kita legowo memang faktanya seperti itu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam Surat Keputusan (SK) KPU Kabupaten Sukabumi Nomor: 1052/PL.02.6-Kpt/3202/KPU-Kab/XII/2020 ditetapkan, pasangan calon nomor urut 1 Adjo Sardjono dan Iman Adinugraha memperoleh 350.826 suara.

Kemudian pasangan calon nomor urut 2 Marwan Hamami dan Iyos Somantri memperoleh 479.621 suara. Lalu pasangan calon nomor urut 3 Abu Bakar Sidik dan Sirojudin memperoleh 221.984 suara.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)