Warga Sukabumi Berniat Ganti Profesi? 20 Pekerjaan Ini Paling Banyak Dibutuhkan di 2025

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak jenis profesi baru yang akan muncul di masa depan.

18 November 2022, 11:11 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com 0 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com 0 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com
Warga Sukabumi Berniat Ganti Profesi? 20 Pekerjaan Ini Paling Banyak Dibutuhkan di 2025

SUKABUMIUPDATE.com - Perkembangan teknologi yang semakin maju dan serba canggih membuat profesi baru pun kian bermunculan salah satunya keahlian dalam bidang teknologi informasi digital. Mengapa bisa begitu? hal itu terjadi karena revolusi industri 4.0 yang menyatukan teknologi informasi dan otomatisasi.


Menurut survei World Economic Forum (WEF), pada 2025 akan terdapat 97 juta pekerjaan baru dan 85 juta pekerjaan tergantikan oleh mesin. Dihimpun dari Tempo.co, berikut ini daftar 20 profesi berbasis digital yang sangat dibutuhkan di masa depan dari survei tersebut.


 

1. Data Analyst dan Scientist 


Bertanggung jawab untuk melakukan analisa dan riset data dengan menggunakan tools tertentu. Seorang data analyst juga bertugas menganalisa data besar (big data) untuk mengidentifikasi tren untuk melakukan prediksi bisnis berdasar data dan mendukung manajemen mengambil strategi bisnis yang relevan. Sedangkan, data scientist bertanggung jawab dalam menganalisis dan menafsirkan data yang kompleks.


2. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist


Merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab membangun dan mengoptimalkan proses penerapan AI pada suatu sistem perusahaan serta bertugas mengubah model machine learning ke dalam aplikasi program antarmuka (API) sehingga aplikasi lain dapat menggunakannya. AI specialist harus menguasai bahasa pemrograman, seperti Python, R, Java, dan C++ untuk membangun model AI pada sistem. 


3. Digital Marketing Specialist


Bertanggung jawab untuk membuat branding dari suatu perusahaan melalui cara membangun komunikasi yang baik dengan konsumen melalui berbagai sosial media. Pemanfaatan teknologi ini diyakini dapat membantu dalam menjangkau lebih banyak lagi konsumen. 


4. Process Automation Specialist


Profesi yang bertugas menciptakan suatu sistem. Sistem tersebut diharapkan dapat menjalankan berbagai pekerjaan berulang yang menggantikan pekerja manual. Misalnya saja robot yang dapat menggantikan seorang kasir di supermarket.


5. Internet of Things (IoT) Specialist


Tugasnya mengembangkan suatu proyek maupun platform inovatif dengan memanfaatkan perangkat yang terhubung dengan teknologi. Profesi yang satu ini juga bertugas untuk mengidentifikasi hingga memberikan pertimbangan peluang akan proyek baru yang berhubungan dengan internet. 


6. Digital Transformation Specialist


Pekerjaan ini berfokus pada peluang digitalisasi suatu bisnis dengan merubah dan memanfaatkan teknologi digital untuk merancang ulang proses-proses tradisional sehingga bisa menjadi lebih efisien dan efektif.


7. Business Services and Administration Manager


Bertugas untuk mengawasi layanan administrasi dari suatu organisasi secara digital. Hal tersebut termasuk mengawasi staf administrasi, mengoordinasikan distribusi, hingga memantau fasilitas yang ada.


8. Business Development Professional


Pekerjaan untuk menciptakan nilai jangka panjang perusahaan lewat pelanggan, pasar, dan relasi bisnis. Keahlian teknologi juga diperlukan pada profesi ini. Hal itu dikarenakan seorang business development harus mampu menganalisis big data yang dimiliki sehingga dapat mengembangkan model bisnis suatu perusahaan.  


9. Information Security Analyst


Mempunyai tugas utama untuk merancang sistem keamanan untuk melindungi jaringan komputer perusahaan. Fokus tugas utama melindungi dari serangan dunia maya seperti hacking atau kejahatan siber lainnya.


10. Software and Application Developers


Bertugas membuat dan mengembangkan suatu program atau aplikasi sebagai solusi IT melalui suatu bahasa pemrograman tertentu, dan memastikan kualitas dari aplikasi yang dikembangkan agar sesuai dengan standar kebutuhan yang telah ditetapkan.


10 profesi lainnya menurut World Economic Forum yang akan sangat dibutuhkan di masa depan:


1. Project manager. 


2. Business services and administration managers. 


3. Database and network professionals. 


4. Robotic engineers.


5. Strategic advisors. 


6. Management and organization analysts. 


7. FinTech engineers. 


8. Mechanics and machinery repaires. 


9. Organizational development specialist. 


10. Risk management specialist.


Sumber: Tempo.co (Zahrani Jati Hidayah)


Baca Juga

A


Writer: Ikbal Juliansyah

1
Informasi Redaksi . Laporkan Konten
sukabumiupdate.com

Admin SUpdate
SU Admin

sukabumiupdate.com

Admin SUpdate
Redaktur

Komentar