Selain dengan Parfum, Inilah 6 Tips Mencegah Bau Badan yang Mudah dan Ampuh

Kamis 10 November 2022, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bau Badan bisa muncul pada pria maupun wanita yang disebabkan oleh bakteri di permukaan kulit yang bertemu dengan keringat. Hasilnya badan akan menghasilkan bau yang tak sedap.


Oleh karena itu, bau badan menjadi masalah yang harus segera diatasi agar tidak mengganggu pada aktivitas sehari-hari. Namun, saat ini banyak sekali produk-produk seperti parfum yang bisa mengatasi bau badan.


Nah, sebenarnya selain menggunakan cara itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau badan. Dilansir dari Suara.com, ada banyak opsi untuk membantu Anda mencegah bau badan yang sering muncul dan cukup mengganggu. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.


1. Mandi Teratur


Sederhana tapi sering dilupakan oleh banyak orang, mandi teratur minimal dua kali sehari bisa membantu Anda mengurangi bau badan yang muncul. Pastikan daerah rawan keringat dibersihkan dengan baik, sehingga bau badan bisa dikurangi.


2. Gunakan Sabun Antibakteri


Sejatinya bau badan yang kurang sedap juga dipicu karena keringat bertemu dengan bakteri yang ada di badan. Dengan demikian salah satu cara mencegah bau badan muncul adalah dengan menggunakan sabun antibakteri, yang efektif membasmi bakteri penyebab bau badan ini.


3. Coba Cermati Makanan Anda


Tahukah Anda bahwa bau badan bisa dipicu karena konsumsi makanan tertentu? Makanan pedas, makanan berlemak, dan makanan berbau menyengat bisa sangat berpengaruh pada bau badan yang dimiliki seseorang. Maka dari itu, perhatikan lagi makanan yang dikonsumsi ya!


4. Pakaian dengan Bahan yang Tepat


Tidak jarang bau badan muncul karena pakaian yang berbahan kurang baik. Ada beberapa jenis kain yang tidak dapat menyerap keringat dengan cepat, sehingga keringat justru menumpuk dan membuat tubuh menjadi beraroma tidak sedap. Gunakan pakaian dengan bahan seperti katun, yang membantu mengurangi munculnya keringat karena sirkulasi yang baik untuk tubuh.


5. Rambut Berlebihan


Ada kelenjar yang disebut dengan apokrin, yang terkonsentrasi di area yang ditutupi oleh rambut. Misalnya di bagian ketiak dan kemaluan, rambut yang terlalu banyak bisa memicu bau badan karena jadi tempat yang nyaman berkembangnya bakteri. Mencukur bulu di area ini secara teratur bisa mengurangi bau badan kurang sedap, karena bisa membuat lingkungan tumbuh bakteri semakin sedikit.


6. Keringkan Badan


Setelah beraktivitas, keringkan badan dengan baik. Salah satu penyebab lain bau badan adalah bagian-bagian tubuh yang lembab, sehingga menjadi tempat berkembang biak yang baik untuk bakteri. Dengan menjaga beberapa bagian seperti ketiak tetap kering atau tidak terlalu lembab, Anda bisa mencegah munculnya bau badan yang kurang sedap.


Cukup mudah dipraktekkan bukan beberapa cara mencegah bau badan di atas? Semoga artikel ini berguna untuk Anda, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!


Sumber: Suara.com (I Made Rendika Ardian)


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)