Jangan Asal Pake, Cek Dulu Inilah 5 Kandungan Kosmetik yang Perlu Diwaspadai

Jangan sampai ada kandungan berbahaya pada kosmetik yang kamu gunakan

16 Oktober 2022, 23:10 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com 0 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com 0 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com
Jangan Asal Pake, Cek Dulu Inilah 5 Kandungan Kosmetik yang Perlu Diwaspadai

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk kamu yang kerap menggunakan kosmetik, mulai sekarang kamu perlu memperhatikan kandungannya. Jangan sampai ada kandungan berbahaya pada kosmetik yang kamu gunakan.

Melansir dari Tempo.co, baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis daftar produk kosmetik yang mengandung pewarna K3 dan K10 yang dapat menyebabkan kanker. Sejatinya setiap bahan berbahaya jika terkontaminasi dengan kulit akan memberikan efek buruk.

Merujuk laman WebMD, berikut senyawa yang terkandung dalam kosmetik yang perlu dibatasi penggunaannya:

1. Formaldehid dan formaldehida

Formaldehida atau juga dikenal sebagai formalin dan metilen glikol dapat ditemukan dalam produk penghalus. Formaldehida terkenal dengan nama DMDM hydantoin, polyoxymethylene urea, diazolidinyl urea, bromopol, imidazolidinyl urea, glyoxal, methenamine, quaternium-15, dan sodium hydroxymethylglycinate.

Reaksi yang dilaporkan terhadap formaldehida dan bahan-bahan terkait termasuk iritasi mata, sakit kepala, sakit tenggorokan, mual, ruam kulit, dan iritasi.

Ilustrasi kosmetik.
Ilustrasi kosmetik.

2. Kandungan Paraben

Penggunaan paraben berlebihan dapat mengakibatkan iritasi kulit, gangguan endokrin, dan kerusakan pada sistem reproduksi.

3. Senyawa PEG

Meskipun banyak digunakan dalam kandungan kosmetik, senyawa ini bisa jadi pemicu berbagai jenis kanker.

4. Sodium laureth sulfate

SLS dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata sebab mengandung bahan beracun.

Baca Juga

A

5. Triclosan

Triclosan adalah bahan yang membantu mencegah atau mengurangi kontaminasi bakteri. United States Food and Drug Administration (FDA) telah menyatakan bahwa triclosan dalam produk antiseptik perawatan kesehatan tertentu yang dijual bebas secara umum tidak diakui aman dan efektif karena data aman pakai yang tidak mencukupi. 

SUMBER: TEMPO.CO/NOVITA ANDRIAN

Informasi Redaksi . Laporkan Konten
sukabumiupdate.com

Admin SUpdate
SU Admin

sukabumiupdate.com

Dede Imran
Redaktur

Komentar