Membelah Bulan Menjadi Dua, Inilah Kisah Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Jumat 07 Oktober 2022, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang menjadi panutan yang baik bagi umat muslim akhir zaman. Bukan hanya sifat-sifat baiknya saja yang harus kita teladani, tetapi mukjizat Nabi Muhammad SAW yang diberikan Allah SWT wajib kita imani.

Dilansir dari Suara.com, salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah membelah bulan menjadi dua bagian dan menunjukan kepada kafir Quraisy.

Bagaimana kisah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang dapat membelah bulan? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga :

photoMukjizat Nabi Muhammad SAW - (Istemewa)</span

Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Semakin bertambahnya pengikut Nabi Muhammad SAW untuk memeluk Islam, hal tersebut lantas membuat orang-orang kafir Quraisy merasa sangat marah. Mereka kemudian melakukan berbagai cara untuk membuat kepercayaan para pengikut Nabi Muhammad SAW menjadi berkurang.

Orang-orang kafir Quraisy membuat sebuah rencana yang sangat tidak masuk akal untuk menyudutkan Nabi Muhammad SAW, salah satunya adalah dengan menantang Nabi Muhammad SAW untuk melakukan hal yang mustahil guna membuktikan kebenaran kenabiannya.

Suatu ketika, mereka menantang Nabi Muhammad SAW di depan umat-umatnya sebagai bentuk kebenaran tentang ajarannya dan kenabiannya.

"Kalau memang engkau adalah seorang nabi, maka tunjukkanlah satu mukjizat kepada kami. Belahlah bulan purnama yang kini tengah temaram menjadi dua bagian, dan letakkan yang sebelah di atas bukit Abu Qubais, serta letakkan yang sebelahnya lagi di atas bukit Qaiqa'an (dua bukit di Makkah)".

Nabi Muhammad SAW langsung menanggapi tantangan itu, "Jika aku sanggup menjawab tantangan itu, apakah kalian akan percaya jika aku memang diutus oleh Allah SAW untuk menunjukkan jalan kebenaran pada kalian?"

Nabi Muhammad SAW lalu berdoa memohon kepada Allah SWT untuk menjawab tantangan dari orang-orang kafir Quraisy.

Kemudian atas izin Allah SWT, Nabi Muhammad SAW menunjukkan kebenarannya. Bulan purnama dapat terbelah menjadi dua bagian dan diletakkan oleh Nabi Muhammad SAW tepat di atas kedua bukit yang diminta para kafir Quraisy.

Sontak saja, para kafir Quraisy terbelalak kaget dan hanya terbengong serta heran dengan mukjizat yang diberikan Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW. Orang-orang kafir Quraisy hanya terdiam melihatnya mukjizat Nabi Muhammad tersebut.

Namun, ternyata sebagian kafir Quraisy masih tetap mau menyudutkan Nabi Muhammad SAW, walaupun sudah dibuktikan oleh Nabi dengan mukjizatnya. Mereka sama sekali tidak percaya dengan kejadian yang dilihatnya, dan menganggap kejadian tersebut adalah sihir. 

Keesokan harinya, para kafir Quraisy masih ingin membuktikan kebenaran yang mereka bilang sihir itu dengan menanyakan para musafir. Sebab menurut ahli sihir, ketika itu sihir hanya tampak di depan mata yang melihatnya, namun tidak akan terlihat di tempat lain.

Ketika ada musafir yang datang, maka para kafir Quraisy pun menanyakan kepada mereka. Benar saja, para musafir juga bersaksi bahwa mereka melihat kejadian bulan yang terbelah itu.

Nah, dari kejadian itu Allah SWT menurunkan ayat Al-Quran: "Sungguh, telah dekat hari kiamat, dan telah terbelah bulan, dan ketika melihat tanda-tanda kebesaran Kami, mereka pun ingkar lagi berpaling seraya berkata, 'Ini adalah sihir yang terus-menerus', dan mereka mendustakannya, bahkan mengikuti hawa nafsu mereka. Dan setiap urusan benar-benar telah tetap", (QS Al Qomar 54: 1–2).

Menelaah kisah mukjizat Nabi Muhammad, salah satunya membelah bulan ini menjadi hal yang penting. Apalagi ini adalah momen Maulid Nabi 2022 yang jatuh pada 8 Oktober besok.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM/RISHNA MAULINA PRATAMA

Writer : Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)